Keren! Dari Anak Petani Sederhana Sampai Bisa Jadi Idola, Begini Perjuangan V BTS Meraih Sukses

Saat ini, grup boy band BTS (BangTan Boys) asal Korea Selatan tengah merajai dunia musik internasional. Raih penghargaan bergengsi dan banyak prestasi, BTS yang digawangi oleh V alias Kim Taehyung, J-Hope, JungKook, RM, Jin, Suga dan Jimin ini juga punya banyak penggemar loyal dari berbagai belahan dunia. 

Sejak Februari 2020, album terbaru mereka yang bertajuk Map of The Soul: 7 telah dirilis. Menariknya, penjualan Map of The Soul: 7 bahkan sudah mengalahkan album The Beatles yang menjadi nomor satu berturut-turut selama dua tahun. Kesuksesan BTS tentu tak lepas dari kontribusi salah satu personilnya, V alias Kim Taehyung.

Tidak cuma tampan, Kim Taehyung alias V juga sangat berbakat. Selain jago menulis lagu, bernyanyi dan menari, ia juga piawai dalam berakting, menjadi presenter dan kini merangkap sebagai produser rekaman. 

Namun siapa sangka jika dulunya V tak pernah bermimpi untuk menjadi idola. Berasal dari keluarga sederhana yang tinggal di Daegu, Korea Selatan, V hanya bercita-cita menjadi petani seperti orangtuanya. 

Bagaimana perjuangan transformasi V BTS dari seorang anak petani sangat sederhana hingga menjadi idola KPop sedunia? Yuk kita simak ulasannya.

Anak Petani dari Keluarga Sederhana

View this post on Instagram

A post shared by TAEHYUNG (김태형) (@taehyung.bighitentertainment) on

Tak semua artis dan selebritis mempunyai latar belakang keluarga yang kaya raya. Seperti V, ia juga berasal dari keluarga sederhana yang kehidupannya bahkan bisa dibilang miskin dan berat. 

Jauh dari kata instan, proses yang panjang dan berliku mesti dilalui V sebelum akhirnya ia sukses menjadi idola. Sebagai anak kecil yang polos, V tak bermimpi untuk menjadi selebritis. Ia hanya ingin meneruskan profesi ayah ibunya yang bekerja sebagai petani. 

Namun menginjak bangku kelas 6 SD, pikirannya berubah. V mulai berani bercita-cita menjadi penyanyi profesional dan ingin mewujudkannya menjadi nyata. 

Ayahnya mendukung. Memasuki jenjang SMP, V mengikuti kursus alat musik dan ia memilih untuk belajar memainkan saxophone. Memasuki usia SMA, V berhenti memainkan alat musik tiup tersebut dan berfokus untuk belajar dance.

Di sinilah momentum perubahan jalan hidup V secara signifikan. Enam bulan belajar dance, BigHit secara kebetulan menggelar audisi di Daegu, Korea Selatan. Kim Taehyung alias V pun datang ke sana.

Namun yang menarik, V saat itu datang bukan untuk mengikut audisi. Ia datang karena menemani seorang kawan. Seolah ditakdirkan untuk menjadi idol, tak disangka seseorang menawari V untuk ikut audisi.

Setelah mendapat izin dari ayahnya, pun mengikuti audisi. Dan sisa ceritanya kini menjadi sejarah besar. V berhasil menjadi satu-satunya peserta yang lulus audisi dari daerah Daegu.

Baca Juga: Sempat Ditentang Keluarga, Begini Lika-Liku Perjalanan Karir Suga BTS yang Bikin Haru

Training dengan BigHit Entertainment Hingga Menjadi Hidden Member

View this post on Instagram

A post shared by TAEHYUNG (김태형) (@taehyung.bighitentertainment) on

Kim Tae-hyung alias V yang lahir pada tanggal 30 Desember 1995 ini lantas mengikuti pelatihan bersama BigHit Entertainment selama tiga tahun. V telah bergabung dengan BTS sejak 2011. 

Namun meski telah resmi menjadi trainee dan akan debut, dirinya tidak diperkenalkan ke publik sebagai member BTS sampai tahun 2013. Padahal member yang lainnya sudah lebih dulu dikenalkan ke publik.

Merasa frustasi dan stress, Taehyung khawatir apakah ia akan betul-betul debut atau tidak. Hingga kemudian ia diperkenalkan sebagai hidden member dan mulai menggunakan nama panggung V yang diambil dari Victory (kemenangan).

Berkarya dan Berprestasi Bersama Bangtan Boys

View this post on Instagram

A post shared by TAEHYUNG (김태형) (@taehyung.bighitentertainment) on

Memasuki Juni 2013, V melakukan debut sebagai member BTS di Mnet M! Countdown dan membawakan lagu No More Dream. Lagu tersebut diambil dari album single debut BTS yang bertajuk 2 Cool 4 Skool.

