Jadi Simbol Pernikahan, Ini Tips Memilih Cincin Nikah Sesuai Bujet

Merencanakan pernikahan memang tidak mudah, mengingat pernikahan adalah acara sakral yang diadakan sekali dalam seumur hidup bagi setiap pasangan. Banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang. Bukan hanya baju pengantin, make up dan katering saja, tapi menyiapkan simbol pernikahan, yaitu cicin nikah.

Setiap pasangan pengantin berharap, cincin nikah tersebut bisa dipakai seumur hidup dan bisa menjaga keutuhuan dan kesejahteraan dalam bahtera rumah tangga. Apapun tujuannya, cincin nikah menjadi item yang penting dalam suatu pernikahan.

Dalam pemilihan cincin nikah pun tidak bisa sembarangan. Pastinya setiap pasangan calon pengantin ingin memiliki cincin nikah yang tepat dan nyaman untuk bisa dipakai dalam waktu yang cukup lama. Akan tetapi, hingga saat ini masih banyak juga calon pengantin yang bingung, cincin nikah seperti apa yang harus dipilih.

Bagi Anda dan pasangan yang saat ini masih bingung, berikut Cermati.com telah menyiapkan beberapa tips sederhana yang bisa dipraktikan langsung dalam memilih cincin nikah yang tepat. Simak ulasannya berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tentukan Anggaran Cincin Nikah

bujet cincin nikah
Tentukan anggaran cincin nikah

Jangan memaksakan diri untuk membeli cincin nikah yang mewah, sebab ini akan menyulitkan Anda. Sebaiknya tentukan anggaran cincin nikah. Misal, Rp3 juta per cincin atau Rp5 juta sudah sepasang. Dengang mengetahui anggaran yang disiapkan untuk cincin nikah, maka akan memudahkan Anda dan pasangan dalam memilih jenis dan material cincin yang akan dipilih.

2. Ketahui Material Dasar Cincin dan Harga Kisaran

Pilihlah bahan dasar cincin sesuai keinginan dan tentunya tidak melebihi anggaran yang telah disiapkan sebelumnya. Pada umumnya, calon pengantin memilih cincin nikah dengan bahan dasar emas kuning atau putih. Padalah, cincin nikah memiliki bahan dasar logam lain yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Mengutip dari situs Logam Mulia Jewelry, berikut beberapa cincin nikah dengan beragam bahan dasar logam lain serta kisaran harga yang perlu diketahui:

  • Cincin Emas Kuning

Emas kuning adalah pilihan tradisional untuk cincin pernikahan. Kualitasnya yang tahan terhadap perubahan kimia sehingga tidak merusak membuatnya ideal untuk bahan dasar cincin pernikahan. Biasanya untuk cincin nikah berbahan dasar emas kuning harus mengandung emas 23-24 karat dengan kadar 70% atau lebih.

Kisaran harga emas kuning:

- Rp750 ribu per gram (emas 23 karat, kadar 70%)

- Rp970 ribu per gram (emas 24 karat, kadar 96%)

  • Cincin Emas Putih

Cincin emas putih merupakan logam mulia yang paling banyak dipilih saat ini. Cincin emas putih biasanya dilapisi dengan rhodium sehingga awet dan kuat.

Kisaran harga cincin emas putih:

- Rp361 ribu per gram (kadar 50%)

- Rp628 ribu per gram (kadar 75%)

  • Cincin Perak

Cincin perak telah menjadi popular untuk cincin pernikahan, khususnya untuk kalangan pria muslim. Biasanya, cincin perak yang bagus S925 karena dilapisi dengan rhodium sehingga lebih kuat terhadap noda dan goresan. Namun, tak bisa dipungkiri bahan perak ini mudah berubah warna menjadi kusam.

Kisaran harga cincin perak:

- Rp250 ribu – Rp400 ribu per cincin

  • Cincin Palladium

Palladium adalah pilihan untuk Anda yang ingin cincin pengantin yang terbuat dari logam mulia yang berkilau dan berwarna putih keperakan dan memiliki sifat yang tahan lama dan tak mudah berubah warna.

Setiap toko perhiasan, memiliki harga palladium yang beragam. Untuk gambarannya, berikut kisaran harga cincin palladium:

- Kadar 10%: Rp2,9 juta (sudah termasuk ongkos pembuatan cincin)

  • Cincin Platinum

Cincin platina yang baik adalah 95% murni, yang berarti berat dan kuat. Saat ini, cincin berbahan dasar platinum menjadi favorit untuk digunakan dalam perhiasan karena tahan keausan dan korosi, serta tidak terlalu menyebabkan alergi.

Kisaran harga cincin platinum:

- Rp280 ribu – Rp400 ribu (tergantung dalam jumlah persen bahan platinum)

  • Cincin Titanium

Cincin titanium lebih kontemporer dan bukan logam mulia. Titanium salah satu logam yang paling sulit dan dibedakan dengan warna lebih gelap dan lebih ringan.

