Kenali 9 Fitur PLN Mobile hingga Cara Lapor Gangguan Listrik Online

Listrik merupakan salah satu sumber daya yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa listrik, segala aktivitas baik di rumah, kantor, pusat perbelanjaan dan lainnya tidak akan berjalan mulus alias terhambat.

Namun, persoalan listrik juga tidak selalu berjalan mulus dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Ada kalanya listrik padam dari pusat karena adanya perbaikan hingga terjadi gangguan listrik, seperti mati lampu, listrik tersambar petik, korsleting listrik dan lainnya.

Jika, berbagai gangguan listrik tersebut tidak segera ditangani oleh pihak PLN (Perusahaan Listrik Negara), kemungkinan besar akan terjadi kerugian yang lebih besar, yaitu kebakaran yang bisa merambat bangunan di sekelilingnya dan bisa mengakibatkan adanya korban jiwa.

Untuk itu, apabila masyarakat mengalami atau melihat adanya gangguan listri terutama di rumah, segera lapor ke pihak PLN melalui salah satu layanan PLN 123, yitu PLN Mobile. Kamu dapat mengunggah aplikasi PLN mobile ini Google Play untuk Android dan App Store untuk iOs.

Untuk lebih lanjutnya, kamu juga perlu mengenali berbagai fitur yang dimiliki oleh aplikasi PLN Mobile hingga cara melaporkan atau pengaduan adanya gangguan listrik pada ulasan berikut!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Layanan Listrik Melalui PLN Mobile

View this post on Instagram

A post shared by PLN (@pln_id)

Guna memenuhi kebutuhan layanan masyarakat terharap listrik mulai dari pengaduan hingga mendapatkan informasi, PLN mengembangkan berbagai layanan listrik.

Sejak akhir tahun kemarin di tengah pandemi Covid-19, PLN meluncurkan aplikasi NEW PLN Mobile. Kenapa NEW? Karena aplikasi ini merupakan transformasi dari aplikasi PLN sebelumnya. Pada PLN Mobile yang terbasu menghadirkan berbagai fitur dan tampilan baru.

Berikut fitur-fitur selengkapnya mengenai PLN Mobile yang dikutip dari pln.co.id, antara lain:

1. Membeli Token dan Membayar Tagihan Listrik

Apakah sebelumnya kamu ingat, jika ingin membayar tagihan listrik harus kemana? Ya, ada yang ke kantor pos Indonesia, melalui m-banking, dan juga berbagai platform belanja online (e-commerce).

PLN juga tidak mau ketinggalan zaman, bagi masyarakat yang menggunakan listrik pascabayar, kamu bisa membayar tagihan listrik melalui PLN Mobile. Sementara, masyarakat yang menggunakan listrik prabayar, kamu juga bisa membeli token listrik melalui aplikasi ini.

Pelanggan bisa memilih berbagai akses pembayaran, mulai dari virtual account, debit online, kredit via Doku, atau E-Wallet seperti LinkAja, Ovo dan Gopay. Dengan melihat berbagai akses pembayaran ini, tentunya kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk menikmati promo pembayaran listrik yang diberikan berbagai platform pembayaran tersebut.

2. Mengubah Daya Listrik

Apabila dengan daya listrik yang terpasang di rumah kamu saat ini tidak kuat alias sering mati karena terlalu banyak pemakaian elektronik yang tidak bisa disingkirkan, maka saatnya kamu mengubah atau menambah daya listrik menjadi lebih besar.

Kamu bisa mengajukan tambah daya tegangan listrik melalui aplikasi PLN Mobile. Kamu hanya perlu mengisi data sebagai administrasi, kemudian permohonan akan diproses oleh PLN.

Perlu kamu ketahui, dalam penambahan daya listrik ini tidak gratis alias kamu perlu membayar biaya tambah daya. Berikut biayanya:

Daya Awal

Tambah Daya

Biaya Penambahan Daya

450 VA

900 VA

Rp441.500

1.300 VA

Rp816.450

2.200 VA

Rp1.659.750

3.500 VA

Rp2.975.450

900 VA

1.300 VA

Rp394.800

2.200 VA

Rp1.238.100

3.500 VA

Rp2.539.400

1300 VA

2.200 VA

Rp863.300

3.500 VA

Rp2.151.800

2.200 VA

3.500 VA

Rp1.279.700

3. Mencatat Angka Meter Mandiri

View this post on Instagram

A post shared by PLN (@pln_id)

Pastinya kita sering melihat, ada petugas PLN yang datang ke rumah-rumah untuk mengecek meteran dan foto meteran tersebut untuk dokumentasi. Tujuannya untuk menyesuaikan dasar perhitungan tagihan rekening listrik pelanggan dengan kondisi di lapangan.

