Kelebihan Beli Pulsa Secara Online vs Offline

Selain listrik, air bersih, serta internet, masyarakat masa kini juga menjadikan pulsa sebagai bagian dari kebutuhan yang wajib dipenuhi. 

Pulsa merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dari ponsel. Jadi, jika sedang tidak memiliki pulsa dalam nominal yang cukup atau bahkan kehabisan, seseorang tentu tidak bisa menjalankan fungsi ponselnya dengan maksimal.

Apalagi, ketika tengah berhadapan dengan situasi yang sifatnya darurat, di mana harus segera menghubungi seseorang untuk meminta bantuan. Upaya tersebut bisa menjadi lebih mudah dengan pulsa yang cukup.

Jika tidak, sudah jelas bukan bahwa bantuan tak akan bisa datang dengan lebih cepat? Untuk itu, rutin mengecek sisa pulsa yang dimiliki merupakan sebuah keharusan, agar tak sampai kehabisan terutama di saat-saat urgent.

Di era yang semakin modern ini juga, banyak kegiatan yang jadi lebih mudah berkat kehadiran internet. Sebut saja seperti sistem online untuk berbelanja, berkomunikasi, serta belajar. Nah, ada satu lagi hal online yang kini mulai diminati, yaitu layanan untuk membeli pulsa online.

Dahulu, pembelian pulsa tidak semudah saat ini, karena harus mendatangi counter atau toko yang menjualnya. Kemudian baru membeli voucher fisik sesuai nominal yang dibutuhkan. 

Namun, meski terdengar lebih praktis, bukan berarti pengisian secara online 100% mengungguli versi offline-nya. Lalu, manakah yang lebih baik? Isi pulsa secara online atau offline

Baca Juga: Ketahui Pajak Pulsa, Token Listrik, dan Voucer yang Sesungguhnya Biar Gak Salah Paham

Keuntungan Beli Pulsa Online dan Offline

beli pulsa online vs offline

Waktu Pembelian yang Fleksibel

Kehabisan pulsa saat sudah malam, turun hujan, dan baru ingat kalau harus menghubungi seseorang untuk menyampaikan informasi penting? Apabila membeli pulsa dengan mendatangi toko yang menyediakannya, tentu cukup malas, bukan? Belum lagi, masih ada kemungkinan bahwa toko tersebut telah tutup. 

Ketika sejumlah e-commerce yang menyediakan layanan pengisian pulsa 24 jam, kehabisan pulsa di saat-saat yang tidak menyenangkan sudah bukan masalah lagi. Hanya bermodal gadget dan koneksi internet saja, pulsa sudah bisa didapatkan dengan mudah.

Bisa Komplain atau Tanya-Tanya Secara Langsung

Urusan beli pulsa kadang bisa mengalami hambatan. Misalnya yaitu trouble saat pengisian, sehingga pulsa tidak kunjung masuk, atau bahkan gagal terkirim. Nah, jika pembelian dilakukan di toko offline, pembeli bisa menyampaikan komplainnya secara langsung dan pihak penjual pun umumnya akan langsung melacak titik permasalahannya.

Dengan respon yang cepat, pembeli tentunya bisa mendapatkan penjelasan secara langsung, sehingga tidak ada kesalahpahaman. Kalaupun kesalahan berada pada pihak penjual seperti salah meng-input nomor ponsel atau kesalahan lainnya. Pembeli tidak akan dirugikan karena bisa mengambil kembali uangnya, atau mendapatkan alternatif lain. 

Hemat Biaya dan Waktu 

Berkaitan dengan poin sebelumnya pembelian pulsa online bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Tentunya layanan tersebut berkontribusi besar dalam memberikan kemudahan untuk masyarakat.

Sebab pembelian bisa dilakukan tanpa harus beranjak dari lokasi, tentu pembeli tidak perlu menyisihkan waktu untuk mendatangi counter dan mengeluarkan biaya transport. Dengan demikian, Anda pun bisa semakin menghemat biaya dan waktu. 

Transaksi Lebih Aman

Kesalahpahaman memiliki peluang lebih besar untuk terjadi pada kegiatan transaksi di mana pihak pembeli dan penjual tidak bertatap muka secara langsung. Jika pembelian pulsa dilakukan secara online, bisa saja pembeli sudah melakukan pembayaran tapi pulsa tidak kunjung diterima. 

Buruknya lagi jika layanan chat yang tersedia tidak memberikan respon cepat, atau ternyata toko online tersebut adalah penipu, pembeli tentu dirugikan. 

Lain lagi jika pembelian dilakukan secara offline, di mana pembeli bisa stay di toko sampai pulsa yang dibelinya masuk. Nah, dengan demikian, transaksi pun bisa menjadi lebih aman, sehingga tidak ada kerugian yang menimpa pihak pembeli.

Bisa Pilih Toko Terbaik

Memilih toko offline yang menyediakan pulsa tentu tidak semudah memilih versi online-nya. Pasalnya, untuk menemukan yang menjual dengan harga dan pelayanan terbaik tentu harus dilakukan dengan bertransaksi di berbagai toko terlebih dahulu.

Berbeda dengan toko online, di mana pembeli bisa langsung melihat harga-harga yang ditawarkan dengan mengakses laman atau aplikasinya saja. Jadi, untuk menentukan mana yang paling murah pun bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Kesalahan Pengisian Bisa Diminimalisir

Salah satu masalah yang umum dijumpai saat mengisi ulang pulsa yaitu keliru dalam meng-input nomor ponsel. Kesalahan yang demikian bisa dilakukan baik dari pihak pembeli maupun penjual.

Saat membeli pulsa secara offline, pembeli bisa melihat penjual yang sedang melakukan proses pengisian. Tentu saja, pembeli juga bisa melihat saat penjual meng-input nomor ponsel, dan segera memberitahu apabila nomor yang dimasukkan salah.

Selain itu, pihak penjual umumnya juga melakukan konfirmasi nomor handphone sebelum melanjutkan proses pengisian. Jika demikian, kerugian akibat salah mengisi nomor pun bisa diminimalisir. 

Harga Bisa Lebih Murah

Normalnya, uang yang harus dikeluarkan untuk beli pulsa secara offline sekian rupiah lebih banyak daripada nominalnya. Misalnya, untuk pulsa senilai 5.000 Rupiah, beberapa counter memasang harga 7.000 Rupiah. 

Jika mau berhemat, kini sudah ada beberapa toko online yang menjual pulsa dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga counter. Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan berbagai promo dan penawaran menarik jika membelinya secara online.

 

Jadi, Pilih yang Mana?

Pembelian pulsa secara online maupun offline sama-sama memiliki keunggulan. Tinggal pihak pembelinya saja lebih merasa untung dengan layanan yang mana. Jadi, sudahkah memutuskan akan beli pulsa online atau offline?

Baca Juga: Cara Isi Pulsa Pakai Kartu Kredit