Mengenal Fiverr dan Tips Sukses untuk Menggunakannya

Fiverr merupakan salah satu platform pencari kerja yang belakangan ini sangat populer di kalangan freelancer. Bekerja secara online merupakan hal yang sudah sangat lazim dilakukan di era digital ini. Bukan hanya pekerja kantoran saja, hal yang sama juga biasa dilakukan para freelancer

Saat ini, ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan tersebut, dimana pencari kerja dan pemilik proyek bisa bertemu dengan mudah. Selain lebih praktis, sistem kerja online seperti ini tentu akan memberikan banyak kemudahan dan juga keuntungan.

Beli paket data murah dan anti ribet, hanya di Cermati!

Beli Paket Data Termurah Sekarang!  

Apa itu Fiverr? 

loader

Fiverr adalah platform yang akan menjadi tempat di mana freelancer bisa bertemu dengan para pemilik proyek dan mendapat pekerjaan freelance dengan mudah. Fiverr Indonesia bisa menjadi wadah bagi para freelancer tanah air yang ingin mendapatkan lebih banyak pekerjaan secara online. 

Meski bukan menjadi platform pertama yang menyediakan layanan tersebut, Fiverr adalah platform yang populer dan memiliki jumlah pengguna yang besar. Hal ini bisa dilihat dari jumlah Fiverr login yang semakin banyak seiring dengan berlalunya waktu. Bahkan logo Fiverr juga begitu populer dan mudah ditemukan. 

Merujuk pada ddiy.co, disebutkan bahwa Fiverr adalah sebuah marketplace online yang secara khusus dibuat untuk memfasilitasi layanan freelance dari seluruh dunia dengan biaya yang rendah. Tujuan Fiverr dan juga Fiverr Indonesia adalah untuk memberi kemudahan proses perekrutan dan juga direkrutnya para pekerja lepas. 

Di dalam praktiknya, daftar Fiverr dan juga prosedur kerja di dalam Fiverr adalah dilakukan tanpa perantara. Hal ini mencakup semua aktivitas, mulai dari Fiverr login, proses perekrutan, hubungan kontrak, dan yang lainnya. Bisnis yang simpel seperti ini akan membuat berbagai hal menjadi lebih mudah untuk diselesaikan. 

Di lain sisi, freelancer yang sudah daftar Fiverr dan memiliki akses Fiverr login bisa leluasa untuk menjual keahlian/ layanannya kepada perusahaan mana saja yang diinginkannya dan kapan saja yang bersangkutan menginginkannya. Biasanya, layanan dan logo Fiverr banyak dimanfaatkan oleh freelancer yang ingin menawarkan berbagai layanan digital secara lebih luas/ global. 

Ada banyak sekali jenis layanan yang biasanya dijual oleh freelancer yang sudah daftar Fiverr, antara lain: Graphics & Design, Digital Marketing, Writing & Translation, Video & Animation, Music & Audio, Programming & Tech, Business, dan yang lainnya.

Bukan hanya itu saja, sejumlah kategori tertentu juga sangat populer di platform yang satu ini, seperti: Website Creation, Short Video Ads, 3D Modeling & Rendering, Illustration, Website Content, Presentation Design, Video Editing, Web Application, 2D Animated Explainer, dan juga Graphic.

Baca Juga: Rekrut Freelancer Bisa Bikin Bisnis To The Moon, Begini Caranya

Cara Kerja Fiverr

Hampir sama dengan platform freelancer lannya, Fiverr Indonesia juga memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Freelancer bisa memberikan penawaran atau yang biasa disebut dengan “Gig” kepada para pemilik proyek (Klien), lalu klien akan memilih Gig yang tepat dan melakukan pembayaran yang telah disepakati, sebelum akhirnya freelancer mengerjakan proyek tersebut.

Fiverr adalah platform yang pada awalnya hanya menetapkan biaya sebesar US$ 5 saja untuk setiap Gig yang ditawarkan di sana. Namun seiring dengan perkembangan platform dan logo Fiverr yang semakin dikenal luas, maka freelancer bisa memberikan penawaran dengan biaya yang lebih besar, tentunya sesuai dengan layanan yang mereka tawarkan kepada klien. 

Pada umumnya, pengguna Fiverr login akan menyelesaikan proyek dalam waktu satu hingga beberapa hari saja. Namun pengiriman pekerjaan ini bisa saja membutuhkan waktu yang lebih panjang, sesuai dengan kesepakatan, terutama jika freelancer memiliki pekerjaan lainnya yang harus diselesaikan lebih awal. 

Saat pekerjaan sudah selesai, maka freelancer akan mendapatkan pembayaran 80% dari nilai proyek yang ditangani tersebut. Semakin tinggi nilai proyek yang dikerjakan, maka uang yang didapatkan juga tentu akan semakin banyak, bukan? 

Cara Bergabung dan Menggunakan Fiverr

loader

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk daftar Fiverr dan menggunakannya: 

1. Buat Akun

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk bisa mengakses platform ini adalah membuat akun. Daftar Fiverr bisa dilakukan dengan menggunakan akun Facebook, akun Google, maupun alamat email lainnya yang masih valid. 

Lengkapi semua data yang diminta dan buatlah sandi untuk nantinya digunakan mengakses Fiverr login. Jika semua data sudah terisi dan dikirimkan, buka kotak pesan mengaktifkan akun Fiverr tersebut. Loginlah menggunakan kata sandi yang sebelumnya sudah diatur.