Kisaran harga cincin titanium:

- Mulai dari Rp120 ribu per cincin

  • Cincin Emas Rose

Emas Rose digunakan dalam cincin berwarna untuk mengimbangi emas putih atau kuning yang lebih tradisional. Emas rose terbuat dari paduan indah emas dan tembaga. Secara teknis, emas rose berbeda dengan emas lainnya karena mengandung proporsi tembaga yang berbeda.

Kisaran harga cincin emas rose gold:

- Rp964 ribu per gram (kadar 75%)

  • Cincin Zirconium Hitam

Zirkonium sangat mirip dengan titanium dalam kekuatan dan beratnya. Zirkonium hitam popular di industri perhiasan saat ini. Anda tidak perlu meragukan kekuatan zirconium hitam, ia sangat resisten terhadap korosi dan goresan.

Kisaran harga cincin zirconium hitam:

- Mulai dari ratusan ribu hingga Rp3 jutan per cincin

Baca Juga: Cara Daftar Nikah Online dan Prosedur Ijab Kabul di KUA saat Darurat Corona

3. Pilih Model Cincin Nikah Sesuai Keinginan

model cincin
Pilih model cincin nikah sesuai keinginan

Model cincin nikah juga sangat perlu diperhatikan, mengingat cincin tersebut akan dipakai sepanjang hari. Saat ini banyak model cincin nikah yang bagus dan menarik. Namun, kembali lagi dengan selera atau karakteristik Anda dan pasangan.

Contoh model cincin nikah, misalnya bulat polos cocok untuk orang atau pasangan yang tidak neko-neko dan ingin terlihat simple. Selain itu ada model cincin solitaire yang biasa dipilih oleh pasangan muda yang ingin terlihat lebih menawan.

Jangan hanya karena model cincin lagi tren, lebih baik pilih model yang sesuai selera. Dengan begitu cincin akan terlihat bagus dan menawan di jari, begitupun sebaliknya.

4. Beli Cincin Nikah di Toko Perhiasan Terpercaya

Sekarang ini, membeli cincin nikah tak perlu bingung karena bisa offline atau online. Toko perhiasan sudah banyak menjual cincin nikah melalui Instagram, e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya atau website yang telah disediakan oleh toko perhiasan tersebut.

Namun, Anda dan pasangan tetap harus waspada karena banyak toko perhiasan yang tidak jujur seperti harga cincin tidak sesuai dengan karat dan kadar emas. Untuk itu beli cincin nikah di toko perhiasan yang memang sudah terpercaya dan memberikan kualitas cincin yang bagus.

Berikut beberapa tempat beli cincin nikah:

  • Toko perhiasan di beberapa pasar tradisional atau mall
  • Cikini Gold Center
  • Adelle Jewellery
  • Frank & Co
  • V&Co Jewellery
  • Dparis, dll

Baca Juga: Tabungan Nikah Terkumpul dalam 1 Tahun, Begini Caranya!

5. Pastikan Ukuran Cincin dan Jari Sesuai

cincin nikah
Pastikan ukuran cincin dan jari sesuai

Jika membeli langsung di toko perhiasan tentunya Anda bisa mencoba langsung cincin nikah yang disediakan. Namun, jika Anda dan pasangan memutuskan untuk membeli cincin nikah secara online, bagaimana cara mengetahui ukuran cincin?

Tak perlu khawatir, setiap toko perhiasan online akan memberikan ukuran cincin yang tersedia sekaligus cara mengukurnya. Jika Anda dan pasangan kurang paham, tak ada salahnya tanyakan langsung untuk mendapatkan bimbingan secara virtual.

6. Bayar Menggunakan Kartu Kredit Biar Dapat Diskon

Sering kali toko perhiasan bekerja sama dengan beberapa penerbit kartu kredit. Adapun bentuk kerja samanya seperti promo potongan harga atau diskon. Ini tentunya menjadi peluang hemat bagi Anda dan pasangan ketika ingin membeli cincin nikah dengan pembayaran kartu kredit.

Jangan sungkan untuk menanyakan mengenaik promo kartu kredit disetiap toko perhiasan yang Anda dan pasangan kunjungi.

Rencanakan Beli Cincin Nikah dengan Matang

Meski cincin dianggap simbol pernikahan, tapi Anda dan pasangan tidak bisa asal membeli cincin nikah. Jika tidak sesuai otomatis cincin nikah tersebut akan tidak terpakai. Ini hanya akan membuat uang terbuang sia-sia. Maka dari itu, sangat penting merencanakan beli cincin nikah dengan matang dari jauh hari.

Baca Juga: Lebih Hemat, Ini 7 Biaya Nikah di Era New Normal