Jadi Alternatif Tempat Kerja, Inilah Maksud dari Coworking Space dan Sederet Manfaatnya

Sudah bukan menjadi rahasia umum jika harga sewa properti yang bakal dijadikan sebagai kantor atau tempat kerja sangatlah mahal. Hal ini mendorong perusahaan, terutama startup, untuk mampu memutar otak guna mendapatkan tempat kerja yang lebih hemat biaya, namun tetap bisa memberikan fasilitas yang dibutuhkan.

Terlebih pertumbuhan dan perkembangan entrepreneur di dalam negeri tengah pesat-pesatnya. Secara otomatis, demand atau permintaan atas properti untuk dijadikan sebagai kantor atau tempat kerja menjadi semakin tinggi. Bahkan, di kota-kota besar, harga sewa properti setiap bulan untuk kebutuhan kantor telah mencapai angka ratusan ribu per meter kubiknya. 

Jika tak dicarikan alternatifnya yang lebih terjangkau, perkembangan perusahaan, terutama perusahaan baru atau startup, tentu akan terhambat. Alasan inilah yang mungkin menjadi latar belakang munculnya co-working space atau bisa juga disebut sebagai ruang kerja bersama dan menjadi tren di kalangan perusahaan muda. 

Lalu, apa itu coworking space? Juga, apa saja keuntungan penggunaan tempat kerja bersama ini bagi perusahaan dan juga para karyawannya? Semua pertanyaan tersebut bisa kamu dapatkan jawabannya pada penjelasan berikut ini. 

Baca Juga: Butuh Alamat Kantor buat Bisnis, Ada Virtual Office. Apa itu?

Apa Itu Coworking Space?

loader

Salah satu contoh coworking space

Coworking space adalah suatu tempat di mana sejumlah individu dengan latar belakang profesi, pekerjaan, maupun bisnis dapat bekerja di tempat yang sama. Istilah coworking space sendiri datang dari kata ‘co-working’ yang berarti kolaborasi atau kerjasama. 

Dengan mengusung konsep transparency dan open space, co-working space mampu menjadi media bagi setiap individu di dalamnya untuk bisa lebih aktif dalam berinteraksi. Suatu co-working space juga umumnya memiliki suasana dan fasilitas yang mampu meningkatkan produktivitas serta semangat kerja. 

Bagi kamu yang belum tahu, hampir semua unicorn startup umumnya pernah menjadi pengguna tempat kerja bersama ini. Alasannya tak lain karena perusahaan muda tersebut membutuhkan lokasi yang tepat dan pas guna memudahkan koordinasi antar tim yang umumnya masih memiliki anggota sedikit. 

Meski begitu, co-working space ini tidak hanya dibutuhkan oleh para founder startup saja. Akan tetapi, bagi kamu yang merupakan seorang pebisnis digital atau freelancer, co-working space juga bisa menjadi opsi yang tepat sebagai tempat kerja di luar rumah. Namun juga tidak terasa seperti kantor karena mampu memberikan kesan fresh. 

Asal Muasal Munculnya Coworking Space

Memahami tentang apa itu coworking space mungkin akan terasa kurang lengkap tanpa mengetahui asal muasal serta perkembangannya. Menurut sejarah, coworking space pertama kali ada di Austria, tepatnya di Wina dengan nama Schraubenfabrik yang didirikan di tahun 2002 oleh Michael Poll dan Stefan Leitner-Sidl.

Untuk di Indonesia sendiri, menurut berbagai sumber, coworking space pertama berada di Bandung pada tahun 2010an. Setelah itu, barulah konsep ruang sharing ini kian menjamur dan menyebar di sejumlah kota besar lainnya di Indonesia serta masih kerap dijadikan sebagai spot kerja favorit bagi berbagai macam perusahaan. Khususnya startup, ataupun individu

Alasan Coworking Space Dapat Membuka Peluang Kolaborasi dan Kerjasama

Sesuai pengertian dan definisinya di atas, co-working space dikenal memiliki konsep transparan dan open space dan mampu menciptakan interaksi di antara para individu yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, tempat kerja bersama seperti ini juga mampu membuka peluang terciptanya suatu networking atau hubungan yang dapat berubah menjadi suatu bentuk partnership atau kerjasama ke depannya. 

Bukan hanya koneksi antara sesama founder atau pendiri perusahaan saja, co-working space juga mampu memberikan kesempatan networking kepada pihak venture capital. Tentunya, terdapat banyak hal lain yang mungkin didapatkan oleh pendiri sebuah perusahaan startup atau pekerja individu saat melakukan aktivitas pekerjaan di co-working space ketimbang di gedung atau perkantoran biasa. 

