Kenalan Sama Fungsi Niacinamide, Ampuh Atasi Berbagai Masalah Kulit?

Bagi kebanyakan orang, penggunaan produk kecantikan, seperti, kosmetik atau produk perawatan kulit, tidak boleh sampai terlewat. Tujuannya tidak lain untuk menjaga penampilan agar senantiasa menarik dan terlihat awet muda. Alhasil, tak sedikit orang mengaplikasikan cukup banyak produk kecantikan sekaligus demi bisa mewujudkan keinginannya tersebut.

Hanya saja, ketika akan membeli dan menggunakan produk kecantikan, apa pun jenisnya, hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mencari tahu jenis bahan yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu, tingkat keamanan dari produk kecantikan tersebut dapat diketahui dan memastikannya cocok dengan kebutuhan maupun jenis kulitmu.

Berbicara soal bahan yang terkandung di produk kecantikan, pernahkah kamu mendengar tentang niacinamide? Bahan tersebut nyatanya cukup banyak dan mudah ditemui di sejumlah produk kecantikan kulit atau skin care. Bahkan, produk perawatan kulit dengan kandungan niacinamide populer dicari oleh banyak wanita yang mendambakan tampilan kulit lebih sehat, bebas jerawat, dan terlihat awet muda. 

Lalu, zat seperti apa sih niacinamide ini? Apakah produk kecantikan yang mengandung bahan tersebut aman untuk digunakan dan bisa memberikan manfaat sesuai harapan penggunanya, termasuk risiko efek sampingnya? Nah, jawaban dari pertanyaan tersebut bisa kamu temukan di penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Jangan Asal Apply! Inilah Urutan Pemakaian Skincare Wajah Pagi Hari dan Malam Hari

Apa Itu Niacinamide?

loader

Apa Itu Niacinamide?

Bagi kamu yang sering mencermati isi kandungan pada produk kecantikan sebelum membelinya pasti tidak asing lagi dengan niacinamide. Ya, niacinamide adalah salah satu kandungan yang tak sulit untuk ditemukan pada produk kecantikan atau perawatan kulit. Tak sedikit perusahaan skin care yang memanfaatkan bahan tersebut pada produk mereka untuk memberikan khasiat yang dibutuhkan.

Hal ini dikarenakan niacinamide dipercaya ampuh dalam menumpas berbagai masalah kulit, khususnya pada wajah. Produk kecantikan yang mengandung bahan ini mampu mengatasi masalah kulit berjerawat, menyamarkan kerutan dan garis halus pada wajah, hingga mengecilkan pori kulit.

Niacinamide adalah satu dari sekian banyak jenis vitamin B3, dan umumnya terkandung di sejumlah bahan makanan. Seperti, sayuran hijau, ikan, susu, daging, ragi, telur, dan juga kacang-kacangan. Seseorang yang kekurangan asupan niacinamide mampu mengalami berbagai masalah kesehatan, khususnya pada organ ginjal, kulit, hingga otak.

Fungsi Niacinamide Sebagai Bahan Perawatan Kulit

Selain terkandung pada beragam jenis makanan, niacinamide juga mudah ditemui di sejumlah produk perawatan atau kesehatan kulit sebagai salah satu bahannya. Beberapa contoh produk skin care yang mengandung bahan ini, antara lain, pelembap, serum, masker, maupun pembersih.

Bukan tanpa alasan, penggunaan niacinamide di banyak produk kecantikan tersebut ditengarai oleh sederet manfaat yang diberikannya. Berikut adalah beberapa fungsi niacinamide. 

  1. Menumpas Jerawat

    Berdasarkan penelitian, mengaplikasikan krim dengan kandungan niacinamide pada wajah mampu menjadi solusi untuk atasi jerawat.

    Manfaat dari kandungan tersebut juga bisa digunakan pada jenis masalah jerawat yang parah, seperti, papula atau pustula. Zat tersebut juga ampuh meningkatkan kondisi kesehatan kulit wajah saat digunakan dengan rutin.

    Kamu bisa mengoptimalkan fungsi niacinamide ini dengan mengombinasikannya bersama retinol. Tidak hanya masalah jerawat, gangguan kulit lainnya juga bisa diobati menggunakan produk kecantikan dengan bahan ini, sebagai contoh, rosacea dan eksim. 

  2. Melindungi Kulit dari Bahaya Radikal Bebas

    Bagi kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, kesehatan kulit akan terancam akibat paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet, polusi, serta zat berbahaya lainnya. Hal tersebut dapat memicu kerusakan kulit dan meningkatkan masalah kesehatan akibat radikal bebas. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengaplikasikan produk kecantikan yang mengandung niacinamide.

    Tidak hanya itu, kandungan zat tersebut juga mempunyai efek antioksidan yang amat penting guna menjaga kesehatan kulit. Jika digunakan secara rutin, niacinamide turut mampu memperbaiki kerusakan DNA. 

