Ini Dia Cara Membuat Hobi Melukis Kamu Jadi Uang

Mendapatkan uang dari melukis tidak hanya milik para pelukis profesional seorang, kamu yang ternyata mencintai kegiatan seni satu ini juga bisa merubah hobi menggambar menjadi pundi-pundi uang yang cukup menggiurkan.

Sayang sekali bukan jika semua hasil karya kamu semua hanya bisa kamu bisa pamerkan lewat sosial media? Padahal nilai dari satu karya seni kamu jika dimanfaatkan dengan baik bisa bernilai ratusan bahkan jutaan rupiah.

Bisa jadi penghasilan tambahan, ini dia beberapa contoh profesi yang bisa kamu tekuni agar hobi melukis kamu bisa berubah jadi uang:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Ilustrator

Ilustrator
Ilustrator

Banyak agency yang bergerak di bidang creative and design yang sering mencari seorang freelancer sebagai ilustrator. Biasanya kamu akan diberi project untuk menggambar cover untuk sebuah buku tulis, buku diari, bahkan jika kamu sudah kelewat jago dalam menggambar kamu bisa mendapat tawaran project untuk menggambar sebuah cover untuk sebuah buku cerita, novel atau komik yang tentunya bisa bernilai jutaan rupiah.

Baca Juga: Inilah Peluang Usaha Menjanjikan yang Berhubungan dengan Hewan Peliharaan

2. Hand Lettering (Kaligrafis)

Hand Lettering
Hand Lettering

Nah jenis kegiatan menggambar yang satu ini sedang tren di sosial media, Hand Lettering atau yang disebut kaligrafi adalah kegiatan menulis indah di media apapun. Kamu yang sudah jago bisa membuka bisnis jasa menulis kaligrafi untuk sebuah kartu undangan, cover buku tulis atau piring dan gelas sekalipun.

3. Menggambar Sketsa Wajah

Menggambar Sketsa Wajah
Menggambar Sketsa Wajah

Jenis pekerjaan ini sudah banyak dilakukan, bahkan jika kamu pergi ke tempat-tempat wisata kamu bisa menemukan banyak para pelukis sketsa wajah. Kamu yang memang hobi menggambar sketsa wajah, jangan mentok menggambar wajah artis terkenal saja. Bisniskan saja dengan membuka jasa menggambar sketsa wajah keteman-teman terdekat kamu dan keluarga.

4. Menggambar Karikatur

Menggambar Karikatur
Menggambar Karikatur

Pekerjaan yang satu ini juga cukup tren juga, yaitu menggambar karikatur lucu untuk dijadikan hadiah kepada orang-orang terdekat. Kamu yang suka menggambar karikatur lucu bisa membuka jasa menggambar untuk hadiah wisuda atau pernikahan. Tidak sulit dan cukup menghasilkan.

5. Membuka Kelas Belajar Melukis

Membuka Kelas Melukis
Membuka Kelas Melukis

Siapa bilang kamu yang bukan lulusan jurusan seni rupa tidak bisa mengajar melukis untuk orang lain. Siapa saja yang bisa melukis pasti juga bisa mengajarkan beberapa trik yang didapatkan dari online ataupun ketika mengikuti kelas melukis sebelumnya untuk diberikan lagi ke orang lain baik.

Banyak orang yang menjadikan kegiatan melukis sebagai media terapi untuk menghilangkan stress, jadi peluang kamu yang jago lukis pun cukup besar untuk bisnis ini.

Kisaran Modal Memulai Hobi Lukis Menjadi Peluang Bisnis

Tidak ada yang namanya bisnis tanpa modal dan persiapan. Ketika kamu sudah bertekad menjadikan hobi lukis kamu menjadi ladang bisnis artinya kamu juga sudah harus tau kisaran modal yang harus dikeluarkan untuk awal dari bisnis baru kamu ini. Berikut kisaran modal yang harus kamu persiapakan:

 

Kuas                                     

Rp50.000 – Rp80.000 (1 Set)

 

Kertas Kanvas

Rp13.000 – Rp50.000 / Satuan

 

Sketch Book

 

Rp50.000 – Rp150.000

 

Cat Air

Rp120.000 – Rp150.000 (12 warna)

Cat Minyak

Rp50.000 – Rp150.000 (12 warna)

 

Pen Kaligrafi

Rp30.000 – Rp50.000 / satuan

Kisaran modal awal yang perlu kamu siapkan antara Rp400.000 – Rp600.000

Tips Memulai Bisnis Jasa Melukis

Bakat sudah ada, modal pun sudah siap. Langkah selanjutnya adalah mempromosikan bisnis baru kamu. Ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu terapkan untuk memasarkan bisni jasa melukis seperti berikut ini:

  • Manfaatkan Sosial Media

Kamu yang sudah sering pamer karya-karya kamu lewat sosial media, bisa langsung memakai akunnya untuk jadi lapak promosi karya-karya kamu, kalau bisa upgrade sekalian menjadi Instagram Bussiness, agar lebih maksimal. Selain jadi lapak promosi, bisa juga dijadikan tempat kamu untuk bertransaksi dengan calon konsumen.

  • Mouth to Mouth

Tidak puas promosi pake sosial media saja, kamu bisa langsung menggunakan orang-orang terdekat kamu untuk membantu mempromosikan bisnis jasa lukis ini. Berikan orang-orang terdekat contoh karya kamu agar mereka bisa pamerkan di akun sosial media mereka atau ke teman-teman mereka lain.

  • Mengikuti Pameran

Kalau sudah hobi pasti sudah tidak asing lagi dong dengan yang namanya pameran seni. Dengan mengikuti pameran seni, karya kamu bisa lebih dikenal lagi dikalangan pecinta seni. Bisa saja kamu mendapatkan fans dari lukisan kamu dan kesempatan mempromosikan bisnis jasa lukis yang sedang kamu jalankan.

Baca Juga: 7 Ide  Bisnis Makanan Fusion Unik yang Dijamin Laris Manis

Hobi Lancar, Kantong Penuh

Siapa yang tidak suka mendapatkan uang dengan melakukan hal yang paling disenangi. Menjadikan hobi sebagai penghasilan tambahan adalah langkah tepat, dan tidak menutup kemungkinan yang tadinya hanya menjadi sumber uang jajan tambahan, hobi kamu bisa menjadi bisnis besar dan sukses.

Baca Juga: 7 Jenis Usaha yang Laris Manis dan Populer dengan Modal Minim