Ingin Punya Akun Instagram Verified? Pelajari Dulu Cara dan Syarat-syaratnya!

Tak bisa dipungkiri, jika kini Instagram tengah jadi platform media sosial paling digemari berbagai kalangan di seluruh penjuru dunia. Pasalnya, platform satu ini menyediakan banyak fitur menarik untuk saling berbagi foto dan informasi sekaligus aktivitas harian penggunanya. Bahkan, Instagram juga kerap digunakan oleh brand tertentu sebagai sarana jitu memasarkan produk yang dimiliki. 

Nah, bagi kamu yang sering bermain Instagram, pasti pernah melihat sebuah tanda centang berwarna biru tepat di sebelah username akun, kan? Tanda tersebut berarti, bahwa sang pemilik akun telah diverifikasi oleh pihak Instagram. Ada banyak benefit yang diterima oleh akun-akun Instagram semacam ini.

Penasaran bagaimana bisa mendapatkan akun Instagram verified semacam ini? Yuk, simak ulasan berikut selengkapnya. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Akun verified Instagram dan syarat-syaratnya  

loader

Sebenarnya, mendapatkan verifikasi akun di Instagram bukan sesuatu yang terbilang sulit dilakukan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus kamu catat untuk dijadikan pedoman dan ketentuan agar bisa mendapatkannya. Lantas, apa saja syarat supaya akun Instagram yang kamu miliki bisa segera mendapat verifikasi?

1. Memiliki akun yang unik

Syarat utama yang patut kamu penuhi agar mendapat tanda centang biru dari Instagram adalah keunikan pada akun yang dimiliki. Namun pastikan, keunikan tersebut memang benar-benar berbeda dari akun yang telah ada sebelumnya. 

Bukan hanya itu saja, setiap individu ataupun bisnis hanya boleh memiliki satu akun verified saja, tidak boleh lebih. Kecuali untuk akun yang menggunakan bahasa tertentu, seperti misalnya akun milik bisnis yang memiliki banyak cabang di seluruh dunia.

Selain itu, akun-akun dengan minat umum biasanya tidak akan diverifikasi oleh pihak Instagram. Misalnya, akun-akun dengan unggahan berupa foto ataupun gambar hasil editan yang dibuat untuk sekedar hiburan semata. 

2. Keautentikan akun

Syarat selanjutnya untuk menjadikan akun Instagram terverifikasi atau mendapatkan tanda centang biru adalah akun yang autentik. Dengan kata lain, akun yang dimaksud haruslah akun asli dan bukan impersonate salah satu tokoh maupun brand tertentu. 

Bukan hanya itu saja, isi dari postingan akun Instagram tersebut jadi ga harus memuat karya-karyanya sendiri. Sehingga, Instagram bisa melakukan konfirmasi keaslian akun demi menghindari tindak penipuan yang memang cukup marak di dunia maya.

3. Melengkapi data diri

Syarat selanjutnya yang juga tak boleh ketinggalan adalah kelengkapan data pribadi pengguna. Karena pihak Instagram hanya akan memverifikasi akun yang meng-upload data diri secara lengkap dan jelas. Selain itu, bio di profil juga uni, foto profil asli dan ada postingan di feed meski hanya satu.

Tak sampai disitu saja, akun Instagram milik kami juga tak boleh mencantumkan tautan untuk mengarahkan ke platform media sosial yang lainnya. Dan lagi, akun tersebut juga tak boleh digembok atau diprivatisasi dan harus bersifat publik.

4. Populer di masyarakat

Syarat terakhir dan cukup penting jika ingin akun Instagram bisa diverifikasi yakni harus benar-benar mewakili seseorang, merek, maupun entitas terkenal, populer dan memang banyak dicari masyarakat secara luas.