  3. Menyamarkan Keriput dan Garis Halus pada Kulit 

    Keriput dan garis halus pada kulit bisa menjadi masalah serius bagi sebagian orang dan menurunkan tingkat percaya diri. Disebabkan oleh faktor usia dan kesehatan kulit yang tidak terjaga, tak sedikit orang berusaha untuk menyamarkan keriput dan garis halus tersebut dengan berbagai cara. Nah, salah satu caranya adalah dengan menggunakan produk perawatan yang memiliki kandungan niacinamide. 

    Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan produk perawatan wajah yang mengandung niacinamide sekitar 5 persen mampu memudarkan tanda penuaan. Khasiat tersebut juga berlaku pada masalah keriput dan garis halus pada kulit.

  4. Menghilangkan Flek atau Noda Hitam

    Selayaknya keriput dan garis halus, noda atau flek hitam juga menjadi masalah kulit yang mengganggu penampilan. Untuk menghilangkannya, kamu bisa mengaplikasikan skin care dengan kandungan niacinamide sebesar 5 persen selama paling tidak 4 minggu. Jika konsisten dipraktikkan, dijamin masalah noda hitam atau hiperpigmentasi pada kulit akan mampu diatasi dan menjadikannya tampak lebih cerah. 

  5. Kendalikan Produksi Minyak pada Wajah serta Mengecilkan Pori

    Kulit wajah yang berminyak sudah lama menjadi hal yang mampu menurunkan rasa percaya diri seseorang terhadap penampilannya. Penyebab dari kulit berminyak ini umumnya adalah pori wajah yang terlihat besar. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, kamu bisa memanfaatkan masker hingga serum niacinamide guna mengecilkan pori sekaligus mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit wajah karena kelenjar sebaceous.

  6. Cegah Risiko Kanker Kulit

    Tidak hanya dioleskan, niacinamide juga bisa dimanfaatkan dengan cara mengonsumsinya. Zat tersebut bisa juga diolah menjadi asupan suplemen yang jika dikonsumsi dipercaya mampu menurunkan risiko terserang kanker kulit. Manfaat niacinamide ini tentu amat penting untuk didapatkan, khususnya bagi seseorang yang pernah terserang penyakit kanker kulit jenis nonmelanoma sebelumnya. 

Baca Juga: Mau Dapatkan Kulit Sehat, Cantik, dan Berseri? Coba Lakukan Ini

Efek Samping Niacinamide yang Perlu Diperhatikan

Walaupun mampu berikan segudang manfaat untuk kesehatan kulit di atas, penggunaan niacinamide tetap perlu diperhatikan dan dilakukan dengan hati-hati. Pasalnya, jika digunakan dengan sembarangan, zat tersebut bisa memicu beberapa efek samping yang tentunya menghilangkan manfaatnya, bahkan dapat berimbas buruk kepada penggunanya.

Efek samping niacinamide dapat terlihat saat digunakan pada kulit yang sensitif atau memiliki alergi terhadap kandungan tersebut. Untuk menghindarinya, oleskan dulu sedikit bahan tersebut pada kulit lengan dan cek apakah muncul reaksi alergi atau tidak. Jika dalam kurun waktu 24 jam tidak muncul gejala alergi, artinya produk kecantikan yang memiliki kandungan tersebut aman untuk digunakan.

Sebaliknya, jika muncul gejala seperti pembengkakan, kemerahan, atau gatal, artinya kamu memiliki alergi terhadap niacinamide. Jadi, urungkan niat untuk menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan tersebut agar tak memicu reaksi alergi yang malah bisa membahayakan kesehatanmu atau menyebabkan masalah kulit lainnya. 

Tips Memilih Produk Kecantikan dengan Kandungan Niacinamide

loader

Tips Memilih Produk Kecantikan yang Mengandung Niacinamide

Di sejumlah produk perawatan atau kecantikan kulit, niacinamide juga bisa ditulis sebagai nicotinamide atau niacin. Jika kamu berencana untuk merasakan berbagai khasiat niacinamide, sebagai contoh, menghilangkan jerawat atau noda hitam, pilih produk kecantikan yang memiliki kandungan niacinamide sebanyak 5 persen. 

Akan tetapi, jika kulitmu tergolong sebagai kulit sensitif, akan jauh lebih aman untuk memilih produk yang mengandung niacinamide dengan takaran lebih rendah. Produk skin care yang memiliki kandungan niacinamide sebanyak 2 persen sebenarnya sudah cukup ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit, misalnya eksim.

Konsultasikan dengan Dokter Jika Masalah Kulit Tak Teratasi dengan Pemakaian Niacinamide

Manfaat niacinamide bagi kulit dan wajah memang tak perlu diragukan lagi. Banyak masalah kulit bisa diatasi dengan menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan tersebut. Akan tetapi, kamu tetap perlu melakukan konsultasi dengan dokter saat pemakaian produk berbahan niacinamide tak kunjung mengatasi masalah kulit, atau malah menimbulkan gejala maupun masalah kesehatan yang lebih besar agar langkah medis yang tepat bisa segera diambil. 

Baca Juga: Tips Budgeting Skincare Biar Dompet Tak Boncos, Wajah Tetap Glowing