Koneksi WiFi Lambat? 7 Tips Ini Ampuh untuk Mempercepat Koneksi WiFi

WiFi sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat di era modern. Buktinya bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja saat pergi ke kafe, yang pertama kali ditanya bukan alamat kafe atau menu makanan, tetapi ada tidaknya koneksi WiFi. Segitu pentingnya WiFi dalam kehidupan, tak jarang menyebabkan banyak orang candu.

Sayangnya, koneksi WiFi sering lambat, sehingga aktivitas download atau streaming menjadi terganggu. Cara mengatasinya sangat mudah, selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Tips untuk Mempercepat Koneksi WiFi

loader

1. Coba Ubah Setting Bandwidth

Sebelum melangkah ke pengubahan bandwidth, pastikan modem sudah on. Apabila dalam 20 menit koneksi WiFi masih buruk, ubah pengaturan bandwidth ke frekuensi yang lebih besar agar internet semakin lancar.

Caranya: cari menu Run pada Windows > ketik gpedit.msc > klik konfigurasi komputer > template administrasi > jaringan > QoS packed scheduler > double klik limit reservable bandwidth > pilih enable, lalu ganti bandwidth limit menjadi. Restart komputer untuk melihat hasilnya.

2. Instalasi Wifi Switcher

Cara lain yaitu dengan instalasi WiFi switcher. Kamu bisa mencari aplikasi ini di Google Play Store dengan mengetikkan nama yang sama. Pilih aplikasi switcher yang dikelola oleh Cloudie Development, kemudian unduh.

Setelah selesai mengunduh, akan muncul sebuah notifikasi. Pilih menu “izinkan” agar aplikasi WiFi Switcher berfungsi di smartphone milikmu. Buka aplikasi, lalu klik menu yang disediakan agar koneksi WiFi segera lancar.

Baca Juga:  Transaksi Internet Banking Akan Semakin Aman dengan Cara Ini

3. Mengubah Setting DNS Komputer

DNS adalah menu pencarian nama pada komputer yang menggunakan jaringan TCP atau IP. Ubah pengaturan DNS pada komputer melalui DNS Google. Apabila setelah perubahan koneksi internet masih lambat, sebaiknya lakukan reset jaringan dan flushing DNS.

Caranya: klik kanan > pilih menu run administrator > ketik flushdns > tekan enter, lalu coba akses internet berulang kali.

4. Pilih Provider yang Terkenal

Telkomsel merupakan provider internet yang sudah populer dan terbukti memiliki koneksi internet yang cepat. Kamu bisa beralih ke provider internet agar koneksi selalu stabil setiap saat. Harga kuota internet Telkomsel memang mahal, tetapi kualitas yang kamu dapatkan sebanding dengan harga yang dibayar.

Selain Telkomsel, provider lain seperti XL dan Tri juga bagus, tergantung daerah tempat tinggal kamu juga. Bagi yang tinggal di perkotaan, provider internet apa saja pasti bagus dan lancar. Berbeda dengan yang tinggal di pedesaan atau pinggiran kota.

5. Pindah ke Area yang Sepi

Jika ingin memakai internet di kafe atau restoran, sebaiknya pilih kafe atau restoran yang tidak terlalu ramai didatangi pengunjung agar koneksi internet nya tetap lancar. Sebab, koneksi internet di suatu tempat sangat bergantung pada frekuensi pengguna internet di tempat yang bersangkutan.

Apabila situasi kafe tiba-tiba ramai, kamu bisa pindah ke tempat duduk yang masih sepi. Dengan demikian, kamu bisa mengakses WiFi dengan lancar.

6. Memeriksa Posisi Antena Router

Banyak yang tidak menyadari kalau posisi antena router juga berpengaruh pada kecepatan koneksi internet. Pastikan posisi router berdiri tegak, bukan miring ke samping kanan ataupun kiri, sehingga router lebih mudah menangkap sinyal dan menyalurkan sinyal tersebut ke perangkat yang kamu gunakan.

Selain itu, pastikan kabel router dalam keadaan baik. Apabila kabel putus atau sobek pada kulit bagian luar, sebaiknya segera diperbaiki agar sinyal internet tidak melemah.

Baca Juga: Cara Aman Belanja dan Transaksi Via Online

7. Pakai Modem yang Memadai

Meskipun sudah mempunyai router pribadi, kamu juga perlu menyediakan modem. Apabila router rusak, kamu bisa menggunakan modem untuk mengakses internet, sehingga aktivitasmu tidak terganggu.

Setiap modem dilengkapi dengan kecepatan yang berbeda-beda. Pilih satu merek modem yang memiliki kecepatan paling tinggi untuk mengoptimalkan koneksi internet.

Ketahui Faktor yang Memperlambat Koneksi WiFi

Sebelum kamu marah-marah karena koneksi WiFi lambat, sebaiknya cari tahu faktor penyebabnya terlebih dahulu. Apakah itu karena faktor internal (pengaturan yang salah) atau karena faktor eksternal (provider internet yang kurang kompeten), sehingga kamu mengetahui cara terbaik untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.

Baca Juga: Mengenal Mobile Banking, Apa Keunggulan dan Kekurangannya?