Fresh Graduate, 5 Lowongan Kerja ini Bisa Menerima dari Semua Jurusan

Setelah lulus dari bangku kuliah, sudah saatnya sebagai fresh graduate menjajakkan dunia baru dengan terjun di dunia kerja. Namun, pada kenyataannya ada masalah utama yang sering dihadapi oleh para fresh graduate saat mencari pekerjaan pertama adalah minimnya pengalaman. 

Hal ini menyebabkan banyak fresh graduate yang merasa kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan. Ditambah lagi adanya persaingan ketat dengan pelamar kerja lain yang sudah memiliki pengalaman kerja. 

Jangan berkecil hati jika kamu belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan saat kuliah. Masih banyak lowongan pekerjaan lain yang bisa menerima semua jurusan perkuliahan. Meski pekerjaannya berbeda dari ilmu yang dipelajari, namun pekerjaan tersebut tetap memberikan ilmu baru, karir yang bagus dan gaji yang sesuai.

Berikut beberapa lowongan pekerjaannya yang bisa kamu coba yang telah Cermati.com kumpulkan dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tutor (Pengajar)

pengajar
Pengajar

Berprofesi sebagai pengajar atau tutor di tempat kurus atau lembaga pendidikan lainnya bisa menjadi alternatif pilihan karirmu. Kamu bisa mengajarkan hal apapun sesuai dengan keahlian yang kamu kuasai. Tanpa perlu adanya latar belakang pendidikan yang spesifik, kamu juga bisa mempelajari materi apapun sebelum menjadi seorang pengajar.

Pada umumnya sebagai seorang tutor, kamu akan mengajar anak-anak yang usianya lebih muda. Yang terpenting adalah memiliki kesabaran dan kemampuan komunikasi yang baik agar materi bisa tersampaikan dengan baik. Apabila kamu menyukai anak-anak, pekerjaan ini juga sangat cocok untuk dicoba.

2. Agen Asuransi

agen asuransi
Agen Asuransi

Profesi sebagai seorang agen asuransi bisa dibilang cukup populer di kalangan masyarakat dan juga tidak memerlukan background pendidikan khusus. Selain tidak ada persyaratan khusus, kamu juga cukup lulus tes dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan mendapatkan lisensi agen asuransi resmi untuk mulai bekerja. 

Tes lisensi AAJI ini diadakan tiap bulan dan materinya akan diajarkan oleh perusahaan asuransi masing-masin. Kamu juga bisa mempelajarinya secara online supaya lebih mudah. 

Menjadi agen asuransi, kemampuan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan supaya bisa menjual produk asuransi yang sesuai. Kamu juga perlu mempelajari berbagai jenis produk asuransi yang tersedia di perusahaan tersebut supaya lebih paham. Selain itu, pelajari juga hal-hal seputar dunia asuransi dan finansial supaya wawasan kamu bertambah.

3. Human Relations (HR)

hr
Human Relations

Menjadi seseorang yang berprofesi di bidang human relations bisa menjadi pilihan yang tepat. Pekerjaan di bidang ini tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan komunikasi saja, tapi jurusan lain juga bisa karena ilmu komunikasi bisa dipelajari oleh siapa saja dan kapan saja. 

Yang terpenting, kamu memiliki hubungan yang luas dan kemampuan yang baik dalam mempresentasikan diri di depan orang lain. 

Sebagai staff human relations, biasanya kita akan bekerja di bagian rekrutmen.atau people management. Sebagai staf dituntut agar mengetahui kebutuhan tenaga kerja di sebuah perusahaan. Sehingga, semakin besar relasi yang kamu punya akan semakin meningkatkan kemampuan kita untuk menilai dan mempelajari pribadi seseorang. 

Baca Juga: 9 Pekerjaan Paling Menjanjikan di Tahun 2020. Segera Siapkan CV Terbaik Kamu!

4. Reporter 

reporter
Reporter

Tanpa background jurnalistik, siapapun bisa menjadi seorang reporter selama memiliki kemampuan menulis dan siap bekerja di lapangan. Sebelum terjun ke lapangan, sebagai reporter baru, maka akan mendapatkan pelatihan di stasiun TV atau perusahaan media tempatmu bekerja nanti. 

Tidak perlu khawatir karena pekerjaan ini juga sangat erat kaitannya dengan jam terbang. Semakin kamu sering berada di lapangan dan meliput setiap kejadian, kemampuanmu sebagai reporter bisa ditempa sambil berkarir. Intinya, mau mencari isu-isu yang menarik dan terbaru yang ada di tengah masyarakat.

5. Customer Service atau Telesales

customer service
Customer Service

Apabila kamu memiliki ketertarikan untuk bekerja di bidang pelayanan, tak ada salahnya mencoba pekerjaan sebagai customer service atau telesales.

Kebutuhan akan pekerjaan ini seakan tidak ada habisnya. Mulai dari lembaga keuangan, perbankan, dan berbagai perusahaan startup pasti membutuhkan tenaga customer service atau telesales

Pekerjaan ini juga tidak membutuhkan keahlian khusus dan jurusan tertentu, melainkan kemampuan komunikasi dan tingkat kesabaran yang baik. Sebab, kamu akan berurusan dengan berbagai macam karakter orang yang berbeda-beda. 

Biasanya, rangkaian pekerjaan customer service mencakup menanggapi komplain atau menawarkan produk tertentu kepada orang lain. Tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki pengalaman di bidang ini sebelumnya, karena pasti ada pelatihan yang dilakukan sebelum kamu bekerja.
Semakin banyak kamu menangani berbagai macam orang, maka kemampuanmu berjualan dan menangani komplain akan bertambah seiring kamu bekerja.

Baca Juga: Rahasia Sukses Agar Karir Melesat, Ini 10 Keahlian Dasar yang Wajib Dimiliki di 2020

Ikhlas, Tekun dan Asah Keahlian

Apapun pekerjaan yang kamu lakukan, cobalah lakukan dengan ikhlas. Masih banyak orang diluar sana yang sulit mendapatkan pekerjaan. Selain itu, agar karir terus meningkat dan berkembang, kamu juga perlu tekun dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Penting juga mengasah keahlian dengan terus banyak belajar dari mengikuti pelatihan yang disediakan oleh perusahaan atau lembaga lain. Kamu juga bisa mempelajari bidang pekerjaan yang kamu jalani di berbagai situs pembelajaran online.

Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja Terbaru Agar Sukses Dibaca oleh HRD