Capai Ratusan Juta, Ini Rincian Biaya Sekolah Pilot 2023 dan Tips Kumpulkan Dananya

Demi memastikan masa depannya cerah, orang tua mempunyai andil yang besar terkait pemilihan pendidikan dan keahlian yang dimiliki oleh anak. Tujuannya tidak lain agar anak mampu meraih target profesi sesuai keinginan yang dianggap memiliki jenjang karir cemerlang dan penghasilan menjanjikan. Salah satu contohnya adalah menyekolahkan anak di sekolah pilot. 

Ya, pilot merupakan salah satu profesi yang tidak hanya menjanjikan penghasilan besar, tapi juga cukup bergengsi. Karenanya, tidak sedikit orang tua yang rela menggelontorkan dana dengan nominal yang bisa dibilang sangat besar agar anaknya mampu mendapatkan pendidikan untuk menjadi pilot tersebut. 

Yang menjadi pertanyaan, berapa besar sih biaya masuk sekolah pilot yang harus disiapkan orang tua untuk anaknya? Selain itu, apa saja jenis dari lisensi pilot dan perannya terhadap profesi tersebut nantinya, serta tips ideal mengumpulkan biaya sekolah pilot?

Nah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, simak artikel penjelasan tentang rincian biaya sekolah pilot 2023, jenis lisensi pilot, hingga tips berinvestasi untuk mengumpulkan dana tersebut sebagai berikut. 

Baca Juga: 9 Pertanyaan Interview Kerja yang Perlu Diketahui dan Jawabannya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Berbagai Jenis Lisensi Pilot

loader

Pilot Pesawat

Pada sekolah pilot, kamu perlu memahami jika ada beragam jenis dari lisensi pilot yang bisa dipilih oleh para pesertanya. Masing-masing jenis tersebut memberikan izin berbeda tentang jenis pesawat dan aturan penerbangan yang boleh dilakukan oleh pemiliknya. Berikut penjelasan lengkap tentang berbagai jenis lisensi pilot tersebut.

  1. Private Pilot License

    Bisa disingkat sebagai PPL, pemilik lisensi pilot tersebut hanya dibolehkan menerbangkan pesawat jenis mesin tunggal dan untuk kebutuhan pribadi alias non komersial saja. Pemilik lisensi PPL juga hanya dibolehkan melakukan penerbangan saat siang hari. 

  2. Commercial Pilot License

    Sementara untuk jenis CPL ini, pemiliknya dapat menerbangkan pesawat untuk keperluan komersial serta membawa penumpang. Tapi, ada beragam batasan terkait penerbangan yang dilakukan oleh pilot dengan lisensi jenis ini dan perlu mengajukan kualifikasi tingkat selanjutnya.

  3. Instrument Rating

    Lisensi pilot jenis CPL akan menjadi lebih lengkap saat ditingkatkan menjadi IR atau Instrument Rating. Pada lisensi jenis ini, pilot dianggap mampu lebih andal dalam menerbangkan pesawat, baik di siang hari maupun malam hari. Juga, pilot dengan lisensi ini bisa dipercaya untuk menerbangkan pesawat dalam cuaca mendung atau berkabut.  

  4. Multi Engine

    Jenis lisensi pilot yang terakhir adalah Multi Engine atau ME. Jenis lisensi ini dibutuhkan guna menerbangkan pesawat dengan mesin ganda. Biaya untuk bisa mendapatkan lisensi pilot ini tentu biasanya lebih tinggi dan mungkin hanya tersedia di sekolah pilot tertentu saja. 

Biaya Sekolah Pilot di Sejumlah Institusi

Menjadi salah satu jenis profesi yang populer dan memiliki banyak peminat, tidak mengherankan jika biaya masuk sekolah pilot termasuk mahal. Di samping itu, tingkat persaingan untuk bisa masuk ke suatu sekolah pilot juga terbilang ketat walaupun sebenarnya ada cukup banyak pilihan sekolah pilot dengan kualitas terjamin di dalam negeri. 

Berikut adalah beberapa ulasan rekomendasi dan kisaran biaya sekolah pilot 2023 di Indonesia.

  1. Aero Flyer Institute

    Aero Flyer Institute merupakan sekolah penerbangan yang berlokasi di Cirebon dan Tangerang. Aktivitas ground training dari sekolah ini dilakukan pada Bandara Budiarto, Tangerang, dan untuk aktivitas flight training dilakukan di Bandara Cakrabhuwana Cirebon dan landasan udara Budiarto Tangerang. Terkait fasilitas pesawat yang disediakan meliputi Cessna 172S dan Cessna 172P, Red Bird FMX, Frasca 142, dan Piper Seneca ll. 

    Terkait biaya sekolah pilotnya sendiri, Aero Flyer Institute membebankan tarif berbeda tergantung dari jenis lisensi yang dipilih. Yang pertama adalah 290 juta untuk lisensi PPL, 548 juta untuk lisensi CPL dan IR, serta 752 juta untuk lisensi PPL, CPL, serta IR. 

    Namun, jika ingin lebih lengkap lagi, hingga lisensi ME, biaya yang dipasang adalah 882 juta. Lalu, ada pula beban biaya endorsement sejumlah 84 juta, serta biaya pendaftaran 12,5 juta rupiah yang sifatnya non refundable.  

