Jadi Artis Populer di Indonesia, Iqbaal Ramadhan Tetap Prioritaskan Pendidikan

Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan kini dikenal luas sebagai pemeran Dilan dalam film Dilan 1990 dan Dilan 1991. Kepiawaiannya dalam berakting menjadikan pria kelahiran Surabaya, 28 Desember 1999 ini karirnya moncer sebagai aktor.

Meski sekarang ini Iqbaal telah menjadi artis muda yang sukses dan populer di Indonesia, ia tak lupa dengan pendidikannya. Berikut kisah perjalanan sukses Iqbaal yang menginspirasi yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Bakat Seni yang Diasah Sejak Dini

View this post on Instagram

A post shared by iqbaal ramadhan (@iqbaal.e) on

Aktif terjun sebagai entertainer sejak tahun 2010, Iqbaal memasuki dunia hiburan di usia belia. Putra dari pasangan Herry Hernawan dan Rike Dhamayanti ini memang sudah punya bakat seni yang kuat. 

Ini terbukti dari kebolehannya baik dalam seni peran maupun seni musik. Di tahun 2010-2011, ia bermain dalam film musikal terkenal bertajuk Laskar Pelangi.

Mendulang sukses, Iqbaal kembali dipercaya untuk bermain dalam film layar lebar 5 Elang di tahun 2011. Iqbaal yang dalam film itu memerankan tokoh Rusdi Badruddin tersebut kemudian sempat merilis single dengan judul Terima Kasih.

Bermusik dengan Coboy Junior dan Band Lainnya

View this post on Instagram

A post shared by iqbaal ramadhan (@iqbaal.e) on

Pada tanggal 23 Juli 2011, dibentuklah boyband cilik Coboy Junior yang belakangan berganti nama menjadi CJR di tahun 2014. Iqbaal menjadi salah satu personelnya. Namun setelah sukses besar dan menelurkan berbagai karya yang kreatif dan menghibur, CJR bubar di tahun 2017.

Masih ingin mengeksplorasi musik, Iqbaal membentuk band The Second Breaktime dengan teman-teman sekolahnya. Dalam band ini, Iqbaal memegang vokal sekaligus jadi gitarisnya. Kemudian, Iqbaal yang menjadi bintang iklan Ruang Guru, Indomie, Realme, Joyday Ice Cream dan Caffino ini juga menjadi bassis dari band lainnya. Di tahun 2017, ia membentuk Svmmerdose.

Baca Juga: 10 Tahun di Industri Entertainment, Begini Kisah Jatuh Bangun Bastian Steel Menapaki Karir

Sukses Bermain Film

View this post on Instagram

A post shared by iqbaal ramadhan (@iqbaal.e) on

Di tahun 2011, ia membintangi 5 Elang. Iqbaal juga melakoni Coboy Junior The Movie di tahun 2013. Iqbaal juga bermain dalam film CJR The Movie: Lawan Rasa Takutmu (2015).

Sedangkan di tahun 2016, Iqbaal bermain dalam Ada Cinta Di SMA. Tahun 2018, ia melakoni film Dilan 1990 dengan perannya sebagai Dilan dan berhasil mendulang sukses besar.

Selanjutnya ia membintangi film Teman Tapi Menikah dan Dilan 1991 di tahun 2019. Terbaru, Iqbaal juga berperan sebagai Minke dalam Bumi Manusia besutan Falcon Pictures.

Selain bermain film, ia juga mengasah aktingnya lewat sinetron. Ia pernah bermain dalam Coboy Junior: Hanya Kamu dan Coboy Junior: Hanya Kamu #Eeeaa 2 yang tayang di RCTI. Ia juga melakoni Marah dan Galak yang tayang di SCTV.

Iqbaal pun kerap tampil dalam sejumlah acara TV seperti Coboy Junior (ANTV), Let's Play With Nyam Nyam (MNCTV), Kisah Hebat CJR (Trans TV), serta Ruang Guru (Indosiar, SCTV, RCTI, NET TV, TRANS TV, dan RTV).

Kiprah di Industri Musik

View this post on Instagram

A post shared by iqbaal ramadhan (@iqbaal.e) on

Iqbaal bersama CJR telah menelurkan album CJR (2013), Lebih Baik (2015), Songs For SoniQ I (2013) E.P, Songs For SoniQ II (2014) E.P, Songs For SoniQ III (2015) E.P dan EP The Second Breaktime (2016).

Adapun, sejumlah single telah dirilisnya, seperti Terima Kasih (2011) dan Jendral Kancil (Coboy Junior) di tahun 2012. Di tahun 2014, ia meluncurkan Ngaca Dulu Deh (Coboy Junior), Life is Bubble Gum (CJR), Juara Dunia (CJR) dan Goyang Joget (CJR) ft. Indra Bekti bersama CJR.

Memasuki tahun 2015, Iqbaal kembali mengeluarkan Warnai Pelangi ft. SFS Family. Menyusul di tahun 2016, ia merilis Jika Bisa Memilih (CJR) dan Sampaikan Sayangku Untuk Dia ft. Caitlin Halderman (2016).

