Inilah 25 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Tahun 2019

Berniat menjalankan bisnis rumahan yang baru di tahun 2019 ini, Anda mungkin sedang sibuk memilih dan menimbang-nimbang jenis bisnis yang akan dijadikan sebagai pilihan. Bukan hanya itu saja, perencanaan dan juga modal awal tentu menjadi hal lainnya yang tak bisa Anda lupakan.

Tidak harus selalu dengan modal yang besar, pada dasarnya banyak bisnis rumahan yang bisa dimulai dengan modal yang kecil. Saat ini, ada banyak pilihan jenis bisnis dengan modal terbatas yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan, beberapa di antaranya bahkan bisa saja memberikan potensi keuntungan yang cukup besar. Pastikan memilih jenis bisnis yang tepat, sehingga bisa menjalankannya dengan mudah dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis rumahan dengan modal kecil yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Jual Pulsa dan Paket Internet

Jual Pulsa

Pulsa dan paket internet sudah menjadi kebutuhan banyak orang, sehingga sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai bisnis rumahan. Anda bisa memulai usaha ini hanya dengan sebuah etalase kecil dan juga spanduk sederhana saja, sehingga orang-orang bisa melihat dan mendatangi rumah saat mereka membutuhkan pulsa dan paket internet.

2. Menjadi Dropshipper

Menjalankan bisnis online tanpa repot untuk membuat persediaan dan bisa saja mendapatkan keuntungan besar dari bisnis rumahan ini. Anda hanya perlu bermodalkan pulsa internet dan kemampuan menjual yang baik, maka Anda sudah bisa menjadi seorang dropshipper. Bekerjasamalah dengan situs belanja / supplier yang dapat dipercaya, sehingga bisnis bisa berjalan dengan aman dan lancar.

3. Snack Kemasan yang Unik

Membuat dan menjual makanan yang unik menjadi salah satu bisnis rumahan yang paling menjanjikan. Tidak perlu yang rumit, Anda bisa saja memulai ini dengan memilih snack yang unik dan disukai oleh banyak orang, seperti: keripik, kerupuk, dan yang lainnya. Lakukan pemasaran yang tepat, agar bisnis bisa berjalan lancar.

Baca Juga: Bisnis Menjanjikan: Yuk, Intip Peluang dan Cara Menjadi 'Buzzer'!

 

4. Air Minum Isi Ulang

Minimnya ketersediaan air bersih sudah menjadikan air minum isi ulang sebagai salah satu kebutuhan wajib untuk kebanyakan orang, terutama yang tinggal di kawasan perkotaan. Anda bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan, apalagi jika ternyata tinggal di kawasan strategis yang padat penduduk.

5. Tukang Potong Rambut

Jika memiliki keahlian yang baik dalam memotong rambut dengan rapi, maka Anda juga bisa menjadikan hal tersebut sebagai bisnis rumahan. Anda bisa menyiapkan peralatan yang memadai dan menjual jasa potong rambut sebagaimana yang dilakukan oleh tukang potong rambut profesional.

6. Jahit dan Permak Pakaian

Jahit

Jika memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menjahit dan membuat pola, maka bisa membuka usaha penjahit pakaian ini secara profesional. Namun jika merasa hal tersebut terlalu merepotkan atau bahkan kemampuan Anda tidak memadai, maka bisa membuka layanan permak pakaian sebagai usaha rumahan. Permak jeans menjadi salah satu yang paling banyak dicari dan bisa menjadikan ini sebagai pertimbangan.

7. Katering Harian

Pola hidup yang praktis dan juga tingkat kesibukan yang tinggi sudah membuat orang jarang memasak sendiri makanan yang mereka konsumsi. Membuka katering harian di rumah akan menjadi pilihan yang tepat, terutama jika memiliki keahlian yang baik dalam memasak. Ciptakan menu-menu yang lezat dan menarik, sehingga pelanggan akan tetap loyal sepanjang waktu.

