Ibadah Lebih Khusyuk: Simak Niat, Tata Cara, Hingga Keutamaan Shalat Tarawih

Bagi umat yang beragama Islam, bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti kedatangannya. Karena pada bulan yang dianggap suci inilah umat Islam menjalankan puasa selama satu bulan penuh. Pada bulan Ramadhan, banyak orang berlomba-lomba melakukan amalan dengan tujuan untuk lebih mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

Salah satu contoh amalan yang rutin dan banyak dilakukan oleh kebanyakan orang di bulan puasa adalah shalat tarawih. Shalat tarawih merupakan shalat Sunnah yang pengerjaannya pada malam hari selama bulan Ramadhan. Waktu pengerjaannya, yakni sesudah melaksanakan shalat isya’ dan sebelum shalat witir.

Shalat tarawih ini hanya bisa dikerjakan selama bulan Ramadhan saja, yaitu satu bulan dalam satu tahun. Karena itu banyak sekali orang yang tidak ingin meninggalkan sholat tarawih.

Agar sholat tarawih lebih khusyuk dan kamu mendapatkan amalan ibadah yang berlimpah selama satu bulan penuh, simak niat, tata cara hingga keutamaan sholat tarawih.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Niat Shalat Tarawih

loader
Niat sholat tarawih

Sebelum menjalankan ibadah shalat tarawih, tentu saja harus disertai dengan niat shalat pada umumnya. Niat merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk dilakukan karena merupakan rukun wajib shalat tarawih. Niat ini dibaca ketika sebelum melaksanakan shalat, tepatnya sebelum takbiratul ihram.

Niat shalat tarawih memiliki berbagai macam jenisnya. Sesuai dengan jumlah atau tipe jamaahnya, yakni niat shalat tarawih sendiri, sebagai imam, atau sebagai makmum. Berikut ini beberapa bacaan niat shalat tarawih yang perlu kamu ketahui.

  • Niat Shalat Tarawih Sendiri

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta‘ālā.

Artinya: “Saya niat shalat sunnah Tarawih 2 rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT.”

  • Niat Shalat Tarawih Untuk Imam

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā.

Artinya: ” Saya niat shalat sunnah Tarawih 2 rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam fardhu karena Allah SWT.”

  • Niat Shalat Tarawih Untuk Makmum

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā.

Artinya: ”Saya niat shalat sunnah Tarawih 2 rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

Sebagai tambahan, niat shalat tarawih tersebut berdasarkan rakaat yang berjumlah 2 rakaat. Untuk bacaan niat shalat tarawih 4 rakaat bisa mengubah niatnya yang semula 2 rakaat menjadi 4 rakaat. Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa perbedaan pendapat oleh para ulama tentang jumlah 4 rakaat shalat tarawih ini.

Baca Juga: Jadwal Puasa 2021 dan Tips Lancar Berpuasa Ramadhan Biar Berkah

Tata Cara Shalat Tarawih

Setelah mengetahui niat serta keutamaan shalat tarawih, saatnya mengetahui bagaimana tata cara shalat tarawih yang benar. Berikut ini urutan tata cara shalat tarawih yang bisa kamu ikuti sendiri.

  1. Membaca niat
  2. Melaksanakan Takbiratul Ihram
  3. Membaca surah Al-Fatihah
  4. Membaca satu surah pendek
  5. Rukuk dengan tuma’ninah
  6. I’tidal dengan tuma’ninah
  7. Sujud yang pertama
  8. Bangun, duduk di antara dua sujud
  9. Sujud yang kedua
  10. Berdiri, mengulang gerakan untuk rakaat kedua
  11. Tahiyat akhir rakaat kedua
  12. Salam
  13. Membaca Istighfar

Baca Juga: Jangan sia-siakan Bulan Ramadhan, Yuk Dulang Pahala dengan Amalan Ibadah dan Kebaikan ini!

Keutamaan Shalat Tarawih

loader
Keutamaan shalat tarawih

Dikerjakan di bulan suci Ramadhan, shalat tarawih memiliki berbagai keutamaan bagi siapapun yang mengerjakannya. Hukum shalat tarawih sendiri yakni Sunnah muakkad, yang berarti sangat dianjurkan untuk dilakukan. Tak hanya sekadar shalat biasa, shalat tarawih juga bisa dijadikan sebagai saran menimba pahala dan ilmu. 

Berikut ini beberapa keutamaan shalat tarawih yang perlu kamu ketahui.

1. Mendapatkan Pahala Berjalan ke Masjid

Terakhir, keutamaan shalat tarawih yang lain yaitu mendapatkan pahala atas kemauan seseorang berjalan ke masjid. Sesuai dengan hadits riwayat Shahih HR. Abu Daud dan Tirmidzi, pahala berjalan ke masjid ini sangat besar. 

2. Meningkatkan Silaturahmi

Umat muslim yang menjalankan Sunnah shalat tarawih di masjid akan bertemu dengan tetangga, saudara, dan teman. Pertemuan ini secara tidak langsung akan mempererat tali silaturahmi antar sesama muslim. Keutamaan ini bisa didapatkan ketika menunaikan shalat tarawih secara berjamaah.

3. Mendapatkan Pahala Semalam Penuh

Keutamaan kedua, yaitu diberikan pahala shalat selama semalam suntuk. Keutamaan shalat tarawih yang satu ini juga didukung oleh beberapa hadits. Adapun hadits-hadits tersebut diriwayatkan oleh HR. Ahmad dan HR. Tirmidzi.

4. Sarana Pembelajaran 

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa shalat tarawih juga memiliki keutamaan di bidang pembelajaran. Imam shalat tarawih biasanya akan memberikan siraman informasi Islam maupun rohani. Bagi para pemuda, ceramah ini akan sangat berguna sebagai sarana belajar.

5. Sehat Jasmani dan Rohani

Keutamaan keempat yaitu dengan melakukan shalat tarawih, seseorang bisa mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani sekaligus. Kesehatan jasmani didapatkan karena shalat tarawih membuat tubuh terasa seperti berolahraga ringan. Sedangkan kesehatan rohani didapatkan dari siraman ceramah dari Imam.

Banyak Ibadah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu umat islam sebab di bulan ini juga disebut sebagai bulan penuh rahmat. Untuk mendapatkan rahmat tersebut, tentunya kamu harus banyak beribadah kepada Allah SWT. Bukan hanya melaksanakan puasa dan sholat tarawih saja, tapi juga lakukan sedekah, membaca al-quran dan lainnya.

Baca Juga: Panduan Resmi Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 2021 dari Kementerian Agama