4 Kepribadian yang Selalu Gagal Menabung, Kamu Punya Salah Satunya?

Menabung tentu bukanlah sesuatu yang asing saat ini, mengingat sejak kecil telah diajarkan orang tua atau guru untuk melakukannya. Sebagian orang mungkin tidak akan mengalami masalah dengan kegiatan yang satu ini. Namun, sebagian lainnya begitu sulit untuk membiasakan diri atau sekadar memulainya. Barangkali kamu adalah salah satunya. Sementara di dalam pengelolaan keuangan, kegiatan menabung adalah salah satu poin yang akan sangat membantu dalam mencapai target serta tujuan keuangan.

Perlu diketahui hal ini bukanlah masalah yang sepele. Sebab kalau tidak bisa menabung, besar kemungkinan kalau kamu akan mengalami kesulitan dalam berinvestasi.

Selain itu, apabila menabung selalu menjadi hal yang menyulitkan atau kegiatan yang gagal untuk dilakukan, kamu juga mungkin memiliki masalah dengan kepribadianmu. Berikut adalah beberapa tipe kepribadian yang pada umumnya mengalami masalah terkait dengan pengelolaan keuangan.

Baca Juga: Manfaat Memiliki Rekening Tabungan dan Jumlah Idealnya

4 Kepribadian yang Selalu Gagal Menabung

  1. The Insecure, Pribadi yang Selalu Gelisah

    loader

    Bila Selalu Gelisah, Bagaimana Bisa Menabung? via ooreka.fr

    Seseorang dengan pribadi seperti ini memiliki keputusan yang selalu berubah-ubah dan sering melakukan pengeluaran yang tidak perlu. Pribadi yang seperti ini tidak yakin dengan pilihannya sendiri. Kondisi seperti inilah yang dimanfaatkan pemasar (marketing) dengan baik.

    Pemasar akan berusaha untuk meyakinkanmu bahwa barang yang dijualnya adalah yang kamu butuhkan. Kamu pun akhirnya terpengaruh dan membeli barang tersebut. Selang beberapa lama kemudian muncul lagi barang baru. Dengan gaya persuasif, pemasar kembali memengaruhimu agar mau membeli barangnya.

    Apabila ini dibiarkan terus terjadi, sudah pasti kamu akan cenderung konsumtif dan mengikuti apa yang dikatakan pemasar atau iklan. Tak mengherankan jika pengeluaran kamu lebih besar nantinya. Karena itu, mulailah kenali kebutuhanmu dan belajarlah mengabaikan berbagai godaan untuk membeli barang ini dan itu.

  2. The Impulsive, Pribadi yang Terdorong oleh Gerak Hati

    Menjamurnya situs belanja online memudahkan orang dalam berbelanja, tetapi di sisi lain menyebabkan orang sulit menahan gerak hatinya. Sebenarnya, selama bisa mengontrol diri dengan baik, keberadaan situs belanja online tidak menjadi masalah. Namun, jika kamu adalah pribadi yang terdorong oleh gerak hati, hal ini tentu menjadi masalah yang serius terhadap keuanganmu.

    Besar kemungkinan kamu akan menghabiskan uang yang banyak untuk belanja. Sebab kamu menuruti gerak hati yang menginginkan demikian. Padahal, barang yang dibelanjakan itu tidak benar-benar memberi manfaat yang kamu butuhkan. Keinginan belanja yang tidak terkendali ini lama-kelamaan akan menggerus keuangan nantinya sehingga kamu tidak bisa menabung dengan baik.

  3. The Impatient, Pribadi yang Tidak Sabar

    loader

    Andai Bersabar, Banyak Penawaran Terbaik yang Bisa Didapatkan via blog.payture.com

    Kebiasaan tidak sabar saat akan membeli sebuah barang akan menimbulkan petaka bagi keuanganmu. Dengan segera, kamu akan membeli apapun yang dibutuhkan atau diinginkan meskipun harganya mahal. Andaikan mau bersabar kamu bisa saja menemukan penawaran yang baik. Bukan hal yang mengejutkan kalau pribadi yang seperti ini memiliki sifat boros.

    Saat membutuhkan sesuatu, kamu selalu berpikir untuk segera memilikinya. Berbagai barang mungkin akan kamu beli dengan harga yang mahal. Kamu akan selalu berupaya untuk membeli barang tersebut saat itu juga tanpa melakukan perbandingan terlebih dahulu. Kebiasaan ini termasuk kebiasaan yang buruk. Bahkan, bisa membawa masalah yang besar dalam keuangan.

  4. The Fearful, Pribadi yang Penakut

    Memiliki kebiasaan teliti dan bijak dalam menggunakan uang merupakan hal yang sangat positif. Hal ini akan membantumu untuk mengontrol semua pengeluaran dengan baik dan tertata. Namun, bagaimana jika hal ini terjadi pada semua lini keuangan yang kamu miliki?

    Setiap aktivitas yang berhubungan dengan keuangan tentu memiliki sejumlah risiko, termasuk dalam melakukan investasi. Tidak bisa dipungkiri investasi akan menjadi poin penting yang akan mengantarkan keuanganmu menjadi lebih baik. Karena itu, selalu dibutuhkan keberanian dalam melakukan hal ini. Kalau ternyata kamu memiliki ketakutan dalam melakukan investasi, keuanganmu mungkin tidak akan berkembang.

    Perlu kamu ketahui investasi akan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan dalam keuangan. Banyak kesempatan yang terbuang apabila kamu selalu menunda-nunda untuk berinvestasi. Pertimbangkan dengan matang dan pahami semua risiko yang mungkin terjadi. Nantinya kamu akan memiliki keyakinan untuk melakukan kegiatan investasi dengan baik dan tepat.

Baca Juga: Ketahui Tipe dan Cara Menghitung Bunga Tabungan

Mulai Sekarang atau Tidak Sama Sekali

Berbagai masalah di dalam kepribadianmu sangat mungkin menjadi penghalang bagi kamu dalam menabung. Hal ini tentu patut menjadi perhatian khusus. Sebab menabung adalah salah satu kegiatan yang baik untuk keuangan. Jika tidak diatasi dengan baik, berbagai masalah tersebut sangat mungkin akan menjadi penghalang dalam mencapai tujuan keuangan di masa yang akan datang. Atasi dengan tepat dan mulailah menyisihkan sebagian uangmu sebagai dana tabungan.

Baca Juga: Jangan Samakan Menabung dengan Investasi, Ini Hal yang Perlu Diketahui