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Apa Itu Remote Working dan Jenis-Jenis Profesinya

Sederet Keuntungan Pemakaian Coworking Space bagi Perusahaan dan Karyawan

Seperti yang sudah dibahas sedikit sebelumnya, salah satu alasan mengapa tak sedikit perusahaan baru yang melakukan aktivitas kerjanya di coworking space adalah karena mahalnya biaya sewa gedung kantor. Bagi kamu yang belum tahu, harga sewa perkantoran di kota besar, apalagi di wilayah elit nan strategis, bisa mencapai angka ratusan ribu Rupiah per meter kubik setiap bulannya. Bagi perusahaan baru, apalagi yang masih berada dalam tahap pengembangan, nominal tersebut tentu saja mampu mencederai arus keuangan. 

Nah, karena alasan itulah mengapa tak sedikit pemilik perusahaan startup yang lebih suka menjadikan coworking space sebagai tempat kerja para karyawannya. Di sisi lain, ada sederet keuntungan lainnya yang mungkin didapatkan oleh perusahaan maupun karyawan saat menggunakan co-working space sebagai tempat kerja, di antaranya adalah:

  • Menurunkan Pengeluaran untuk Keperluan Operasional

    Dengan menyewa kantor sendiri, perusahaan perlu mengeluarkan sejumlah biaya yang mampu memangkas pemasukan dengan sangat signifikan. Beberapa pengeluaran yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan saat memutuskan untuk menyewa gedung kantor sendiri adalah sewa properti, tagihan listrik dan air, internet, dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Bagi perusahaan yang masih baru dan dalam tahap berkembang, hal ini tentu saja mampu menghambat pertumbuhannya. Untuk itu, agar arus keuangan dapat berjalan dengan lebih efektif dan optimal, hampir semua perusahaan baru atau startup lebih memilih untuk menyewa co-working space ketimbang gedung kantor sendiri sebagai tempat kerja para karyawannya.

  • Meningkatkan Motivasi Sosial

    Co-working space tidak hanya dibutuhkan oleh pemilik perusahaan guna menyediakan tempat kerja bagi para pegawainya. Bagi kamu yang berprofesi sebagai freelancer atau pekerja tunggal, tempat kerja bersama ini juga bisa menjadi alternatif saat merasa jenuh selalu bekerja dari rumah atau kafe. 

    Terutama jika kamu merasa lebih produktif saat bekerja di antara banyak orang sembari melihat berbagai aktivitas yang dilakukannya, co-working space ini cocok dipilih untuk menuntaskan tanggung jawab pekerjaan dengan lebih optimal. Selain itu, karena berada di tempat yang umum dikunjungi oleh para pekerja dengan berbagai latar belakang keahlian dan kesuksesan, bukan tak mungkin kamu akan menjadi lebih termotivasi dan terinspirasi saat bekerja.

  • Mendukung Terciptanya Proses Kolaborasi 

    Tidak hanya mampu melihat bagaimana orang lain bekerja sesuai dengan profesinya masing-masing, co-working space juga membuka kesempatan bagi kamu untuk terhubung dan membangun koneksi serta kolaborasi dengan pekerja ataupun pemilik bisnis kecil lainnya. Kamu bisa menjadikan mereka sebagai teman berdiskusi ataupun bertukar pikiran dan mendapatkan pengetahuan baru. 

    Sejumlah tempat kerja bersama bahkan mengusung tema tertentu secara spesifik. Sebagai contoh, teknologi atau bisnis internasional. Hal ini memungkinkan kamu untuk membangun hubungan dengan rekan sesama industri.

    Selain itu, tak jarang co-working space juga menawarkan paket penyewaan tempat kerja bersama yang tengah memberikan workshop atau pelatihan. Jadi, kamu pun bisa menjadi lebih mudah untuk bertemu dengan orang-orang yang satu frekuensi dalam hal profesi, maupun potensi untuk mendapatkan mentor kerja sekaligus menimba ilmu baru.

Ciptakan Tempat Kerja Kondusif Berbiaya Minim dengan Co-Working Space

Biaya sewa gedung atau kantor bagi perusahaan kecil tentu saja mampu memberikan beban amat besar terhadap kondisi keuangannya. Padahal, tempat kerja yang mumpuni amat penting dibutuhkan karyawan agar mampu bekerja dengan lebih maksimal dan produktif. Nah, dengan biaya sewa yang jauh lebih terjangkau dan kondisi ruang yang tak perlu diragukan lagi, co-working space umum dijadikan sebagai pilihan tempat kerja bagi perusahaan startup ataupun para pekerja lepas untuk merasakan suasana kerja yang baru. 

Baca Juga: Co–Living Cara Baru untuk Meningkatkan dari Karir Hingga Bisnis