Kerja di Rumah? Ini 7 Langkah Cerdas untuk Tetap Fokus

Bekerja di rumah atau istilah keren versi english-nya work from home (WFH) bukanlah hal baru. Cara ini sudah ada sejak lama dan telah diimplementasikan oleh banyak perusahaan.

Namun, belakangan ini gara-gara pandemi virus corona (COVID-19) menyebar dengan cepat, pemerintah pun mengeluarkan himbauan agar perusahaan di Indonesia membuat kebijakan WFH untuk para pekerjanya. Tagar #dirumahaja populer saat ini guna mendukung meluasnya kemungkinan penyebaran virus corona.

Menyoal, kerja di rumah. Di zaman now, jelas hal ini menjadi tantangan tersendiri buat siapa saja meskipun bisa dibilang WFH itu mudah dilakukan. Terlebih kita di zaman yang serba online alias semua urusan sistem kerja didukung oleh sistem informasi dan teknologi yang semakin canggih. 

Tantangan WFH Zaman Now

Buat kamu yang saat ini terimbas kebijakan WFH dari kantor selama beberapa minggu, boleh saja sesaat kamu merasa sangat senang dan merdeka. Hore, hore, asyik bisa WFH karena enggak ada bos yang mengawasi. Upps, jangan terlena guys

WFH memang memberikan kebebasan, seperti leluasa mengatur waktu, pakaian dan tempat kerja. Bahkan, kamu bisa bekerja 'senyamannya' versi kamu, misalnya berpakaian ala kadarnya tanpa harus pakaian kantor yang menuntut tampil rapi, plus kerja versi 'rebahan' di kasur tanpa ada orang yang tahu.  

Namun, tantangan WFH  cukup besar. Bayangkan nih ya, suasana rumah atau kosan kamu yang sangat santai tentu sangat berbeda dengan suasana kantor yang identik dengan aktfitas kerja di setiap sudutnya. Belum lagi godaan diri untuk senantiasa rebahan di kasur atau sofa favorit, atau godaan untuk terus-terusan online di sosial media atau godaan nonton drakor saat jam kerja. Tidaaaak, hal-hal ini jangan dilakukan ya! 

Ingat kamu bukan lagi LIBURAN  tapi lagi KERJA. Jadi kondisi-kondisi penuh 'kesantaian' yang membuat kamu terlalu santai lalu memilih berleha-leha saja itu harus dihapuskan. Jangan sampai kamu hanya buang-buang waktu, tidak bekerja dengan maksimal dan pekerjaan makin numpuk.   

Lalu bagaimana caranya untuk bisa tetap fokus kerja saat work from homeCermati.com punya 7 tips sederhana yang bisa kamu coba agar tetap fokus saat bekerja di rumah atau kosan. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tetap Disiplin dan Batasi Bermain Sosmed

mengatur jam kerja

Coalah untuk belajar disiplin ketika kamu kerja di rumah. Meskipun tak ada bos yang mengawasi, kamu harus bisa mengatur jam kerja sendiri. Hindari untuk bermain sosial media terus-terusan, batasi waktu mu online di sosmed. Jika perlu fokus saja untuk membuka file-file yang terkait dengan pekerjaan. 

Salah satu tantangan terbesar saat bekerja di rumah adalah kebebasan waktu. Di mana situasinya, kamu sangat mungkin bermalas-malasan hingga kehilangan banyak waktumu yang berharga. Tentukan jam kerja seperti biasanya. Pastikan kamu lebih tegas dan disiplin pada dirimu sendiri sehingga semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik, sesuai dengan deadline.

Baca Juga: Jangan sampai Ketipu, Inilah Ciri-Ciri Undangan Wawancara Kerja Palsu

2. Buat Jadwal Prioritas Tugas 

membuat jadwal kerja

Berbagai pekerjaan rumah tentu masih menjadi tanggung jawabmu dan harus diselesaikan dengan baik. Jangan mencampur adukkan pekerjaan rumah ini dengan pekerjaan yang kamu tangani, sebab hal ini bisa membuat semuanya menjadi berantakan. 

Buatlah jadwal yang jelas untuk pekerjaan rumah dan selesaikan dengan baik semuanya, dan bisa mengerjakan pekerjaanmu dengan leluasa tanpa terganggu dengan pekerjaan rumah lainnya. Misalnya, kerja mulai seperti biasa seperti jam kantor, jam 9 pagi - 5 sore. Maka, saat jam istirahat yakni jam 12 siang hingga pukul 1 siang, di jam tersebutlah kamu bisa ambil istirahat, beli makan siang atau masak versi cepat untuk makan siangmu. 

3. Terapkan Hidup Sehat dan Jaga Kebersihan

pola hidup sehat

Meski tidak berangkat ke kantor dan harus absen pada jam tertentu, bukan berarti harus bangun siang dan melewatkan sarapan. Hindari hal seperti ini, sebab ini bisa membuat hidupmu menjadi tidak teratur dan seimbang. 