Untuk meringankan tugas mereka, kamu bisa dengan mencatat angka meteran secara mandiri melalui PLN Mobile. Caranya mudah, yaitu, catat angka meter di tanggal 24-27 setiap bulanya dan unggah foto meteran tersebut.

Baca Juga: Cara Hemat Listrik Agar Tagihan Tak Membengkak

4. Pengaduan Gangguan dan Keluhan

Selain melalui telepon PLN 123, pengaduan berupa gangguan dan keluhan mengenai kelistrikan juga bisa dilakukan lewat aplikasi PLN Mobile.

Tak perlu khawatir, PLN mengklaim layanan pengaduan ini dipastikan lebih mudah dan cepat, sebab layanan ini aktif selama 24 jam. Dengan begitu, jam berapapun pelanggan mengajukan pengaduan listrik, maka pihak PLN akan segera merespon.

Lantas bagaimana cara atau tahapan pengaduan listrik melalui PLN Mobile? Berikut caranya:

  • Unduh aplikasi New PLN Mobile dan lakukan registrasi atau login
  • Pilih menu Pengaduan
  • Pilih menu ListriQu Gangguan Instalasi Pelanggan
  • Jawab pertanyaan terkait, baca disclaimer, syarat dan ketentuan secara detail,
  • Centang dan klik Mengerti
  • Cek ID pelanggan, secara otomatis alamat pelaporan akan disesuaikan dengan data pada ID pelanggan
  • Kamu bisa membuat laporan tanpa ID pelanggan jika alamat laporan berbeda dengan data di ID pelanggan
  • Pastikan alamat pelaporan berada di jangkauan layanan ListriQu
  • Lengkapi data dengan lokasi detil alamat pelapor. Isi info kelompok gangguan dan informasi permintaan waktu kunjungan, lampirkan foto jika diperlukan
  • Cek semua data yang telah diisi dan estimasi harga.
  • Centang dan klik Kirim Pengaduan
  • Kamu akan mendapatkan notifikasi work order dan dapat melakukan tracking status order
  • Petugas PLN akan datang sesuai jadwal, melakukan pengecekan dan setelah selesai
  • Kamu bisa melakukan approval pekerjaan dan lakukan pembayaran jasa secara tunai

5. Monitor Pemakaian Listrik Pascabayar

Sudah berapa banyak struk pembayaran tagihan listrik yang telah kamu simpan di rumah? Selain butuh tempat penyimpanan, kamu tentunya menyimpan banyak kertas. Agar lebih simple dan praktis, kamu yang termasuk kategori pelanggan pascabayar, saatnya gunakan PLN Mobile.

PLN Mobile terdapat fitur history penggunaan listrik yang menampilkan rincian pembayaran tagihan listrik, mulai dari tanggal transaksi, energi listrik (kWh) yang terpakai, hingga nominal atau Rupiah.

6. Monitor Pembelian Token Listrik

Sementara itu, bagi pengguna token juga bisa memonitor history pembelian token sebelumnya. Dengan begitu, kamu tidak akan bisa lupa jumlah token yang telah kamu beli.

Baca Juga: Resmi Hadir, Simak Keunggulan, Biaya dan Cara Pasang Internet ICONNET PLN

7. Pengguna Mendapatkan Notifikasi Tagihan

Bagi kamu yang sering banget kelewat tanggal bayar listrik sehingga menyebabkan bayar denda, sekarang tidak akan lagi. Sebab, dengan penggunaan aplikasi PLN Mobile ini, kamu sebagai pelanggan PLN akan mendapatkan notifikasi secara otomatis mengenai tagihan bayar listrik.

8. Informasi Progres Penyelesaian Gangguan

PLN Mobile juga memudahkan pelanggan PLN dalam memantau proses penyelesaian gangguan mulai dari proses pengajuan, tindakan hingga selesai.

9. Informasi Padam dan Pemeliharaan

Sudah tak asing lagi dengan mati listrik secara tiba-tiba. Padahal kita lagi asik nonton tv, lagi charge handphone, kerja atau mengerjakan aktivitas lain yang menggunakan elektronik.

Kamu bisa lebih mempersiapkan kondisi pemadaman listrik lebih awal dengan penggunaan PLN Mobile. Pada apalikasi ini, pengguna akan mendapatkan notifikasi mengenai inforasi pemadaman listrik yang terencana.

Gunakan Listrik dengan Cermat dan Segera Ajukan Proses Pengaduan Listrik

Semakin mudahnya dalam layanan listrik, tentunya jangan sampai membuat kamu menjadi lalai dalam menggunakan listrik. Perhatikan kabel di setiap sudutu ruangan, apakah sudah benar atau tidak. Jika terjadi korsleting listrik di rumah segera ajukan pengaduan listrik melalui aplikasi PLN Mobile.

Baca Juga: Ada Masalah pada Listrik, Jangan Panik! Hubungi Pengaduannya di Layanan PLN 123