Kelola Bisnis Online Makin Mudah, Manfaatkan 10 Aplikasi Gratis Ini

Jaman sekarang membangun dan mengelola usaha sendiri tidak perlu lagi peralatan yang banyak. Cukup dengan smartphone saja kamu sudah bisa mengurus bisnis baru mu sendiri tanpa harus keluar uang tambahan untuk peralatan tambahan atau menambah orang baru untuk mengurus satu bagian saja.

Apalagi jika kamu masih terbilang baru dalam dunia bisnis, berusaha untuk menghemat bujet sebaik mungkin adalah faktor penting agar bisnis tetap bisa berjalan dalam jangka waktu yang lama.

Dijaman serba canggih seperti saat ini, semua permasalahan bahkan sampai urusan mengurus bisnis bisa diselesaikan dengan teknologi saat ini dan lebih enaknya lagi, gratis. Bagaimana caranya?

Sekarang, kamu bisa mendownload berbagai aplikasi online gratis yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola bisnis kamu mulai dari urusan keuangan, promosi bahkan sampai urusan menjaga kepuasan pelanggan. Berikut dereta aplikasi online gratis yang bisa didownload untuk Kelola bisnis baru mu:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Jubelio

Untuk kamu yang punya toko online tersebar di beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Shopee atau Bukalapak. Kamu bisa mendownload aplikasi ini memantau status dan mengintegrasi toko-toko online kamu.

Aktivitas integrasi toko online ini dinamakan sebagai omichannel. Nah dengan mendownload Jubelio yang memang merupakan aplikasi omnichannel, kamu jadi tidak perlu repot-repot masuk satu-satu ke halaman e-commerce kamu untuk melakukan penjualan atau manajemen toko-toko kamu.

Cukup dengan satu situs kamu bisa mendata barang, memasukkan deskripsi dan harga barang, serta memproses pesanan masuk.

Kelebihan lainnya yang ada pada Jubelio adalah fitur POS (Point of Sale) atau layanan kasir modern yang bisa membantu proses penjualan offline jadi lebih mudah. Dengan begini pembukuan untuk pemasukan toko jadi lebih rapih.

2. Genie

Masih seputar aplikasi omnichannel. Selain Jubelio, Genie juga merupakan aplikasi serupa tapi dengan kelebihan tambahan yang bisa sangat kamu butuhkan, terutama jika kamu memiliki toko online di beberapa e-commerce sekaligus.

Salah satu fitur yang ditawarkan Genie selain manajemen barang, adalah fitur Manajemen Pelanggan. Buat kamu yang mau menganalisa riwayat transaksi pelanggan setia toko kamu, mungkin kamu bisa mencoba Genie sebagai solusi omnichannel kamu.

Baca Juga: Mudah dan Praktis, ini Deretan Aplikasi Konsultasi Dokter Online

3. Paper.id

View this post on Instagram

A post shared by Paper.id (@paperindonesia)

Jurnal adalah salah satu aplikasi pelaporan keuangan yang khusus ditujukan bagi usaha kecil dan menengah yang paling direkomendasikan. Kamu bisa cek kondisi laporan invoice, laporan mitra, neraca keuangan atau laporan laba rugi bisnis dari mana saja dan kapan saja.

4. Canva

View this post on Instagram

A post shared by Canva (@canva)

Jika jasa desain grafis relatif masih mahal bagi usaha kecil yang baru dirintis, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Canva untuk kebutuhanmu. Tanpa perlu susah-susah belajar Adobe Photoshop, Canva siap membantumu bikin poster, kartu ucapan, infografik dan sebagainya dengan fitur-fitur mudahnya.

Promo-promo produkmu di media sosial akan jadi semakin menarik. Selain itu, kamu juga bisa menjajal berbagai aplikasi sejenis antara lain PicMonkey, VSCO Cam, dan PhotoGrid.

5. Preview

Selain bisa dipakai untuk Instagram, buat kamu yang juga berjualan menggunakan Carousel, kamu bisa banget coba aplikasi Preview yang juga menyediakan fitur untuk mengatur feed Carousel kamu supaya lebih aesthetic.

Preview juga memiliki fitur untuk mengedit filter foto / gambar supaya katalog kamu punya pallete warna yang serupa. Selain itu, Preview juga menyediakan template caption yang bisa dijadikan referensi saat kamu butuh ide.