2. Lengkapi Profil

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan di akun Fiverr adalah melengkapi profil dengan baik dan profesional. Gunakan foto yang tepat dan lengkapi semua informasi yang dibutuhkan di sana. Pastikan semua hal dibuat dengan profesional, sebab profil inilah yang akan menjadi penilaian pertama bagi klien yang ingin menggunakan layanan setiap freelancer yang tergabung di Fiverr Indonesia.

3. Buat Gig (Penawaran) Pertama 

Jika langkah di atas sudah selesai, maka lanjutkan dengan membuat Gig pertama pada akun tersebut dengan beberapa langkah mudah berikut: 

  • Pilih menu “Selling” yang terdapat pada halaman utama.
  • Klik “Gig” 
  • Lanjutkan dengan klik “Create New Gig” untuk menawarkan layanan.

4. Buat Ringkasan Gig

Jangan lupa untuk membuat ringkasan Gig yang akan ditawarkan kepada klien. Ada beberapa kotak yang harus diisi, antara lain: 

  • Judul atau Gig title
  • Kategori 
  • Label atau tag yang relevan

5. Tentukan Harga Gig

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan harga Gig itu sendiri. Saat ini, ada 3 macam paket yang bisa ditawarkan kepada klien terkait harga ini, yakni: 

  • Dasar
  • Standar
  • Premium

6. Berikan Deskripsi dan FAQ 

Untuk memperjelas Gig, berikan juga deskripsi atas layanan yang ditawarkan tersebut, sehingga klien mudah untuk memahaminya. Fiverr sendiri memungkinkan freelancer untuk memberikan deskripsi mulai dari 120 – 1200 karakter. Manfaatkan ini untuk menjelaskan detail Gig yang ditawarkan. Selain itu, lengkapi juga bagian FAQ dengan baik, sehingga tidak ada kesalahpahaman di masa mendatang. 

7. Tentukan Persyaratan

Berikan juga persyaratan yang jelas terkait dengan layanan yang ditawarkan kepada klien. Berbagai persyaratan ini bisa dimasukkan dengan menggunakan tombol "+ Add Another Requirement" yang segera terlihat di layar sesaat setelah persyaratan pertama dibuat. 

8. Tambahkan Galeri pada Gig

Tambahkan juga dokumentasi yang sekiranya berkaitan dengan penawaran pada galeri Gig. Ini bisa dalam berbagai bentuk, mulai dari foto, PDF, bahkan hingga video sekalipun. Buatlah galeri yang bisa mendukung penawaran tersebut, agar peluang untuk mendapatkan klien semakin besar. 

9. Publikasikan Layanan

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dengan baik, maka saatnya untuk mempublikasikan layanan tersebut. Klik tombol “Publish Gig”, maka Gig tersebut akan aktif dan muncul otomatis. Selain itu, manfaatkan juga media sosial untuk mempromosikan Gig ini, agar lebih banyak klien yang menemukannya.

Baca Juga: Kapan Anda Harus Menolak Tawaran Freelance? 

Tips Sukses Menggunakan Fiverr

loader

Meski logo Fiverr sudah terkenal dan digunakan banyak orang, tetap saja perlu langkah yang tepat untuk mendapatkan uang banyak dari platform ini. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk meraih kesuksesan dari logo Fiverr: 

1. Maksimalkan Gig 

Gig adalah hal pertama yang akan dilihat klien, sehingga penting untuk membuat semenarik mungkin. Maksimalkan Gig dengan beberapa langkah berikut: 

  • Gunakan deskripsi yang jelas.
  • Sertakan dokumentasi pendukung yang tepat pada galeri. 
  • Tentukan harga Gig yang tepat.

2. Buatlah Profil yang Menarik 

Jangan lupa untuk membuat profil yang menarik dan profesional, sehingga klien lebih mudah untuk didapatkan. Tambahkan juga daftar klien yang sudah pernah diajak bekerja sama, sehingga bisa menjadi bukti kerja dan meyakinkan calon klien baru lainnya. 

3. Tingkatkan Level  

Fiverr memungkinkan pengguna untuk menaikkan level penjual dengan beberapa cara, seperti: ulasan di atas 4,7, respon yang cepat dan baik pada klien, pengiriman hasil kerja yang cepat, dan yang lainnya. Memanfaatkan berbagai hal tersebut untuk menaikkan level menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Apa saja Platform yang Serupa dengan Fiverr? 

Fiverr merupakan platform yang didirikan di tahun 2010 lalu dan kini sudah cukup dikenal luas. Di luar sana, ada banyak platform serupa yang juga menawarkan layanan yang hampir sama. Berikut ini adalah beberapa platform freelancer populer lainnya yang cukup banyak digunakan: 

  • Freelancer Indonesia
  • Sribulancer
  • Sribu
  • Projects
  • Fastwork
  • LinkedIn
  • Upwork
  • Guru
  • SimplyHired
  • PeoplePerHour

Temukan Lebih Banyak Pekerjaan di Fiverr

Fiverr merupakan platform yang banyak diakses para freelancer dan pemilik proyek. Layanan ini cukup mudah digunakan dan bisa diandalkan sebagai sumber uang. Pahami dan manfaatkan semua fitur yang terdapat di dalam Fiverr, agar lebih banyak pekerjaan dan uang yang bisa didapatkan.

Baca Juga: 8 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Freelancer