Ikuti 5 Cara Cerdas ini, Agar Pekerjaan dan Kehidupan Sosial Jadi Seimbang

Rutinitas kerja yang padat sepanjang waktu dan juga target kerjaan yang tinggi dari perusahaan sering menjadi alasan mengapa sebagian besar pekerja “tenggelam” di dalam pekerjaan yang mereka geluti.

Hal ini membuat rasa lelah dan waktu yang terbatas menjadi alasan untuk mengabaikan kehidupan sosial. Padahal, bersosial juga menjadi sesuatu yang penting di dalam kehidupan seseorang. Jika terus dilanjutkan, bukan tidak mungkin kamu akan semakin menjauh dari lingkungan dan juga orang-orang terdekat.

Jangan biarkan pekerjaan mendominasi seluruh kehidupanmu, karena ini sangat merugikan yang akan membuat kamu kehilangan banyak kesempatan untuk menikmati kehidupan yang lebih bahagia dengan orang-orang tersayang. 

Pada dasarnya, pekerjaan dan juga kehidupan sosial bisa dinikmati dengan maksimal secara bersamaan, selama bisa mengatur porsi keduanya dengan tepat sejak awal. Untuk itu, cobalah menata kembali kehidupan menjadi lebih seimbang dengan mengikuti beberapa cara cerdas berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Selesaikan Pekerjaan di Kantor Tepat Waktu

kerja di kantor
Selesaikan pekerjaan di kantor tepat waktu

Pekerjaan yang tidak ada habisnya merupakan hal yang biasa dihadapi oleh pekerja kantoran. Namun hal ini tidak bisa menjadi alasan untuk membawa pekerjaan tersebut keluar kantor atau ke rumah, sebab kamu juga perlu menikmati waktu di luar pekerjaan. 

Selesaikan pekerjaan di kantor dari yang mudah terlebih dahulu hingga ke yang rumit. Berikan waktu juga saat mengerjakan agar kamu tetap fokus dan alhasil pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

Saat sudah keluar dari kantor, nikmati waktumu dengan maksimal dan lakukan rutinitas bersama dengan keluarga atau bahkan teman-teman. Semua ini akan membuatmu bahagia dan lebih menikmati hidup.

Baca Juga: Mau Pekerjaan Cepat Selesai? Coba 7 Cara Ini

2. Miliki Waktu untuk Diri Sendiri

Menikmati waktu untuk diri sendiri merupakan hal sederhana yang akan membawa banyak dampak positif untuk kehidupanmu. Tidak harus melakukan sesuatu yang luar biasa, aktivitas yang sederhana saja bisa membuatmu bahagia ketika menikmati waktu sendiri.

Misalnya saja, berjalan-jalan di taman, menikmati makanan favorit, berkebun di akhir pekan, atau bahkan sekedar bersantai menonton film. Lakukan apa saja yang kamu sukai di momen seperti ini, sehingga bisa “menemukan” kembali dirimu yang utuh seperti apa adanya. 

3. Olahraga Ringan

meditasi
Olahraga ringan

Menjaga kebugaran tubuh merupakan hal sederhana yang bisa dilakukan dengan mudah, bahkan di dalam rumah sekalipun. Biasakan untuk melakukan olahraga ringan secara teratur, sehingga tubuh tetap dalam kondisi yang sehat dan fit.

Bukan cuma melakukan peregangan tubuh saja, tapi kamu juga bisa melakukan meditasi yang rutin selama 10-15 menit setiap harinya. Aktifitas ini akan memberikan dampak positif dan pikiran yang lebih tenang untukmu. Kamu juga bisa menghindari stres dan juga membangun mood yang positif untuk melakukan segala aktivitasmu yang padat.

Baca Juga: 6 Pilihan Karir/Pekerjaan Terbaik untuk Kamu Pecinta Olahraga

4. Jangan Bersikap Perfeksionis

Memiliki standar yang tinggi dan sulit untuk berhenti bekerja merupakan salah satu tanda jika kamu termasuk orang yang perfeksionis. Misalnya saja, kamu tidak akan berhenti bekerja jika pekerjaan belum selesai, meskipun pekerjaan tersebut masih bisa diselesaikan esok hari. 

Kondisi seperti ini kerap menjadi kebiasaan yang menuntut lebih banyak waktu dan energi untuk mengurus pekerjaan, sehingga kamu justru mengabaikan hal lainnya di luar urusan pekerjaan itu sendiri. 

Jika ingin kehidupan yang seimbang, maka hentikan kebiasaan perfeksionis seperti ini dan cobalah untuk bersikap tidak terlalu keras pada dirimu sendiri. Hal ini akan memungkinkan kamu bisa menikmati waktu yang lebih banyak untuk berbagai urusan lainnya, di luar urusan pekerjaan yang kamu geluti.

5. Atur Kecepatan Kerja

kerja
Atur kecepatan kerja

Bekerja dengan durasi yang tidak teratur bisa saja membuat produktivitas justru menurun. Meskipun dalam beberapa waktu, mungkin bekerja lebih lama dari biasanya. Kemampuan tubuh tentu akan sangat mempengaruhi kualitas pekerjaan, sehingga penting untuk selalu menyesuaikannya dengan porsi kerja yang kamu selesaikan. 

Jangan memaksakan diri untuk bekerja terlalu banyak atau bahkan terlalu lama, sebab hal ini akan membuat energi terkuras habis dan tubuhmu terlalu lelah. Sesuaikan porsi pekerjaanmu dengan kondisi tubuhmu, agar kualitas pekerjaan terjaga dan kamu memiliki waktu untuk melakukan aktivitas lainnya. 

Enjoy Disetiap Kegiatan 

Pilihlah cara terbaik yang kamu lakukan agar pekerjaan dan kehihupan sosialmu menjadi seimbang. Jangan lupa, merasa enjoy di setiap kegiatan yang dilakukan juga penting. Sebab kegiatan apapun baik menyelesaikan pekerjaan atau kumpul bersama keluarga dan teman bisa terasa sangat menyenangkan. 

Baca Juga: Tips Agar Bisa Populer di Tempat Kerja