Keuntungan Menerapkan Sistem PayLater untuk Pemilik Bisnis

Layanan PayLater telah menjadi tren yang semakin populer dalam industri keuangan dan perdagangan elektronik. PayLater memberikan kemudahan bagi konsumen untuk melakukan pembayaran, konsepnya sendiri mirip dengan cicilan tanpa kartu kredit.

Dengan tajuk “Beli Sekarang, Bayar Nanti” PayLater menjadi salah satu metode pembayaran andalan bagi konsumen. Konsumen bisa membeli barang-barang yang dibutuhkannya sekarang dan membayarnya di kemudian hari, baik dalam opsi sekali bayar atau cicilan.

Bingung cari pinjaman yang tepat? Cermati solusinya!

Bandingkan Pinjaman Kilat Terbaik Sekarang!  

Keuntungan Fitur PayLater bagi Para Pemilik Bisnis

loader

Keberadaan PayLater tak hanya menguntungkan para pembeli saja, melainkan juga para pemilik bisnis. Bagi pemilik bisnis, menyediakan opsi pembayaran ini kepada pelanggan dapat memberikan sejumlah keuntungan, lho. Penasaran apa saja keuntungan yang bisa diperoleh? Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Meningkatkan Konversi Penjualan 

Salah satu keuntungan utama dari menyediakan layanan PayLater adalah meningkatkan penjualan. Adanya opsi pembayaran yang fleksibel membuat pemilik bisnis dapat menarik lebih banyak konsumen. Utamanya konsumen yang saat ini mungkin belum memiliki dana tunai yang cukup untuk membeli produk atau layanan yang disediakan.

Layanan PayLater memungkinkan konsumen bisa membeli barang tanpa harus membayarnya secara penuh di muka. Hal ini tentunya bisa meningkatkan tingkat konversi penjualan dan memperluas basis pelanggan.

2. Waktu Penyelesaian Transaksi Jadi Lebih Cepat

Keuntungan menggunakan layanan PayLater yang selanjutnya adalah waktu penyelesaian transaksi yang jauh lebih cepat dibandingkan metode pembayaran lainnya. Misalnya saja dibandingkan transfer atau COD, pembayaran dengan PayLater ini jauh lebih praktis dan cepat.

Konsumen tak perlu pergi ke ATM, membuka aplikasi M-Banking miliknya, atau menyiapkan uang tunai (COD) untuk pembayaran. Mereka hanya perlu memilih opsi PayLater di laman pembayarannya, memilih opsi cicilan (1x, 3x, 6x, 9x, 12x), dan memasukkan PIN-nya. Setelah itu transaksi akan segera diproses.

Semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan transaksi maka akan semakin bagus pula dampaknya pada para pemilik toko online.

3. Meminimalisir Resiko Hit & Run

Semakin cepat penyelesaian transaksinya, maka resiko hit & run yang biasa dilakukan konsumen juga bisa diminimalisir. Terkadang konsumen tiba-tiba menjadi ragu atau malas menyelesaikan transaksi pembayaran transaksi onlinenya. Tak jarang mereka malah mengurungkan niatnya dan tak jadi membeli barang yang mereka inginkan.

Hal ini tentu saja akan merugikan pemilik bisnis, barang yang sebenarnya sedikit lagi akan terjual malah tidak jadi terjual. Melalui opsi PayLater, dengan segala kemudahan yang ditawarkannya, konsumen cenderung tak terlalu berpikir panjang dan ingin menyelesaikan transaksi secepat mungkin. Hal ini tentu saja akan menguntungkanmu sebagai pemilik bisnis.

Baca Juga: 6 Manfaat Paylater, Salah Satunya Bantu Jaga Cash Flow

4. Adanya Peningkatan Rata-Rata Nilai Transaksi

Layanan PayLater cenderung membuat konsumen membeli produk atau layanan dengan nilai transaksi yang lebih tinggi dibandingkan transaksi secara tunai. Hal ini tentu saja berkaitan dengan pertimbangan kondisi keuangan.

Contohnya saja, konsumen A ingin membeli HP baru seharga Rp 2.500.000. Namun, uang yang dimilikinya hanya cukup untuk membeli HP baru lainnya yang harganya lebih rendah misal Rp 1.500.000. Melalui layanan PayLater yang memberikan kemudahan pembayaran dengan opsi cicilan, konsumen A bisa membeli HP baru dengan harga Rp 2.500.000.