8. Youtuber

Jika Anda termasuk orang yang kreatif dan memiliki kemampuan yang baik dalam menghasilkan video berkualitas dan bermanfaat, maka menjadi Youtuber akan menjadi pilihan yang tepat. Jangan salah, pekerjaan yang satu ini bahkan bisa saja memberikan penghasilan dalam jumlah yang mencengangkan, apalagi jika bisa konsisten dalam berkreasi.

9. Guru Privat

Bisnis rumahan ini hanya cocok untuk yang memiliki kemampuan akademik lumayan dan memiliki kesabaran dalam mengajar. Anda bisa menjadi guru privat untuk anak-anak sekolah, sesuai dengan mata pelajaran yang memang benar-benar Anda kuasai dengan baik, misalnya: matematika, Bahasa Inggris, fisika, dan yang lainnya. Anda bisa membuka tempat les di rumah atau bahkan mendatangi langsung murid-murid tersebut di rumah mereka.

10. Web Designer

Bila Anda termasuk orang yang jago desain dan sudah terbiasa membangun website secara profesional, maka hanya perlu menjadikan kemampuan tersebut sebagai bisnis yang menghasilkan. Era digital memberi banyak peluang bagi para web designer untuk berkarya dan berkreasi, termasuk mendapatkan uang yang cukup besar dari pekerjaan yang satu ini.

11. Penerjemah

penerjemah

Pesatnya perkembangan teknologi informasi memungkinkan Anda bekerja dan memulai usaha dari rumah, apalagi jika Anda memiliki kemampuan untuk menerjemahkan bahasa asing. Anda bisa menjadi penerjemah profesional dan menjual layanan jasa secara online, baik itu melalui situs pribadi ataupun portal pencari kerja.

12. Jasa Cuci Kendaraan Bermotor

Ada banyak orang yang memiliki kendaraan, bahkan hampir semua orang dewasa dan sudah bekerja memiliki setidaknya satu kendaraan bermotor. Anda bisa membuka bisnis layanan pencucian kendaraan bermotor di halaman rumah, terutama jika lokasi rumah berada di kawasan ramai / pinggir jalan. Jika ingin dalam skala sederhana, Anda bisa memulai usaha ini untuk cuci kendaraan roda dua (motor) saja.

13. Tukang Service Perabotan Elektronik

Setiap rumah akan memiliki beragam perabotan elektronik, bahkan dalam beberapa item yang berbeda sekaligus. Bagi yang memiliki kemampuan untuk mereparasi / memperbaiki perabotan elektronik, Anda bisa menjual jasa service ini di rumah dan mendapatkan uang yang lumayan dari layanan tersebut.

14. Laundry Kiloan

Kebanyakan orang sudah tidak mencuci pakaian mereka sendiri, terutama mereka yang bekerja atau masih duduk di bangku kuliah dan jauh dari orangtua. Anda bisa menjadikan laundry kiloan ini sebagai pilihan bisnis rumahan, apalagi jika tinggal di kawasan yang banyak dihuni orang kantoran dan anak kuliahan.

15. Penulis Online

Untuk yang memiliki kemampuan menulis yang cukup baik, Anda juga bisa menjadikan hal tersebut sebagai bisnis yang menghasilkan. Ada banyak situs yang menerima berbagai karya tulis dan bisa mendapatkan uang dengan hanya menjual tulisan saja di sana.

16. Penulis Ebook

penulis e-book

Masih seputar dunia menulis, Anda juga bisa menjadikan bidang yang satu ini sebagia bisnis rumahan yang menghasilkan. Menulis ebook dan memasarkannya dengan tepat secara online dan konsisten, akan membantu Anda lebih mudah untuk mendapatkan pasar. Tulislah ebook yang bermanfaat dan memberi solusi bagi orang-orang, sehingga laku dijual.

17. Layanan Jasa Pembukuan UMKM

Jumlah UMKM belakangan ini bertambah dengan begitu pesat, namun sistem pembukuan masih menjadi salah satu permasalahan dasar hingga saat ini. Untuk yang memiliki kemampuan yang baik dalam pembukuan, Anda bisa menjual layanan jasa pembukuan UMKM ini secara profesional, sebab ada banyak yang membutuhkannya.

