Jualan Laris Manis, Pakai 5 Tips Sukses Promosi Lewat Instagram Ini!

Sejak diperkenalkan secara luas pada tahun 2012 silam, Instagram memang langsung disukai banyak orang dan menuai sukses besar. Media sosial yang satu ini memiliki jutaan pengguna dari berbagai belahan dunia. 

Hal ini jugalah yang membuat Instagram menjadi salah satu media promosi yang efektif. Banyak pengguna yang bisa melihat iklan, sehingga kamu akan memiliki kesempatan luas untuk sukses dalam pemasaran bisnis yang dilakukan.

Namun, promosi yang dilakukan di Instagram tentu tidak bisa sembarangan. Kamu harus melakukannya dengan cara yang tepat, agar tujuan promosi bisa tercapai dengan maksimal. 

Selain caranya, pemilihan segmen pengguna yang tepat juga menjadi poin yang tak kalah pentingnya. Jangan sampai iklan tidak memberikan dampak positif pada penjualan, hanya karena kamu tidak menggunakan cara tepat untuk beriklan melalui Instagram tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips penting, yang bisa diterapkan untuk meraih kesuksesan promosi lewat Instagram:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Pahami Segmen Pasar 

loader
Pahami segmen pasar

Apa yang dijual dan kepada siapa akan menjual produk tersebut? Kedua pertanyaan ini selalu menjadi poin penting saat akan melakukan promosi, termasuk ketika kamu akan menggunakan Instagram. 

Meski kebanyakan pengguna Instagram adalah wanita, namun tidak tertutup kemungkinan juga bisa mempromosikan berbagai produk untuk pria. Promosi ini akan memiliki peluang sukses yang sama besarnya, jika kamu sudah memahami segmen konsumen yang tepat.

Pastikan mempelajari segmen pasar dengan baik terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan kamu menyesuaikan konten iklan yang akan digunakan di Instagram. Pakailah kata-kata yang tepat dan sesuai dengan segmen pasar yang dituju. 

Selain itu, gunakan gambar atau visual menarik yang sudah berkualitas baik, agar orang lebih mudah tertarik dan memahami tujuan promosi dengan tepat.

Baca Juga: Pebisnis Pemula Wajib Tahu, Ini 8 Tips Promosi Dapat Penjualan Online Pertama

2. Gunakan Jasa Endorsement

Jika memiliki budget yang cukup besar untuk kebutuhan promosi ini, maka endorsement ini bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menggunakan jasa selebgram atau artis untuk memasarkan produk tersebut. Hal ini akan memungkinkan kamu mendapatkan lebih banyak viewers dari para pengikut artis yang digunakan jasanya.

Namun untuk menggunakan layanan endorsement ini, kamu akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk sekali posting saja, kemungkinan kamu harus mengeluarkan budget sekitar Rp 3-7 jutaan, tergantung kesepakatan dengan artis atau selebgram yang bersangkutan.

3. Paid Promote (PP)

Paid Promote atau PP merupakan pilihan promosi Instagram yang bisa dijadikan pertimbangan. Hampir mirip dengan endorsement, PP juga akan menggunakan jasa selebgram atau akun publik lainnya yang memiliki jumlah followers cukup banyak.

Awalnya PP ini biasa dilakukan pada akun Instagram yang sudah punya lebih dari 10.000 followers. Namun belakangan, akun Instagram yang hanya memiliki ribuan follower juga banyak yang menyediakan layanan promosi ini.

Para pemilik akun akan menjual jasa mereka dengan cara memposting sebuah gambar iklan dengan menggunakan caption toko online atau bisnis tersebut. Promosi ini tentu harus dilakukan dengan mempertimbangkan selebgram atau artis yang digunakan, agar segmen pasar kamu memang benar-benar tepat sasaran. Pastikan juga menggunakan gambar yang berkualitas.

Baca Juga: Tips Jualan Online di TikTok Biar Bisnis Viral dan Banjir Orderan

4. Hashtag

loader
Menggunakan Hastag

Penggunaan hashtag dalam Instagram juga bisa menjadi salah satu media promosi bagi bisnis. Cara ini bahkan terbilang sangat mudah dan tentu saja gratis, sehingga tidak membebani keuangan. 

Cukup buat gambar berkualitas untuk mempromosikan produk kamu, lalu cantumkan hashtag yang tepat untuk gambar tersebut. Misalnya: #sepatukulit #celanamurah dan yang lainnya. 

Akan tetapi, untuk promosi yang satu ini kamu harus konsisten dan memiliki jadwal posting tetap, minimal 3 kali dalam sehari. Hal ini akan menghindarkan anggapan bahwa postingan kamu adalah spam.

5. Giveaway

Giveaway menjadi cara promosi terakhir yang bisa dilakukan melalui Instagram. Istilah yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, apalagi jika kamu pengguna aktif Instagram. Giveaway merupakan cara promosi dengan memberikan “hadiah” bagi para followers di Instagram.

Kamu bisa menjadikan ini sebagai salah satu cara untuk mempertahankan dan membuat pelanggan bisnis tetap loyal. Hal ini akan membuat mereka tetap setia dan tidak berpaling pada saingan kamu. 

Agar lebih mudah diingat, tidak ada salahnya memberikan giveaway ini secara rutin dan berkala kepada pelanggan bisnis.

Promosikan Bisnis dengan Maksimal

Bagi yang membutuhkan promosi bisnis, tidak ada salahnya memanfaatkan Instagram untuk aktifitas yang satu ini. Ada banyak cara yang dapat dijadikan pilihan, beberapa bahkan terbilang sangat mudah dan hemat biaya,. Pastikan kamu memilih cara yang tepat dan menerapkannya dengan maksimal, agar kegiatan promosi bisnis bisa berjalan sesuai harapan. Dengan begitu, produk jualanmu akan laris manis di pasaran.

Baca Juga: 5 Strategi Promosi Bisnis Rumahan di Kala Pandemi