Hindari Produk Palsu, Ini Tips Memilih Skin Care dan Kosmetik yang Asli dan BPOM

Demi memiliki penampilan yang menarik, cantik, tampan dan sebagainya, sudah banyak wanita dan pria yang melakukan perawatan tubuh dan kosmetik mulai dari rambut hingga kaki. Tak heran jika mereka rutin berburu produk perawatan tubuh (body care) dan kosmetik baik di offline store atau online store mulai dari skincare wajah, rambut, bahkan hingga obat-obatan pelangsing atau penggemuk tubuh dan lainnya.

Tren perawatan yang sedang meningkat ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Sayangnya, kondisi ini dimanfaatkan pelaku bisnis yang berbuat curang. Demi mendapatkan cuan yang banyak, mereka berani memproduksi berbagai produk perawatan tubuh dengan bahan yang tidak dianjurkan dan justru berbahaya. Dengan harga yang murah meriah dan klaim produk perawatan yang menjanjikan, membuat banyak orang tertarik untuk membeli dan mencobanya.

Belum lama ini, terdapat salah satu brand produk skin care, yaitu masker wajah organik yang terciduk oleh kepolisian karena brand masker tersebut tidak terdaftar di Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM).

Setelah masker tersebut diuji lab, ternyata menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya. Oknum juga meracik masker tersebut dengan takaran yang bebas atau tanpa arahan dari ahli atau dokter kecantikan.

Hal ini tentunya menjadi perhatian penting bagi semua pengguna skinecare atau yang mengkonsumsi obat-obatan perawatan tubuh, jangan sampai salah memilih dan membeli produk abal karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Guna terhindar dari produk perawatan tubuh abal-abal, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini ketika ingin membeli produk perawatan tubuh yang asli dan sudah terdaftar di BPOM.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Memilih Produk Skincare dan Kosmetik yang Benar

skincare
Memilih produk perawatan dan kosmetik yang benar

Banyak beredarnya produk perawatan dan kosmetik abal, Anda perlu hati-hati ketika ingin membeli produk. Jangan asal dalam memilih produk tanpa melakukan riset terlebih dahulu, ini hanya akan membuat Anda merugi di kemudian hari, yaitu kesehatan terganggu hingga timbul penyakit baru karena zat berbahaya yang terkadung dalam produk abal tersebut.

Agar lebih aman dikonsumsi atau dipakai, sebelum membeli sebaiknya Anda melakukan beberapa cara memilih produk body care dan kosmetik yang benar berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Cek Izin Edar Produk di Situs BPOM

Jangan hanya percaya begitu saja dengan adanya label BPOM di sebuah produk body care atau kosmetik. Label tersebut bisa saja sengaja dipasangkan sebuah brand untuk memikat kepercayaan konsumen.

Untuk mengecek produk tersebut benar-benar sudah terdaftar dan mendapat izin edar dari BPOM, Anda bisa langsung mengeceknya secara mandiri di situs BPOM. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi https://cekbpom.pom.go.id/
  • Klik Produk
  • Kemudian cari berdasarkan, Nomor Registrasi, Nama Produk, Merk/Brand, Jumlah dan Kemasan, Bentuk Sediaan, Komposisi, Nama Pendaftar, dan NPWP Pendaftar.
  • Setelah itu, semua informasi mengenai produk akan muncul. Jika produk yang dicari tidak muncul, artinya produk tersebut belum terdaftar dan mendapat izin edar dari BPOM

2. Cek Nomor Barcode di UPCitemDB

Khusus bagi Anda yang tertarik ingin mencoba produk body care atau kosmetik brand luar negeri, sebelum membeli cek terlebih dahulu keaslian produk di UPCitemDB. Sebab, sekarang ini juga banyak oknum yang memproduksi bodycare dan kosmetik palsu yang mengatasnamakan brand luar dan dijual dengan harga yang sangat murah.

Berikut cara mengeceknya:

  • Kunjungi situs upcitemdb.com 
  • Masukkan nomor barcode yang tertera pada produk
  • Setelah itu, akan muncul semua informasi produk, mulai dari asal negara, tanggal scan barcode, shade warna, dan sebagainya. Jika tidak muncul datanya, maka bisa dikatakan produk tersebut palsu.