Baca Juga: Mie Samyang, Alat Bisnis Paling Ampuh untuk Peluang Usaha Kuliner Pedas

18. Jasa Penitipan dan Perawatan Hewan Peliharaan

Bagi pecinta binatang dan memiliki area rumah yang cukup, bisa menjadikan bisnis yang satu ini sebagai sumber penghasilan. Anda bisa menjual jasa penitipan atau bahkan sekedar penawaran saja, di mana orang bisa memenuhi kebutuhan perawatan hewan peliharaan mereka dengan mudah. Anda juga bisa menjual jasa ini dengan cara mendatangi langsung rumah klien.

19. Layanan Jasa Manajemen Sosmed

Populernya media sosial menjadi kebutuhan tersendiri bagi banyak perusahaan dan pelaku bisnis, di mana mereka menggunakan media sosial ini untuk mendongkrak perkembangan bisnis mereka. Untuk yang ahli di bidang yang satu ini, Anda bisa menjual layanan manajemen media sosial secara profesional, sehingga bisa mendapatkan penghasilan dari usaha tersebut.

20. Payment Point Online Banking (PPOB)

Menjadi agen pembayaran resmi (PPOB) juga akan memberikan Anda peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan. Saat ini, kebanyakan orang tidak memiliki banyak waktu untuk membayar sendiri tagihan mereka di berbagai tempat yang berbeda dan memilih untuk menggunakan layanan PPOB ini.

21. Fotografer

fotografer

Jika memiliki keahlian dan juga peralatan yang memadai di bidang fotografi, maka bidang yang satu ini juga bisa menjadi sumber uang. Anda bisa membuka studio mini di rumah dan menjual layanan jasa fotografi yang profesional, sehingga bisa menangani berbagai event klien dengan lancar.

22. Layanan Jasa Ketik

Jika tinggal di kawasan kampus, sekolah atau bahkan prea perkantoran, maka bisnis yang satu ini akan sangat menjanjikan. Layanan jasa ketik masih sangat banyak dicari dan bisa menjalankan usaha ini dengan begitu mudah di rumah Anda.

23. Membuat Tanaman Artifisial

Ada banyak event yang membutuhkan tanaman artifisial, terutama di kawasan perkotaan yang ramai dan banyak menggelar acara sepanjang tahun. Untuk membuat usaha yang satu ini, Anda wajib memiliki jiwa seni dan juga kemampuan yang baik untuk berkreasi. Keunikan dan juga orisinalitas tentu akan menjadi hal penting yang tak boleh diabaikan.

24. Editor dan Proofreader

Jika memiliki kemampuan yang baik dalam mengedit naskah atau bahkan sekedar melakukan proofreading, maka bisa menjual kemampuan tersebut dan mendapatkan uang. Kedua pekerjaan ini sudah lebih mudah dilakoni dari rumah, sebab sistem online memungkinkan Anda lebih mudah untuk bertemu dan berhubungan dengan klien.

25. Konsultan SEO

Menjadi konsultan SEO juga akan memberi penghasilan yang lumayan, sebab saat ini ada banyak perusahaan yang membutuhkan layanan yang satu ini. Jika sudah memiliki kemampuan di bidang ini, maka tinggal menjual layanan jasa tersebut secara online. Namun jika masih belum begitu mahir, maka berusaha sekaligus belajar tentu akan menjadi pilihan yang baik.

Sesuaikan dengan Minat dan Memiliki Potensi Menguntungkan

Menjalankan bisnis rumahan tidaklah harus selalu dengan modal besar, Anda juga bisa memulai bisnis dengan modal yang terbatas. Pilih bidang yang dikuasai dengan baik dan memiliki potensi keuntungan yang juga menjanjikan, sehingga bisnis rumahan bisa mendatangkan penghasilan yang lancar bagi keuangan.

Baca Juga: Menyulap Rumah Menjadi Penginapan Sederhana