Biasakan untuk tetap bangun pagi dan menikmati sarapan dengan tenang, agar memiliki energi yang cukup untuk bekerja. Jangan lupa olahraga dengan teratur dan tetapkan terapkan pola hidup yang sehat di dalam rutinitasmu. 

Jangan lupa untuk senantiasa mencuci tangan dengan bersih, makan-makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Lalu, minum air putih yang cukup agar kondisi badan tetap fit saat bekerja dirumah. 

4. Ceritakan Pekerjaanmu dan Mintalah Pengertian dari Keluarga

  ceritakan pada orang tentang pekerjaan kamu  

Tinggal bersama dengan keluarga tentu akan membuat rumah lebih ramai, namun ini akan menjadi tantangan tersendiri untukmu. Kamu harus memiliki waktu dan suasana yang mendukung pekerjaanmu, untuk berbagai pekerjaanmu bisa selesai dengan baik. 

Sampaikan tentang pekerjaanmu kepada anggota keluarga di rumah, sehingga mereka bisa mengerti dan memberi ruang yang cukup untukmu bekerja. Hal ini juga akan mengatasi berbagai kesalahpahaman, dan mereka juga bisa mendukungmu dalam bekerja.

5. Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

ruang kerja  

Memiliki ruang kerja khusus di rumah tentu akan sangat menyenangkan, di mana kamu bisa fokus pada pekerjaanmu tanpa terganggu dengan berbagai hal lainnya. Kamu bisa menata ruangan ini dengan tepat dan benar-benar sesuai dengan keinginanmu dan bisa bekerja dengan lebih nyaman di sana. Hal ini akan memberikan dampak positif pada berbagai pekerjaan yang ditangani.

Apabila kamu tidak punya ruang kerja sendiri, ya ciptakan pojokan kerja yang nyaman buat bekerja. Jadi kamu bisa lebih kreatif disini, misalnya pilih pojokan yang membuatmu nyaman berlama-lama bekerja, apakah diatas meja atau lebih enak dengan cara lesehan. 

6. Hindari Menunda Pekerjaan

jangan menunda pekerjaan

Meski memiliki waktu yang panjang dan sangat leluasa untuk bekerja, bukan berarti bisa menunda-nunda pekerjaanmu. Kamu harus bekerja dengan disiplin sepanjang waktu, dan semua pekerjaan bisa selesai dengan tepat waktu. Hindari untuk menunda-nunda pekerjaan, sebab hal ini akan merugikan dirimu sendiri dan berefek buruk untuk karirmu. 

Biar produktif, pastikan kamu sudah membuat prioritas apa saja yang perlu dikerjakan hari itu juga. Buatlah daftar semua hal yang perlu dikerjakan, lalu kasih tanda mana yang prioritas penting (urgent/deadline) dan mana yang kategori oposional. Semuanya tergantung dari sistem kamu membagi-bagi pekerjaan. 

7. Cipatakan Mood Pagi yang Positif 

rutinitas pagi yang sehat

Untuk memulai hari, tetaplah bangun pagi dan memulai hari dengan rutinitas yang sehat. Kamu perlu mandi dan menggunakan pakaian yang nyaman, lalu benar-benar bersiap untuk memulai pekerjaan. Semakin pagi mulai bekerja, maka akan semakin cepat juga pekerjaanmu bisa diselesaikan. 

Mulai harimu dengan membaca quotes motivasi atau mendengarkan musik favorit sembari menikmati teh/kopi. Ciptakan mood positif sejak pagi hari, syukuri keadaanmu, kesehatanmu, pekerjaan yang kamu miliki dan sebisa mungkin untuk menghindari bermalas-malasan atau rebahan terlalu lama. 

Baca Juga: Jangan Tulis Kata-kata Ini di Resume Kalau Mau Diterima Kerja 

Fokus dan Komunikasi Jadi Kunci Sukses WFH

View this post on Instagram

A post shared by Cermati Indonesia (@cermati) on

Bekerja di rumah bisa menjadi pilihan yang tepat, terutama di saat-saat genting seperti situasi virus corona. Kuncinya, jaga kesehatanmu dengan baik, lakukan yang terbaik saat kamu bekerja di rumah. Lebih baik hindari keramaian atau kerja dari coffee shop atau mall. Jangan lupa, tetap jaga komunikasi dengan atasan atau tim divisi kamu.

Komunikas jadi hal penting agar semua pekerjaan kantormu bisa terselesaikan dengan baik. Jika ada hal yang tidak kamu mengerti, tak perlu tunda-tunda untuk bertanya. Urusan kantor, segera hubungi dan komunikasikan dengan baik denngan orang terkait via telepon, whatsapp maupun email. Kamu pasti bisa, semangat #dirumahaja dan bekerja dari rumah ya, sobat Cermati!