Rekomendasi Film Keluarga Terbaik 2023

Sesuai namanya, film keluarga tentu dirancang agar dapat disaksikan oleh semua anggota keluarga, mulai dari anak-anak hingga kakek-nenek. Meski demikian, tidak semua film yang berlabel “film keluarga” cocok untuk ditonton bersama. 

Nah, jika kamu berencana untuk nonton film bersama keluarga, berikut adalah sejumlah tips memilih film keluarga sekaligus 10 rekomendasi film yang worth it untuk ditonton bersama. Simak, ya!

Baca Juga: 10 Film Keluarga Indonesia yang Cocok untuk Mengisi Akhir Pekan

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Tips Memilih Film Keluarga Terbaik untuk Mengisi Waktu Liburan

loader

Tips Memilih Film Keluarga Terbaik

  1. Cek Kategori Usia

    Sebab film keluarga juga diperuntukkan untuk anak-anak dan tentunya apa yang ada dalam film adalah hal-hal yang sepatutnya dilihat oleh anak. Jadi, langkah pertama dalam memilih film yaitu lihat kategori usianya terlebih dahulu.

    Kini, banyak platform untuk streaming film yang telah mencantumkan kategori usia. Kategori tersebut antara lain 13+, 17+, atau semua umur. Perlu diketahui, pertimbangkan kembali apabila kamu berencana memilih film dengan kategori usia 13+. 

    Pasalnya, ada kemungkinan muncul scene yang mengacu pada topik dewasa. Bukan tidak mungkin pula terdapat adegan maupun dialog yang memuat umpatan, kekerasan, dan seks. Jadi, sesuaikan audience dengan kategori usia dari film yang akan ditonton untuk menjaga anak-anak dari hal yang belum sepatutnya mereka ketahui.

  2. Pilih Genre yang Disukai Keluarga

    Supaya semua anggota bisa enjoy dengan film yang ditonton, pastikan untuk memilih film sesuai dengan selera mereka. Film keluarga sendiri memiliki genre yang beragam seperti:

    Genre

    Penjelasan

    Animasi

    Jika bicara tentang film animasi, nama-nama seperti Pixar dan Disney tentu tidak akan terlewatkan. Film animasi sendiri sering juga disebut dengan film kartun, yang identik dengan visual yang sangat menarik khususnya bagi anak-anak, karena menampilkan berbagai karakter, bentuk, serta pewarnaannya.

    Drama

    Apabila keluarga sedang ingin menonton tentang kehidupan yang kerap menguras emosi, coba untuk memilih film drama. Film dengan genre ini menonjolkan emosi, baik emosi karakter dengan dirinya sendiri, hingga emosi pada keadaan atau fenomena yang terjadi.

    Action

    Film action tentu menyajikan adegan yang penuh dengan aksi seru dan mendebarkan. Biasanya, karakter dalam film action terlibat pada petualangan atau misi yang di dalamnya dibutuhkan kegiatan fisik seperti melompat, berlari, hingga bertarung. Biasanya, film dengan genre ini memiliki plot di mana tokoh protagonis harus mengalahkan tokoh antagonis.

    Komedi

    Ingin banyak tertawa ketika menonton film bersama keluarga? Pilihlah genre komedi! Sesuai namanya, film komedi dibuat dengan komposisi humor yang dominan, yang bertujuan untuk menghibur penonton dengan adegan maupun dialog yang lucu.

  3. Lihat Production Housenya

    Film keluarga merupakan film yang memiliki banyak peminat karena dapat dinikmati oleh hampir segala usia, sehingga tidak heran jika banyak rumah produksi yang membuatnya. Untuk mempermudah memilih film apa yang ingin ditonton, kamu bisa cek produksi film keluarga dari production house favoritmu.

  4. Cek Sinopsis, Trailer, atau Review

    Trailer dan sinopsis merupakan cuplikan singkat tentang alur dari suatu film. Berdasarkan dua hal tersebut, kamu bisa tentukan apakah film tersebut cocok untuk ditonton bersama keluarga atau tidak. Platform streaming film pun sudah melengkapi film mereka dengan sinopsis dan juga trailer yang tentu memudahkan kamu dalam memilih.

    Selain sinopsis dan trailer, apabila ingin mengetahui bagaimana pendapat orang lain tentang suatu film, coba untuk cari reviewnya di internet. Dengan begitu, memilih film pun jadi lebih mudah.

Baca Juga: Daftar 10 Film Animasi Terbaru 2023, Ada yang Sekuel Lanjutannya Lebih dari 20 Tahun!

10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik

  1. Coco

    loader

    Sumber: www.vanityfair.com

    Film Coco menyuguhkan cerita di mana Miguel, seorang anak yang suka dengan musik dan berkeinginan menjadi seorang musisi namun tak mendapat dukungan dari keluarganya. Bahkan, keluarga Miguel mencegahnya memainkan musik.

    Kemudian ada suatu kejadian di mana Miguel masuk ke Tanah Orang Mati atau Land of The Dead, di mana petualangannya dimulai dari sini. Miguel harus berusaha kembali ke dunia nyata sekaligus sambil menentukan minat atau passionnya.

    Film ini menampilkan visual yang sangat keren, terutama pada saat kemeriahan dari Land of The Dead ditunjukkan. Reuni keluarga yang hangat serta Miguel yang akhirnya berani jujur dengan impiannya turut mewarnai film ini. Bagi penggemar film animasi musikal, Coco bisa menjadi pilihan.

  2. Inside Out

    loader

    Sumber: www.hotstar.com

    Inside Out adalah film animasi yang menonjolkan alur tentang emosi. Nah, anak-anak tentu perlu belajar tentang emosi, dan film ini bisa menjadi sarana belajarnya. Film keluaran Disney & Pixar ini menceritakan tentang lima emosi dari anak perempuan yang bernama Riley, yaitu Sadness, Joy, Disgust, Fear, dan Anger. 