  2. Bandung Pilot Academy

    Selanjutnya adalah di Bandung Pilot Academy atau BPA yang lokasi utamanya berada di Bandung, tepatnya landasan Husein Sastranegara. Ada 3 lokasi pelatihan yang dimiliki oleh sekolah pilot ini, yang pertama di Cianjur, Sulaiman, dan Majalaya. Sedangkan satellite basenya, lokasi pendidikannya di landasan udara Nusawiru Pangandaran. 

    Saat ini, BPA mempunyai 12 armada pesawat yang mencakup 8 pesawat jenis Cessna 172S, serta jenis Cessna 172R serta Tecnam P2006T yang masing-masing berjumlah 2 unit. Mengenai biayanya sendiri adalah sekitar 800 juta dan telah termasuk lisensi jenis PPL, CPL, IR, dan ME.

  3. Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

    Bisa juga disebut sebagai PPI Curug, sekolah penerbangan ini berlokasi di Kabupaten Tangerang dan digadang-gadang mempunyai jumlah peminat terbanyak di Indonesia. Alasannya karena status sekolah pilot tersebut yang bersubsidi serta perguruan tinggi kedinasan. Dengan status tersebut, biaya sekolah pilotnya cenderung lebih terjangkau sehingga lebih banyak dijadikan pilihan. 

    Sebelumnya dikenal dengan nama STPI atau Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, biaya sekolah pilot di PPI berkisar puluhan juta. Melalui program D4 Penerbangan, siswa penerbangan di sekolah ini bisa mendapatkan lisensi pilot yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Indonesia.

  4. Genesa Flight Academy

    Pilihan lainnya ada di Genesa Flight Academy yang berada di Jawa Tengah, tepatnya di Cilacap. Didirikan oleh pilot berpengalaman, yaitu Capt. Rubyanto Adisarwono, tarif sekolah pilot pada akademi penerbangan tersebut beragam tergantung dari jenis paket pendidikan yang dipilih.

    Untuk paket reguler yang mencakup lisensi PPL, CLP dan ME, serta IR, biaya yang dibebankan sekitar 66,500 dolar Amerika Serikat atau sekitar 1 miliar rupiah. Program tersebut memberi pengalaman terbang selama 240 jam, dan durasi pendidikan sekitar 12 sampai 14 bulan. 

    Selain itu, ada pula paket untuk lisensi CPL dan ME yang dibanderol dengan tarif 42,500 dolar Amerika Serikat dengan pengalaman terbang 140 jam serta durasi pendidikan 6 hingga 7 bulan. Sementara untuk paket lisensi CPL, ME, dan IR, biaya sekolah pilotnya adalah sekitar 49,500 dolar Amerika Serikat dengan pengalaman terbang 180 jam dan durasi pendidikan 7 sampai 8 bulan lamanya.

  5. BAFI

    Rekomendasi yang terakhir adalah BAFI atau Bali International Flight Academy yang berada di Buleleng. Akademi penerbangan ini mempunyai bandara pribadi dan digunakan sebagai tempat latihan, dan menyediakan pula 20 pesawat jenis single engine serta multi engine. 

    Terkait biayanya sendiri sekitar 985 juta pada keseluruhan program penerbangan di BIFA dan bisa dibayarkan 5 kali. Namun, tarif tersebut masih belum mencakup asuransi kecelakaan sebesar 12,5 juta serta deposit siswa 25 juta. 

Ideal Kumpulkan Biaya Sekolah Pilot dengan Investasi

Tak dapat dipungkiri jika biaya sekolah pilot terbilang cukup besar dibandingkan dengan profesi lain. Di samping itu, biaya tersebut juga berisiko terus meningkat imbas dari inflasi setiap tahunnya. Karenanya, kamu perlu menyiapkan biaya tersebut seoptimal mungkin dengan cara dan strategi yang tepat. 

Contohnya adalah dengan berinvestasi di instrumen yang ideal sesuai kebutuhan dan jangka waktu investasi. Misalnya, kamu bisa memilih instrumen investasi berupa reksa dana untuk mengumpulkan biaya sekolah pilot beberapa tahun mendatang.

Tergantung dari profil risiko dan jangka waktu investasi, sesuaikan jenis produk reksa dana yang dipilih dengan kebutuhan. Sebagai contoh, jika rencana sekolah pilot dilakukan di tahun depan, usahakan untuk memilih produk reksa dana dengan tingkat risiko kecil, misalnya reksa dana pasar uang atau pendapatan tetap

Sebaliknya, jika jangka waktu investasi masih di atas 3 tahun, instrumen berisiko tinggi seperti reksa dana campuran atau saham mungkin menjadi pilihan yang lebih tepat. Alasannya karena produk reksa dana tersebut mempunyai peluang imbal hasil lebih tinggi dan menjanjikan. Yang terpenting, pilih platform atau jasa investasi reksa dana yang terjamin legal dan terpercaya agar terhindar dari risiko penipuan atau kerugian.

Baca Juga: Tips Jadi Financial Planner Sukses

Besarnya Biaya Sekolah Pilot Mengharuskan Dananya Disiapkan Sedini Mungkin 

Itulah beberapa rekomendasi dan ulasan biaya sekolah pilot 2023 yang penting untuk diketahui. Dengan biaya yang terbilang besar tersebut, biaya masuk sekolah pilot tentu harus bisa disiapkan sedini mungkin. Barulah dengan begitu rencana mengenyam pendidikan tersebut bisa terwujud sesuai rencana.

Baca Juga: Cara Investasi Reksa Dana yang Menguntungkan dan Mudah