Kenali Manfaat dan Tips Membangun Team Building Agar Karir Melesat

Setiap orang pasti memiliki impian karirnya bisa melesat dengan cepat, apalagi disaat usianya yang masih muda. Dengan karir yang bagus, tentunya kehidupan juga akan berjalan bagus dan segala kebutuhan pribadi, keluarga atau rumah tangga bisa lebih terjamin.

Untuk mencapai impian ini, tak heran jika para pekerja saling berlomba-lomba menghasilkan pekerjaan yang baik untuk perusahaannya. Selain bekerja secara individu, nyatanya bekerja dalam sebuah tim dengan rekan kerja atau team building juga memiliki peran yang sangat penting dalam penilaian performa kerja.

Dari team building ini, atasan akan melihat apakah karyawan tersebut bisa bekerja sama menyelesaikan masalah pekerjaan, tumbuh jiwa kepemimpinan, bisa membangun perusahaan dan sebagainya atau tidak. Jika karyawan tersebut memiliki team building yang bagus, maka karyawan pantas mendapatkan kenaikan jabatan, gaji, bonus dan lainnya.

Bagi Anda yang saat ini ingin karir yang melesat, saatnya bangun team building bersama rekan kerja. Agar hasilnya lebih maksimal, simak ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat hingga tips-tips membangun team building di kantor.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Manfaat Team Building

team
Manfaat team building

Perlu Anda ketahui, bahwa team building ini memberikan banyak manfaat terhadap performa karir. Jika belum mengetahuinya, berikut beberapa manfaat dari team building:

1. Meningkatkan efisiensi kerja

Team building tergabung dari beberapa rekan kerja yang pastinya memiliki cara kerja dan berpikir yang berbeda-beda. Namun, jika sudah masuk dalam team building, setiap kerja harus menemukan satu solusi dan pemikiran yang sama hingga terjadi satu dan misi yang sama dalam bekerja.

Dengan begitu, akan terjadi kerja sama yang baik dalam menyelesaikan pekerjaan. Satu sama lain akan saling membantu pekerjaan sehingga beban kerja akan menjadi lebih ringan. Hal ini tentunya membuat efisiensi pekerjaan meningkat mulai dari pekerjaan selesai tepat waktu hingga selesai dengan baik.

2. Memiliki ide kreatif

Jika Anda termasuk orang yang sulit berpikir untuk menemukan ide-ide, tidak perlu khawatir atau berkecil hati. Di team building ini, pikiran Anda akan terlatih sebab terpancing dari ide-ide kreatif yang diucapkan oleh rekan kerja yang lain.

3. Menjalin komunikasi dengan baik

Hingga sekarang ini masih ada pekerja yang pendiam. Saking pendiamnya, ia kurang memiliki komunikasi yang baik dengan rekan-rekan kerjanya di kantor. Dengan adanya team building ini, Anda akan dilatih berkomunikasi dengan rekan kerja. Tujuannya agar pendapat bisa tersampaikan, sehingga berbagai permasalahan dapat terpecahkan hingga pekerjaan selesai.

Baca Juga: Hai Job Hunter, Ketahui Tren Karir Terbaru yang Bakal Booming di 2021

4. Menyelesaikan masalah

Jika bekerja secara individu dan dihadapi beberapa permasalahan saat menyelesaikan pekerjaan tentunya Anda harus berpikir dan mencari solusi sendiri. Hal ini jelas berbeda jika Anda bergabung team building. Namanya satu tim, pastinya setiap rekan kerja harus bekerja sama mencari berbagai macam solusi untuk menyelesaikan beragam masalah.

5. Menumbuhkan rasa percaya diri

Sering kali orang merasa minder atau tidak percaya diri karena merasa dirinya banyak kekurangan. Rasa tidak percaya diri ini akan hilang secara perlahan jika Anda masuk dalam team building. Di tim kerja ini, secara tidak langsung Anda akan dilatih untuk berkomunikasi mengungkapkan pendapat, ide dan berbagai kegiatan lainnya. Jika Anda sudah terbiasa melakukan ini, tentunya rasa percaya diri akan tumbuh dengan sendirinya.

6. Memajukan Perusahaan

Tujuan dengan adanya team building ini tentunya untuk mendapatkan hasil kerja yang terbaik. Jika team building ini berhasil mencapai tujuan itu, maka Anda dan rekan kerja juga turut andil dalam memajukan perusahaan.

Baca Juga: Welcome 2021, Cek Peruntungan Karir dan Keuanganmu di Tahun Ini

Tips Membangun Team Building

Agar bisa menghasilkan kerja yang bagus dan sesuai harapan, maka pentingnya membangun team building yang efektik. Berikut beberapa cara yang bisa Anda bersama rekan kerja terapkan, antara lain:

  1. Antara rekan kerja harus saling mengingatkan pada tujuan utama dari pembentukan team building tersebut
  2. Bangun kepercayaan yang kuat terhadap sesama rekan kerja dengan memberikan tugas yang sama rata
  3. Buat catatan kegiatan kerja
  4. Berikan penghargaan sesama rekan kerja
  5. Lakukan evaluasi secara berkala

Team Building Bisa Memberikan Karir yang Cemerlang

Meski Anda memiliki tanggung jawab kerja sendiri, tapi team building ini menjadi bagian penting dalam perusahaan. Dengan saling bekerja sama, maka perusahaan akan berkembang dan maju. Hal ini tentunya akan berdampak pada diri Anda, mulai dari mendapatkan pengalaman kerja, mendapatkan ilmu tambahan dan lainnya, sehingga Anda bisa mendapatkan karir yang cemerlang.

Baca Juga: Tingkatkan Karir dengan Cara Sederhana Ini