    Kelima emosi tersebut diceritakan memiliki misi untuk menyelamatkan Riley. Tapi, menyelamatkan dari apa? Daripada penasaran, tambahkan Inside Out ke watchlist kamu!

  3. Cek Toko Sebelah

    loader

    Sumber: www.kompas.com

    Cek Toko Sebelah merupakan film produksi dalam negeri tentang keluarga, di mana seorang ayah bernama Koh Afuk lebih percaya pada anak keduanya dalam meneruskan bisnis tokonya. Akan tetapi, si anak kedua kariernya sedang berada di masa emasnya. 

    Selain itu, Cek Toko Sebelah semakin rumit lagi karena adanya permasalahan antara Koh Afuk dengan anak pertamanya. Meski rumit, sutradara dari film ini, Ernest Prakasa, sukses menyulapnya jadi drama komedi yang menghibur. 

  4. Keluarga Cemara

    loader

    Sumber: www.liputan6.com

    Keluarga Cemara pada awalnya adalah sinetron yang populer di tahun 90-an, dan kemudian trending kembali setelah dijadikan film. Dibintangi oleh aktris dan aktor ternama, Keluarga Cemara rilis pada tahun 2018 dengan sutradara Yandy Laurens dan masih bercerita tentang makna dari keluarga. 

  5. Kulari ke Pantai

    loader

    Sumber: www.youtube.com

    Jika ingin menonton film yang banyak menonjolkan alam nusantara, cobalah untuk menonton Kulari ke Pantai. Film ini bercerita tentang Sam yang liburan bersama Mama Uci tiba-tiba pergi juga bersama dengan sepupunya yang bernama Happy dikarenakan suatu hal.

    Salah satu hal yang membuat film ini menarik yaitu perbedaan antara Sam si anak kota yang sepertinya kecanduan handphone dengan Happy yang hidupnya sederhana. Sembari mengikuti petualangannya, kamu bisa sekaligus menikmati indahnya nusantara, lho!

  6. Guillermo del Toro’s Pinocchio

    loader

    Sumber: sea.ign.com

    Rekomendasi film keluarga stop-motion yang artistik yaitu Guillermo del Toro’s Pinocchio. Pada film ini, Guillermo del Toro menyusun kembali kisah klasik Pinocchio yang tentunya berbeda dari yang pernah kamu tonton. 

    Karakter dalam film stop-motion ini mempunyai detail yang tajam dengan warna yang kaya. Mengusung pesan moral tentang arti dari hidup, Guillermo del Toro’s Pinocchio bisa menjadi pilihan film yang tepat untuk ditonton bersama keluarga.

  7. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

    loader

    Sumber: www.youtube.com

    Tidak dapat dipungkiri, kadang hubungan dalam keluarga tidak harmonis. Munculnya konflik antar anggota keluarga pun banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Melalui film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, kamu akan ‘dibawa’ berjuang oleh anggota keluarga ketika menghadapi konflik.

    Film ini menceritakan tiga bersaudara yaitu Awan, Aurora, dan Angkasa yang punya cara berbeda dalam menghadapi suatu masalah. Alur semakin rumit sebab orang tua memperlakukan mereka dengan berbeda, dan ditambah dengan munculnya miskomunikasi yang membuat semuanya semakin runyam. 

    Meski terdengar rumit, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini layak untuk kamu tambahkan ke watchlist karena membahas keluarga dengan problematika di dalamnya yang mungkin relate dengan kehidupan nyata.

  8. Raya and the Last Dragon

    loader

    Sumber: subkultur.id

    Film keluaran Disney ini akan membawamu dan keluarga ke sebuah negeri fantasi bernama Kumandra di mana pendekar wanita bernama Raya memiliki misi untuk menyelamatkan seluruh dunia. 

    Raya diceritakan pergi dengan tujuan mencari naga terakhir untuk menyelamatkan dunia. Pastinya, pertualangan Raya dipenuhi dengan lika-liku, pertemuan dengan teman baru, serta pelajaran yang dapat diambil.

  9. Beauty and the Beast

    loader

    Sumber: www.polygon.com

    Film ini berkisah tentang Belle, gadis cerdas, berani, dan cantik yang rela dijadikan tawanan dari The Beast yang mengerikan demi menyelamatkan ayahnya.

    Meski terkesan seram, seiring waktu berjalan, Belle malah menemukan banyak kebaikan dari diri The Beast yang memiliki fisik menakutkan. Percaya dengan cintanya, Belle dan The Beast pun pada akhirnya bersatu dan menghadapi rintangan bersama-sama. 

  10. The Sea Beast

    loader

    Sumber: sketchfab.com

    Film keluaran Netflix ini bercerita tentang pemburu bernama Jacob yang harus menjalani petualangannya bersama anak kecil bernama Maisie. Mereka pergi mengarungi luasnya lautan untuk mengalahkan monster-monster dan mencari kebenaran. 

    The Sea Beast hadir dengan animasi yang halus, dipadukan dengan karakter-karakter ekspresif yang dapat membuatmu terpaku. Sembari mengikuti petualangan, kamu dan keluarga bisa sekaligus memetik pesan moral dari konflik yang muncul karena adanya perbedaan pandangan atau perspektif.

Nonton Film: Quality Time Seru Bersama Keluarga

Nah, itu adalah tips memilih film untuk ditonton bersama keluarga sekaligus 10 rekomendasinya. Jadi, sudah tahukah film mana yang akan kamu tonton dengan keluarga? Selamat menonton!

Baca Juga: Rekomendasi Film dan Series Netflix yang Cocok untuk Menemani Keseharian