V juga menciptakan dan memproduseri lagu Hold Me Tight yang terdapat dalam album The Most Beautiful Moment In Life, Part 1. V juga punya kontribusi besar dalam penulisan lirik lagu Fun Boyz yang dikomposeri oleh Suga BTS.

Dalam lagu Run yang terdapat di album The Most Beautiful Moment In Life, Part 2, V membuat melodi dan bekerja sama dengan Jungkook yang menulis lirik lagunya. Untuk lagu Stigma yang terdapat dalam album Wings, V mengomposisi musik dan lirik lagunya.

Bersama J-Hope, V juga meluncurkan cover lagu Hug Me. Ia juga membawakan kembali lagu Someone Like You milik Adele. Kemudian di tahun 2016, V ditawari sebuah peran untuk drama Hwarang : The Poet Warrior Youth dengan Park Hyung Sik, Park Seo Joon, serta sejumlah aktor kenamaan lainnya. 

Di bulan Mei 2018, V merilis lagu keduanya yang berjudul Singularity. Lagu ini lantas dijadikan cuplikan perdana bagi album BTS, Love Yourself: Tear. Di bulan Oktober 2018, lagu tersebut debut di Radio BBC, Inggris.

Sebulan berselang, The Guardian menambahkan Singularity ke dalam daftar Top 50 lagu untuk bulan Juni 2018Billboard memasukkan lagu Singularity di posisi ke 28 dalam daftar Top 50 Lagu BTS versi mereka. 

Lagu Singularity memang direspon dengan sangat baik oleh kritikus musik dan publik. Di bulan Oktober 2018, V menjadi satu dari member BTS termuda yang meraih penghargaan kelas kelima medali Hwagwan, Order Of Cultural Merit. Kerennya lagi, medali tersebut diberikan langsung oleh Presiden Korea Selatan. 

V bersama member BTS lainnya dihargai atas kontribusi mereka dalam penyebaran kultur Korea Selatan ke seluruh penjuru dunia. 

Berikutnya di tahun 2019, V merilis lagu Scenery yang merupakan ciptaannya sendiri. Selain itu, V dan J-Hope bekerja sama dengan penyanyi kawakan asal Swedia, Zara Larsson. Mereka membawakan lagu A Brand New Day yang dijadikan soundtrack album Game BTS World.

Baca Juga: Punya Banyak Fans dan Kaya Raya, Jungkook BTS Sempat Ingin Jadi Atlet Bulutangkis

Pernah Alami Masa Sulit

View this post on Instagram

A post shared by TAEHYUNG (김태형) (@taehyung.bighitentertainment) on

V kini telah sukses menjadi salah satu Idol KPop yang digandrungi. Meski begitu, bukan berarti dirinya tak pernah mengalami masa susah. V yang warna vokal baritonenya sering dipuji tersebut pernah menceritakan kesulitannya. 

Setelah sibuk tur keliling dunia, pria yang menduduki peringkat pertama 100 Most Handsome Face TC Candler 2017 ini sempat merasakan kekosongan jiwa. Namun kemudian, V yang lagi-lagi menduduki puncak daftar Most Handsome Men In The World Famous Star 201 tahun 2018 ini berhasil mengentaskan keluhannya. Caranya yakni dengan saling berbagi kisah dan menguatkan satu sama lain antara sesama member BTS.

Menyadari ia bukan apa-apa tanpa penggemar setianya, V merilis lagu yang dihadiahkan untuk Army (sebutan bagi fans BTS). Single berjudul Winter Bear ini juga diluncurkan dalam rangka 1000 hari ungkapan borahae alias I Purple You bagi pendukung setia V dan keenam Bangtan Boys lainnya.

Single solo V ini mendapat respon fantastis. Menjadi trending di YouTube, video klipnya berhasil meraih 5,5 juta penonton dalam sehari.

Berani Bermimpi dan Beraksi Mewujudkannya

Sekarang V BTS bukan lagi seorang bocah sederhana yang ingin menjadi petani. Dengan total kekayaan mencapai $8.000.000 atau sekitar Rp 115.326.000.000, hidupnya tidak hanya sejahtera tapi juga bergelimang harta. 

Gemar mengenakan busana merek Gucci dan Chanel yang harganya puluhan juta Rupiah, V BTS juga sering memamerkan berbagai kamera miliknya yang hobi fotografi. 

Seperti kisah perjalanan karir seorang V BTS, jalan hidup kita bisa berubah jika punya keberanian untuk bermimpi dan mewujudkannya. Tentunya, berani bermimpi saja tak akan cukup, Anda juga bisa mulai beraksi untuk mewujudkan impian. Selain anti patah semangat, teruslah berusaha dan jangan berhenti sampai berhasil. Sukses buat Anda, ya!

Baca Juga: BTS Makin Tajir Jadi Boyband Termahal di Dunia, Intip 5 Sumber Kekayaannya