6. Planoly

Setelah mendesain, hal berikutnya adalah upload ke media sosial agar bisa dijangkau lebih banyak calon pelanggan. Tapi urusan media sosial untuk berbisnis pun tidak boleh sembarangan dan harus dibuat strateginya.

Orang akan lebih tertarik membeli di toko online dengan akun Instagram yang rapi feednya daripada yang asal upload. Karena dengan rapihnya feed Instagram akan memberikan kesan bahwa toko kamu memiliki manajemen yang baik dan terpecaya.

Nah, dengan planoly kamu bisa rencanakan lebih dahulu foto atau gambar yang akan kamu posting, sehingga feed Instagram kamu akan menjadi lebih rapi dan terlihat profesional. Kamu juga bisa membuat caption pada aplikasi Planoly sebelum mempostingnya ke Instagram.

Planoly juga bisa terhubung dengan beberapa medsos kamu, seperti Instagram, Pinterest, Facebook & Twitter, kamu bisa membalas komentar langsung dari aplikasi Planoly.

7. Plann

Plann
Plann via sidehustleschool.com

Serupa tapi tak sama, perbedaan aplikasi ini dengan Planoly adalah aplikasi ini bisa langsung terhubung dengan Canva (aplikasi untuk membuat template posting Feed & Story Instagram). Selain itu, Plann juga menyediakan fasilitas buat kamu untuk bisa mempelajari strategi posting dari para ahli Media Sosial.

Baca Juga: Lebih Cerdas Pinjam Uang Online, Hindari Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Temuan OJK

8. OneNote

OneNote Microsoft

Dalam merancang dan membuat strategi bisnis kamu pasti butuh corat-coret ketika ada ide atau untuk merencanakan banyak hal dong.

Dengan aplikasi OneNote, kamu tidak hanya bisa mencatat tapi juga menyisipkan gambar, dan menambahkan tautan. Jadi tidak perlu lagi ke mana-mana membawa buku atau kertas untuk menyimpan ide atau rencana bisnismu.

Fitur asik lainnya, aplikasi ini juga lebih ringkas dan ramah lingkungan karena program ini digunkan untuk mengolah catatan pengguna, gambar, kliping layar dan komentar audio. Kamu juga bisa membagi catatan yang kamu buat dengan internal misalnya rekan kerja atau investormu. Sangat efektif dan praktis kan?

9. Trello

View this post on Instagram

A post shared by Trello (@trelloapp)

To-do-list jadi tidak membosankan dengan menggunakan Trello. Kamu bisa mengatur pekerjaanmu dari yang belum dilaksanakan, sedang dalam proses, maupun yang sudah selesai. Dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa mengatur jadwal pribadi tapi juga bisnis dan pekerjaan lainnya menjadi lebih rapih.

Aplikasi ini bisa didownload lewat android, IOS, dan website. Penggunaannya akan membantumu mengatur jalannya usaha dan apa saja yang harus dikerjakan dengan lebih baik dan terstruktur. Benar-benar membantu, sudah terbukti sejumlah perusahaan besar telah menjadi pengguna aplikasi ini seperti Adobe dan KickStarter.

10. Raja Ongkir

View this post on Instagram

A post shared by NCS KURIR (@ncs_courier)

Sekarang faktor yang membuat toko online semakin dilirik bukan harga produknya yang murah, tapi juga harga ongkirnya alias ongkos kirim.

Pelanggan saat ini sebisa mungkin mendapatkan harga paling murah baik untuk produk maupun ongkirnya. Jadi, tawarkan ongkos kirim barang termurah dari perusahaan ekspedisi terpercaya biar tidak kalah saing.

Raja Ongkir yang akan bertugas menampilkan ongkos kirim dari semua kurir seperti JNE, Pos Indonesia, TIKI, ESL Express, PCP, dan RPX. Dengan demikian, kamu bisa memberikan pilihan bagi konsumen untuk memilih sendiri kurirnya lengkap dengan ongkosnya yang valid.

Gratis tapi Berkualitas

Kualitas dari sebuah produk tidak hanya dinilai dari kemasan atau harganya saja tapi pemanfaatannya. Meskipun deretan aplikasi di atas gratis dan dengan fitur yang terbatas tidak seperti berbayar tapi jika kamu memanfaatkannya dengan maksimal pasti hasil yang diberikan tidak kalah dengan yang berbayar.

Baca Juga: Wow! 15 Aplikasi Online Ini Bisa Hasilkan Uang Kilat