Jadwal Puasa Ramadan 2024 Hari Ini dan Tips Menjalankan Puasa Agar Lebih Berkah

“Marhaban Yaa Ramadhan”

Bulan Ramadan sudah tiba dan kini saatnya umat Islam menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Seperti yang telah diketahui, puasa Ramadan tahun 2024 ini jatuh pada tanggal 11 April 2024 kemarin.

Bulan suci ini berbeda dengan bulan lainnya, bahkan lebih istimewa. Sebab, Allah SWT memberikan berbagai macam kenikmatan yang sangat luar biasa berupa ampunan dosa, rahmat yang berlimpah, pahala yang dilipatgandakan dan sebagainya. Tentunya, seluruh umat Islam menginginkan itu, kan?

Maka, untuk menjalani ibadah puasa secara maksimal, terdapat beberapa hal yang perlu dijalani. Dengan begitu, ibadah pun menjadi lebih berkah. Salah satunya adalah taat mengikuti jadwal puasa Ramadan 2024.

Berikut terdapat berbagai tips menjalankan puasa agar menjadi lebih berkah.

Tips Menjalan Puasa Agar Lebih Berkah

Mengikuti Jadwal Puasa 2024

Waktu Subuh dan Maghrib menjadi sangat krusial ketika memasuki bulan Ramadan. Sebab, kedua waktu tersebutlah yang menjadi batasan dimulai dan berakhirnya puasa. Maka, sangat penting untuk mengetahui kedua waktu tersebut agar tidak melampaui batasannya.

Agar tidak terlewat waktunya, kamu bisa melihat jadwal puasa 2024 berikut ini.

loader

loader

Melakukan Salat di Awal Waktu

Tidak hanya waktu Subuh dan Maghrib, jadwal puasa 2024 di atas juga memberi tahu informasi terkait waktu salat lainnya. Jika sudah mengetahui kapan masuknya waktu salat, sebaiknya kamu melakukan salah di awal waktu.

Menjalankan salat di awal waktu memang sudah memberikan manfaat jika dilakukan di hari biasa. Namun, jika dilakukan pada bulan suci Ramadan, manfaat yang didapatkan akan berlipat ganda.

Berikut merupakan manfaat salat di awal waktu.

  • Dicintai Allah SWT
  • Mendapatkan balasan surga
  • Dosanya diampuni Allah SWT
  • Mendapatkan pahala yang amat besar
  • Memperoleh Sembilan Kemuliaan, yaitu diberi kesehatan, dijaga oleh malaikat, rumahnya diberkahi, menjadi muslim yang saleh, hatinya dilunakkan, dipermudah menyebrangi jembatan Shiratal Mustaqim, diselamatkan dari api neraka, dan mendapatkan tempat di surga.

Tidak hanya manfaat untuk akhirat, melakukan salah di awal waktu juga bermanfaat untuk di dunia, seperti tidak terlewat melakukan salat wajib, pikiran menjadi lebih tenang, dan waktu beraktivitas terasa lebih lama.

Perbanyak Ibadah dan Kurangi Media Sosial

Sangat disayangkan jika kamu hanya menjalan ibadah puasa dan tidak melakukan ibadah lainnya. Sebab, keberkahan yang diperoleh seorang Muslim di bulan suci ini sangat berlimpah.

Maka, kamu bisa melakukan ibadah lainnya, seperti membaca Al-Quran, bersedekah, berzikir, dan ibadah lainnya. Kamu juga bisa menambah ilmu agamamu dan mempraktekkannya langsung di bulan Ramadan ini.

Mengkhatamkan Al-Quran

Sebagaimana yang telah diketahui, bulan Ramadan merupakan bulan turunnya Al-Quran, tepatnya pada 17 Ramadan atau Nuzulul Quran.

Sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk membaca Al-Quran dan jika memungkinkan bacalah 1 Juz setiap harinya agar selama satu bulan kamu telah mengkhatamkan Al-Quran. Berikut keutamaan baca Al-Quran.

Dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda,"Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipatgandakan menjadi sepuluh kalinya." 

Dengan membaca kitab suci, puasa yang dijalani akan makin berkah. Pasalnya, membaca kitab suci di bulan Ramadan juga dapat menyempurnakan puasa.

Tetap Beraktivitas

Membuat puasa menjadi berkah bukan berarti tidak melakukan aktivitas apa-apa. Selain menambah porsi ibadah, kegiatan sehari-hari pun perlu tetap dijalankan. Jangan sampai puasa menjadi alasan untuk kamu melalaikan kewajibanmu, ya!

Bahkan, saat puasa kamu sangat dianjurkan untuk tetap melakukan olahraga ringan untuk menjaga staminamu. Lakukanlah olahraga, seperti yoga, jalan, pilates, peragangan, dan olahraga ringan lainnya.

Menjaga Makanan dan Minuman yang Masuk ke dalam Tubuh

Menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga menjadi sangat penting untuk menjaga puasamu. Sebab, jika kamu lemas pada saat puasa kemungkinan untuk membatalkan puasa di tengah hari akan menjadi lebih besar.

Perhatikanlah apa yang dikonsumsi pada saat sahur dan buka. Tidak hanya itu, porsi yang dikonsumsi juga harus dijaga, terutama pada saat buka agar perut dapat beradaptasi dengan kondisi puasa.

Jangan lupa pula untuk menjaga cairan yang masuk dalam tubuh. Sangat disarankan untuk perbanyak meminum air putih dan mengurangi minuman yang manis. Sebab, hal tersebut akan membuatmu cepat haus.

Menahan Diri dari Nafsu, Ghibah, dan Mengumpat Saat Puasa

Berpuasa mengajarkan manusia untuk bisa lebih menahan dirinya terhadap hal-hal yang menggodanya. Seperti yang diketahui, puasa mengajarkan untuk menahan lapar dan haus. Tetapi, terdapat hal lain yang juga diajarkan dengan puasa.

Misalnya, menahan diri dari hawa nafsu (syahwat), ghibah atau bergosip, dan juga mengumpat atau bersikap emosional. Jika kamu melakukan puasa dengan sungguh-sungguh, dapat dipastikan bahwa kamu mendapatkan ketenangan hati. Dengan begitu, kamu akan lebih tenang dapat mengendalikan nafsu serta emosi ketika ada suatu hal yang menggoda.

Berniatlah dari Lahir dan Batin

Tips terakhir adalah mengucapkan niat dengan sungguh-sungguh. Sebab, jika kamu tidak berniat dengan sungguh-sungguh akan sangat disayangkan pahala puasamu. Tentunya, kamu tidak ingin puasa hanya mendapatkan lapar dan haus, kan?

Dengan berniat, kamu bisa mendapatkan kelancaran beribadah dan bisa merasakan kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT. Artinya, kamu akan selalu menjaga hati, pandangan atau perilaku buruk sekalipun.

Berikut merupakan niat puasa ramadan yang perlu dilafazkan pada sebelum berpuasa.

"Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa."

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di Bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'aala.

Jadikan Jadwal Puasa 2024 sebagai Patokan dan Tetap Ikuti Azan

Itulah ulasan mengenai tips menjalankan puasa agar makin berkah. Jangan lupa untuk mengikuti jadwal puasa Ramadan 2024 agar tidak terlewatkan waktu subuh dan magrib. Namun, jadwal puasa ini hanyalah patokan, bisa jadi terdapat ketidaktepatan waktu. Maka, tetap dengarkanlah azan yang dikumandangkan di masjid, musala, atau media massa, seperti radio dan televisi.