Nantinya, pihak Instagram akan melakukan peninjauan secara cermat dan jeli berdasarkan sumber berita maupun jejak digital yang ada. Apakah memang akun Instagram kamu sudah benar-benar populer dan dikenal oleh masyarakat secara luas dan seberapa dikenal akun tersebut. 

Kendati demikian, penilaian kepopuleran suatu akun terbilang sangat subjektif. Akan tetapi, Instagram memang memiliki kriteria khusus yang tak bisa dibagikan begitu saja kepada publik. 

Baca Juga: Bisnis Makin Untung, Simak Cara Manfaatkan Fitur Live Rooms Instagram untuk Jualan

Langkah mudah mendapatkan tanda verified untuk akun Instagram

loader

Apabila akun Instagram yang kamu miliki telah memenuhi semua syarat di atas, maka kamu sudah bisa melakukan verified Instagram. Langkah tersebut tentunya tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Berikut beberapa langkah mudah dan ampuh yang bisa dilakukan. 

1. Melengkapi identitas akun secara detail

Langkah pertama yang patut dilakukan demi mendapatkan verified Instagram adalah memastikan nama dari akun tersebut telah terjamin dan jangan mengubah-ubahnya. Jangan lupa juga untuk membuat identitas diri dengan semenarik mungkin. Mulai dari foto profil hingga biografi secara jelas. 

Selain itu, kamu harus konsisten dalam mengunggah foto sesuai jenis dan tema yang diangkat. Jika kamu bukan artis, tokoh masyarakat, atau membawa nama brand tertentu, jangan harap bisa mendapat verifikasi akun dari Instagram ini secara mudah hanya dengan mengunggah beberapa foto saja. 

2. Mengubah akun jadi Instagram Bisnis

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan demi mendapatkan verifikasi akun Instagram adalah melakukan pengubahan tipe akun yang dimiliki menjadi Instagram Bisnis. Tujuannya agar Instagram dan para pengikut yang kamu miliki jadi lebih yakin, bahwa kamu memang sosok profesional. Setelah itu, pastikan identitas profil akun tersebut memang sesuai tema yang dibawakan. 

3. Menunggu proses verifikasi akun selesai 

Setelah semua tahapan telah dilakukan secara baik dan benar, maka pihak Instagram bakal meninjau permintaan tersebut. Semua data dan informasi yang diberikan akan diperiksa kesesuaiannya. 

Biasanya, waktu verifikasi akun pada Instagram ini hanya memakan waktu satu minggu saja. Jika pengajuan verifikasi akun tersebut ditolak, maka kamu baru bisa mengulang pengajuan verifikasi tersebut 30 hari berikutnya. 

Baca Juga: Manfaatkan 5 Fitur Instagram ini Biar Akun Bisnis Dilirik dan Produk Laris Manis

Langkah Kecil Membuka Peluang dan Kesempatan Besar  

Nah, demikian tadi beberapa langkah umtuk melakukan verified akun Instagram dengan mudah yang perlu diketahui. Tentu saja, setiap tahapan yang telah diuraikan di atas bisa digunakan siapa saja yang ingin mendapatkan akun Instagram terverifikasi alias centang biru. Asalkan, semua ketentuan dan syarat yang diberikan sudah terpenuhi semuanya.

Selain terlihat keren, tanda centang biru ini juga bisa membuat akun Instagram jadi lebih dikenal orang lain karena dianggap lebih profesional. Seharusnya, langkah kecil dengan mengubah akun Instagram mendapatkan tanda centang biru bisa jadi jembatan untuk semakin membuka kesempatan dan peluang di masa yang akan datang.

Kesempatan yang mungkin tidak kamu sadari sedang ada dan menunggu kamu di depan sana. Jadi, jika kamu memang punya minat, bakat atau sesuatu yang bisa mengajak orang lain dalam hal positif, tak ada salahnya untuk mulai mencoba mengajukan verified akun Instagram.

Baca Juga: 10 Instagram Tools yang Mendukung Bisnis Berkembang, Yuk Coba!