Dibandingkan transaksi tunai, nilai transaksi konsumen A yang menggunakan fitur PayLater meningkat Rp 1.000.000. Opsi cicilan memungkinkan konsumen untuk memperoleh barang atau layanan yang melebihi anggaran mereka dalam satu pembayaran.

Hal ini dapat meningkatkan rata-rata nilai transaksi yang didapatkan dari setiap konsumen. Sebagai pemilik bisnis, ini berarti kamu bisa memperoleh pendapatan yang lebih tinggi dan potensi keuntungan yang lebih besar.

5. Meminimalisir Resiko Kegagalan Pembayaran

Salah satu risiko terbesar yang dihadapi oleh pemilik bisnis adalah pembayaran yang gagal atau tunggakan pembayaran dari konsumen. Melalui layanan PayLater, risiko ini dapat diminimalisir.

Penyedia layanan PayLater umumnya akan bertanggung jawab untuk memproses pembayaran dari konsumen ke penjual dan menanggung resiko pembayaran yang gagal. Hal ini tentunya akan memberikan perlindungan bagi pemilik bisnis terhadap kemungkinan kerugian karena pembayaran yang tertunda atau tidak terbayarkan.

6. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Layanan PayLater dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan. Ketika memberikan opsi pembayaran yang mudah dan fleksibel, kamu juga akan memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada pelanggan saat bertransaksi. 

Pelanggan yang merasa dihargai dan dipermudah dalam proses pembelian cenderung menjadi pelanggan yang loyal dan berulang. Mereka lebih mungkin untuk kembali membeli produk atau layanan dari bisnismu di masa depan. 

Itu artinya potensi pendapatan dan keuntungan yang lebih stabil dalam jangka panjang jadi lebih memungkinkan. Hal ini tentunya juga harus diimbangi dengan kualitas pelayanan dan barang dari pemilik bisnis itu sendiri.

7. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Layanan PayLater juga dapat membantu pemilik bisnis menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan menyediakan opsi pembayaran yang fleksibel, kamu dapat menarik pelanggan dari berbagai lapisan masyarakat yang memiliki preferensi pembayaran yang berbeda-beda.

Beberapa pelanggan mungkin tidak memiliki kartu kredit atau dana tunai yang cukup, tetapi mereka mampu membayar dalam cicilan. Dengan adanya layanan PayLater, kamu bisa menjangkau konsumen yang sebelumnya tidak bisa membeli produk atau layanan secara tunai.

Ini memungkinkan pemilik bisnis untuk mengoptimalkan potensi pasar dan menjangkau segmen pasar yang lebih luas.

Baca Juga:  Rekomendasi Barang yang Cocok Dibeli dengan PayLater

8. Kelebihan Lainnya

Selain kelebihan-kelebihan yang disebutkan diatas, adanya penambahan opsi pembayaran menggunakan PayLater juga memungkinkan pemilik bisnis untuk:

  • Meningkatkan cash flow perusahaannya sejalan dengan semakin tingginya tingkat penyelesaian transaksi.
  • Mendapatkan laporan hasil analisis data konsumen yang biasanya disediakan oleh beberapa penyedia layanan PayLater.
  • Membuka peluang kemitraan dengan penyedia layanan PayLater.
  • Mendapatkan pembayaran penuh atas transaksi penjualan.
  • Jadi lebih kompetitif, saat ini banyak pemilik bisnis yang mulai menambahkan opsi pembayaran dengan PayLater pada sistem penjualan mereka. Jika kamu tidak ikut menggunakan layanan ini, bisa saja bisnismu akan tertinggal dari bisnis para pesaing.

Kembangkan Bisnis dengan Mulai Menggunakan Sistem PayLater dan Dapatkan Keuntungannya

Banyak sekali bukan keuntungan yang bisa didapatkan oleh pemilik bisnis dengan memberikan opsi pembayaran menggunakan fitur PayLater? Salah satu keuntungan utamanya tentu ada di peningkatan jumlah transaksi bulanannya. 

Jadi bagaimana? Apakah kamu siap menambahkan opsi PayLater dalam toko onlinemu? Jangan lupa untuk mempelajari bagaimana sistem PayLater ini agar bisnis bisa makin berkembang, ya!

Baca Juga:  Beda Bunga PayLater, Pinjol, dan KTA