Ingin Sukses di Bidang Advertising? Kuasai 5 Soft Skill Penting Berikut

Advertising atau periklanan merupakan salah satu bidang kerja yang memiliki banyak peminat. Meski begitu, bidang ini membutuhkan soft skill khusus sehingga tidak semua orang cocok untuk bekerja di dalamnya.

Mungkin beberapa orang berpikir bahwa soft skill tidak terlalu penting dalam karier, namun pada bidang advertising, ada beberapa soft skill yang wajib dimiliki mereka yang ingin masuk di dalamnya.

Soft skill sendiri merupakan skill yang berhubungan dengan atribut personal, kepribadian, serta kemampuan komunikasi. Skill ini tidak berhubungan dengan akademik namun tetap bisa Kamu asah. Soft skill penting di bidang advertising agar pekerjaan yang Kamu lakukan bisa berjalan lancar.

Tidak hanya membantumu bekerja dengan lebih mudah, soft skill juga bisa membantu meningkatkan karier sehingga bisa berkembang lebih cepat. Penasaran apa saja soft skill penting di bidang advertising? Langsung saja, simak ulasannya berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Skill Berkomunikasi

skill berkomunikasi

Soft skill pertama yang harus Kamu kuasai adalah skill berkomunikasi. Tidak seperti bayanganmu, skill ini lebih kompleks sehingga tidak semua orang memilikinya. Pasalnya, skill berkomunikasi tidak hanya sekedar merangkai sebuah tagline yang unik dan bersifat persuasif untuk mengajak klien bekerjasama.

Namun, dalam komunikasi yang Kamu jalin harus ada pemahaman dan empati terhadap kebutuhan dan keinginan klien dalam membuat campaign.

Diperlukan pemahaman mendalam mengenai target konsumen serta apa saja kebutuhan mereka. Dengan pemahaman tersebut maka Kamu bisa menciptakan kampanye iklan yang berjalan efektif. Namun Kamu bisa mencapai hal tersebut jika mampu memaksimalkan kemampuan dalam mendengarkan serta peka terhadap orang lain yang ada di luar lingkup sosialmu.

Baca Juga: Apa Saja yang Harus Diperhatikan saat Melamar Kerja di Perusahaan Bonafit?

2. Kreativitas

kreatif

Kreativitas merupakan soft skill selanjutnya yang harus Kamu kuasai dalam bidang advertising. Bidang ini memang memiliki banyak bagian dengan tugasnya masing-masing. Namun apapun peran dan posisimu, entah itu sebagai desainer ataupun manajer, Kamu akan dituntut untuk memiliki kreativitas agar pekerjaan berjalan dengan baik.

Semua kegiatan pada bidang advertising pada dasarnya memang harus menyajikan konsep dengan cara unik dan juga baru. Meski konsep yang digunakan dapat terinspirasi dari berbagai hal, namun Kamu yang bekerja di bidang advertising dituntut untuk berpikir secara out of the box atau unik.

Jika Kamu berpikir secara biasa-biasa saja tanpa ada sesuatu yang unik dan baru maka hal tersebut tidak akan menarik. Sebaliknya, sesuatu yang unik dan baru biasanya akan lebih diingat oleh khalayak sehingga sangat dibutuhkan pada bidang advertising ini.

3. Cepat Mengambil Keputusan

cepat mengambil keputusan

Saat mendapatkan proyek, terkadang Kamu akan dihadapkan pada beberapa pilihan metode yang harus dipilih agar target iklan tercapai. Misalnya saja pemilihan kata pada tagline iklan, warna yang akan digunakan, dan lain-lain. Dalam hal ini maka kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cepat akan dibutuhkan.

Tidak hanya cepat dalam mengambil keputusan saja, Kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa hal dalam mengambil keputusan seperti sisi logis maupun kreativitas.

Disini Kamu membutuhkan ide baru dan menarik serta memberikan dampak positif pada klien dan juga target audiens. Karena situasi seperti ini, Kamu yang bekerja di bidang advertising diharuskan untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. 

4. Manajemen Waktu yang Efektif

manajemen waktu

Semua orang yang bekerja pada bidang advertising harus siap dengan deadline. Pasalnya, deadline yang ketat dan mepet merupakan hal biasa dalam membuat sebuah campaign. Bahkan tidak jarang campaign yang dibuat berdasarkan momen khusus sehingga peluncurannya harus tepat waktu dan sempurna.

Di lain sisi Kamu tetap harus mempersiapkan beberapa hal seperti membuat laporan, mempersiapkan presentasi, dan melakukan preview terhadap hasil akhir.

Karena banyaknya hal yang harus dilakukan dengan waktu yang tidak banyak, maka manajemen waktu yang efektif sangat dibutuhkan. Selain itu, Kamu juga perlu menentukan skala prioritas dengan baik untuk masing-masing tugas yang harus dikerjakan.

Skill manajemen waktu ini merupakan soft skill yang bisa membantumu untuk mengatur proyek sehingga berjalan sesuai rencana serta tepat pada waktunya.

Baca Juga:  Tidak Suka Berurusan dengan Toxic People? Begini Cara Mengatasinya

5. Mudah Berkolaborasi

mudah berkolaborasi

Berbeda dengan beberapa pekerjaan di bidang lainnya yang bisa dikerjakan sendiri, pekerjaan di bidang advertising ini tidak bisa dikerjakan sendiri. Meski Kamu sudah berpengalaman dan terampil namun Kamu tetap membutuhkan bantuan orang lain. Memang beberapa proyek bisa dikerjakan sendiri, namun jika mengerjakan proyek dengan deadline cepat pasti membutuhkan kolaborasi dengan orang lain.

Itulah alasan mengapa mereka yang bekerja di bidang advertising dituntut untuk memiliki soft skill ini. Terkadang sebuah proyek juga bisa memberikan hasil yang lebih maksimal jika dikerjakan bersama-sama. Tidak hanya pada industri yang sama saja, Kamu juga bisa bekerjasama dengan industri berbeda yang memberikan keuntungan masing-masing.

Kuasai Soft Skill Untuk Bekerja di Bidang Advertising

Itulah 5 soft skill penting yang harus Kamu kuasai jika ingin sukses di bidang advertising. Soft skill tersebut tentu saja harus didukung dengan hard skill yang memadai sehingga hasil kerjamu lebih maksimal. Semoga informasi di atas dapat membantumu untuk mempersiapkan diri sebelum terjun di dunia advertising secara profesional.

Baca Juga:  Wajib Tahu! Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja di Era New Normal