Baca Juga: Kulit Sehat dan Cantik, Ketahui 9 Hal Penggunaan Vitamin C dalam Perawatan Wajah

3. Aplikasi QR Scanner

Sekarang ini, setiap brand body care atau kosmetik sudah mengikuti perkembangan teknologi dan diterapkan dalam produknya, yaitu penggunaan QR Code untuk memudahkan konsumen mendapatkan segala informasi keaslian produk tersebut.

Caranya sangat mudah, Anda hanya tinggal mengunduh aplikasi scanner atau pemidai. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan arahkan ke QR Code yang terdapat pada produk.

4. Kenali Tubuh Sendiri

Meskipun produk body care atau kosmetik yang Anda beli adalah asli dan terdaftar di BPOM, tapi  ini akan membuahkan hasil yang sia-sia jika bahan yang terkandung dalam produk tersebut tidak sesuai dengan kriteria tubuh seperti rambut, kulit dan lainnya.

Maka dari itu, Anda perlu mengenali tipe setiap tubuh sendiri. Misalnya, bagian rambut apakah mudah rontoh atau kering dan lainnya, kemudian bagian kulit wajah apakah tipe berminyak, kering atau berjerawat dan sebagainya atau tubuh Anda mudah gemuk atau pencernaan tidak lancar dan masih banyak lainnya.

Memang ini menjadi PR yang berat, namun untuk mendapatkan produk yang tepat Anda harus rela menyiapkan waktuk untuk mencari tahu kriteria tubuh sendiri seperti apa.

Baca Juga: Di Rumah Aja Wajah Tetap Glowing, Ini 7 Toner Wajah Pilihan yang Patut Dicoba

5. Mencari Tahu Kandungan Body Care dan Kosmetik yang Cocok

skincare
Mencari tahu kandungan produk body care dan kosmetik yang cocok

Setelah mengenali tipe-tipe di setiap bagian tubuh Anda, saatnya cari tahu kandungan-kandungan apa saja yang cocok dipakai atau dikonsumsi. Misalnysa saja, kandungan yang bagus untuk menghilangkan iritasi kulit, kandungan untuk meredakan jerawat, kandungan untuk menutrisi rambut kering, obat pelancar percernaan dan sebagainya.

Informasi ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di internet. Bahkan, di internet juga langsung memberikan rekomendasi produk pilihan terbaik. Selain itu, sekarang juga banyak dokter-dokter kecantikan dan kesehatan yang memberikan berbagai tips merawat tubuh hingga mengulas atau mereview produk body care dan kecantikan lainnya di akun media sosial, seperti Instagram, Youtube dan Tiktok.

Seperti halnya yang dilakukan, dr. Richard Lee yang memberikan berbagai tips-tips mengenai perawatan kulit, menguji coba produk-produk skin care melalui laboraturium dan hasilnya diberitahukan di khalayak melalui akun Tiktok dan Youtubenya. Hal ini tentunya, memudahkan Anda untuk menemukan produk yang tepat untuk perawatan.

6. Beli Produk di Official Store

Memang berbagai produk body care atau kosmetik ini sudah banyak dijual dipasaran, baik di toko fisik dan juga online. Namun, untuk memastikan bahwa produk yang Anda beli itu yang asli, maka lebih baik beli produk-produk tersebut di official storenya. Kalaupun ingin membeli produk body care atau kosmetik di reseller, pastikan reseller sudah terdaftar di brand tersebut dan menjual produk yang asli.

Dapatkan Perawatan yang Tepat dengan Jadi Konsumen yang Cerdas

Setiap orang berhak melakukan perawatan tubuhnya untuk mendapatkan penampilan yang sehat dan menarik dengan berbagai rangkaian produk perawatan dan kosmetik. Namun, jangan sampai Anda mudah tergiur dengan produk perawatan yang murah dan mengklaim bisa putih, hilang noda di muka dengan cepat dan sebagainya, padahal produk tersebut adalah abal-abal.

Perlu diingat, untuk mendapatkan hasil yang bagus dari penggunaan produk perawatan atau kosmetik butuh waktu hingga 3-6 bulan atau lebih. Maka, sangat penting menjadi konsumen yang cerdas untuk mendapatkan perawatan tubuh yang tepat. Jika perlu, konsultasikan langsung dengan dokter kecantikan atau kesehatan terpercaya.

Baca Juga: 10 Brand Make Up Lokal Berkualitas yang Wajib Dipunyai Millenial