Sedangkan mulai di tahun 2017, ada Independent (Svmmerdose) yang dikeluarkan. Tahun 2018, ada Rindu Sendiri, Got It All (Svmmerdose) dan Hello You. Sementara it, di tahun 2019, ada Crush (Svmmerdose) dan Break My Walls (Svmmerdose) yang rilis di pasaran.

Kantongi Penghargaan Bergengsi

View this post on Instagram

A post shared by iqbaal ramadhan (@iqbaal.e) on

Iqbaal sudah mengantongi berbagai nominasi dan penghargaan bergengsi. Di tahun 2013, ia namanya masuk dalam nominasi Bintang Cilik Terfavorit dari Panasonic Gobel Awards 2013.

Ia juga memenangkan Male Celeb Instagram 2K16 dan Male Celeb Snapchat 2K16 dari Indonesian Social Media Awards 2K16.

Kemudian di tahun 2018, Iqbaal kembali masuk dalam nominasi Pemeran Pasangan Terbaik bersama Vanesha Prescilla dari Indonesian Movie Actors Awards. Mereka memenangkan Pemeran Pasangan Terfavorit dari ajang tersebut.

Iqbaal juga meraih Artis Terpopuler Versi ITA dari Indonesian Television Awards. Ia juga mengantongi Variety Asian Star: Up Next dari International Film Festival and Awards Macau (IFFAM) 2018.

Namanya juga kembali masuk dalam nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Festival Film Indonesia. Ia berhasil memenangkan Variety Asian Star: Up Next day International Film Festival and Awards Macau (IFFAM). Dan Iqbaal lagi-lagi menjadi nominator Aktor Utama Terpilih dari Piala Maya.

Salah Satu Aktor dengan Bayaran Termahal

View this post on Instagram

A post shared by iqbaal ramadhan (@iqbaal.e) on

Iqbaal yang namanya kian meroket setelah memerankan Dilan ini sudah sukses di usia belia. 

Bahkan, namanya kini disebut sebagai salah satu aktor muda dengan bayaran paling mahal. Walau sudah menjadi artis papan atas, Iqbaal tetap tampil sederhana dan membumi di kesehariannya. Alih-alih tampil glamour serba mahal, Iqbaal kerap muncul dengan outfit sopan yang rapi dan casual.

Pendidikan Jadi Prioritas

View this post on Instagram

A post shared by iqbaal ramadhan (@iqbaal.e) on

Film Dilan 1990 yang sukses telah meraup 5 juta lebih penonton. Tentunya pundi-pundi uang yang mengalir ke kantong Iqbaal tak bisa dibilang sedikit. Meski begitu, ia tetap tidak mengesampingkan pendidikannya demi karir.

Pandai manajemen waktu dan menjaga kesehatan, Iqbaal mencoba menyelaraskan karirnya yang sedang menanjak tanpa harus mengorbankan bangku kuliahnya.

Di tengah perjalanan karirnya yang memuncak, ia tetap memprioritaskan pendidikan. Setelah lulus dari Armand Hammer United World College, New Mexico, Amerika Serikat (2016-2018), ia kini masih lanjut menimba ilmu di Monash University, Australia.

Baca Juga: Alasan Kenapa Kamu Harus Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri

Disukai karena Pandai Membawa Diri

View this post on Instagram

A post shared by iqbaal ramadhan (@iqbaal.e) on

Dengan pribadinya yang humble dan prestasi segudang, tak heran jika Iqbaal makin disorot netizen dan media. Sosok Dilan yang diperankannya mampu mencuri hati khalayak banyak hingga film-filmnya laris manis di pasaran.

Tak hanya modal tampang, Iqbaal terbukti berbakat dan berprestasi, baik dalam seni peran atau musik. Bidang akademis pun terus dikejarnya dengan tekun sebagai modal pengetahuannya.

Selain itu, sudah bukan rahasia lagi jika kemampuan public speaking Iqbaal juga mumpuni. Tata bahasa yang tertata baik dalam penyampaiannya di berbagai wawancara membuat Iqbaal tambah bersinar dan mengesankan penggemar.

Dengan penuturan yang bijak dan lugas, pemirsa seolah terpikat dengan pesona Iqbaal yang juga pandai membawa diri. Tak heran jika ia menjadi salah satu teladan anak muda yang smart dan berbakat.

Kenali Bakat dan Keahlian, Lalu Tingkatkan Produktivitas

Buat Kamu yang sedang giat mengejar kesuksesan, yuk ikuti langkah Iqbaal. ketahui dulu minat bakat dan keahlian yang terpendam dalam diri. Setelah mengetahuinya, terus tingkatkan produktivitas kamu untuk menciptakan karya. Misalnya saja, kamu memiliki minat dagang, tak ada salahnya buka usaha kecil-kecilan. Tetap fokus dan manfaatkan masa mudamu dengan proaktif. Berkaryalah dan cetak prestasi sebanyak mungkin. Siapa tahu benih-benih yang kamu tanam akan bertumbuh di kemudian hari. Selain itu, jangan lupakan pendidikan akademismu karena pengetahuan merupakan bekal dan modal untuk masa depan yang lebih baik.

Baca Juga: Jangan Terlewatkan! Daftar Film Terbaru yang Akan Tayang Sepanjang Tahun 2020