Kue Kekinian Bikin Cuan, Ini Tips Menjalankan Bisnis Korean Cake Box

Tren bisnis yang berbau-bau korea memang tidak ada habisnya dan selalu laris manis di pasaran khususnya kalangan anak muda. Selain di dunia fesyen, sepertinya di bidang kuliner pun tak mau ketinggalan. Mulai dari minuman, jajanan ringan, makanan berat dan dessert terus bermunculan dan laris manis dipasaran.

Jika sebelumnya ada korean street food, kini ramai dengan korean cake box. Tak sedikit orang yang memiliki keahlian (skill) buat kue (baking), menjalankan bisnis kue kekinian tersebut.

Alhasil, bisnis yang kekinian memang mendatangkan cuan yang besar. Apalagi bisnis kue ini tidak mudah redup, sebab orang akan terus memesan untuk diberikan kepada keluarga, kerabat, pasangan dan lainnya di momen-momen tertentu, seperti ulang tahun, merayakan anniversary dan sebagainya.

Nah, bagi kamu yang punya skill baking dan terinspirasi ingin menjalankan bisnis korean cake box, yuk segera mulai dari sekarang!

Biar enggak bingung, berikut gambaran menjalankan bisnis korean cake box, mulai dari peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan serta modal, dan tips biar bisnis korean cake box kamu banyak pesanan.

Simak ulasannya berikut ini!

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Korean Cake Box

loader
Korean cake box

Korean cake box, merupakan kue bekal yang dikemas dalam wadah kecil dan popular di Korea Selatan. Kue ini didecor dengan buttercream warna warni, tapi desaignnya lebih sederhana. Meski begitu, orang yang pesan bisa request desain, mulai dari warna, tulisan hingga gambar.

Ukurannya yang mini hanya sekitar 7-10 cm saja dan hiasannya yang sederhana, membuat korean cake box ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Umumnya, korean cake box dibandrol mulai Rp35 saja.

Selain murah, rasanya yang sama seperti kue-kue pada umumnya, tentu menjadikan korean cake box ini viral di tengah masyarakat.

Modal Bisnis Korean Cake Box

Untuk memulai bisnis korean cake box ini, tentunya kamu harus memiliki berbagai peralatan dan perlengkapan atau bahan-bahannya. Berikut rincian beserta modal yang dibutuhkan, antara lain:

Peralatan dan Bahan

Harga

Oven Panggang Kompor / Listrik

Rp300 ribu – Rp2 juta

Kompor dan gas

Rp500 ribu

Mixer

Rp200 ribu – Rp500 ribu

Timbangan bahan digital

Rp50 ribu – Rp100 ribu

Sendok, Gelas Ukur, Spatula/Kuas, Kertas Roti

Rp150 ribuan

Piping Bag, Spuit dan loyang

Rp200 ribu

Whisk

Rp50 ribu

Meja putar desain

Rp150 ribu – Rp300 ribu

Scoop

Rp70 ribu

Rolling Pin

Rp20 ribu – Rp50 ribu

Bahan-bahan kue (Terigu, telor, baking powder, pewarna makanan dan lain-lain) untuk stock lebih

Rp500 ribu

Kemasan box

Rp100 ribu

Total

Rp2.290.000 – Rp4.520.000

Note: Modal diatas hanya perkiraan jika kamu belum memiliki semua peralatan. Beda halnya, jika kamu sudah memiliki peralatan baking yang lengkap. Kamu hanya perlu membeli bahan-bahan kue saja, sehingga modal yang dibutuhkan dibawah Rp1 jutaan.

Baca Juga: Bisnis Menguntungkan, Ini 4 Tips Membuka Bisnis Mie

Tips Bisnis Korean Cake Box 

loader
Tips bisnis korean cake box

Membuat kue memang terbilang tidak begitu rumit. Namun, pada umumnya mendapatkan pembeli atau pelangganlah yang membuat kita harus menguras pikiran agar jualan laris dipasaran. Tapi tak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tips buat kamu yang ingin menjalankan bisnis korean cake box, antara lain:

1. Siapkan Nama Brand dan Akun Jualan

Hal utama yang perlu kamu lakukan adalah memberikan nama untuk brand koran cake box kamu. Buatlah nama brand yang bagus, menarik dan kekinian. Siapkan juga logo brand yang melambangkan bisnismu. Dengan begitu, masyarakat bisa mengetahui dan mudah mengingat bisnis korean cake box kamu.

Selain itu, siapkan akun untuk jualan korean cake box. Apakah kamu ingin menjual melalui media sosial atau juga di e-commerce. Pastikan, setiap akun bisnis yang kamu buat terdapat informasi yang lengkap mengenai bisnis korean cake box yang kamu tawarkan.

2. Buat Sample Kue

Orang atau calon pembeli akan tertarik membeli kue jika ada contoh yang disajikan. Maka dari itu, kamu perlu membuat sample korean cake box yang nantinya untuk bahan postingan di akun jualan, mulai dari Instagram, Facebok, TikTok, Shopee, Tokopedia, dan sebagainya.

Agar tidak membuang bahan-bahan kue, kamu bisa memanfaatkan styrofoam berbentuk bulat atau kotak yang berukuran kecil. Setelah itu, kamu hanya tinggal mendesain kue dengan buttercream. Namun, beda halnya jika ada orang terdekat yang ingin mencoba kue terlebih dahulu, tentunya kamu harus menyiapkan kue untuk dicoba.

3. Sajikan Konten yang Menarik

Bagaimana bisa akun jualanmu dilirik oleh calon pembeli, jika akun jualanmu kosong atau kontenya berantakan? Untuk itu, menyajikan konten yang menarik sangat penting dilakukan. Konten ini berupa foto atau video membuat kue, dan price list.

Untuk mendatangkan pelanggan, kamu juga harus aktif di setiap akun jualan. Selain membalas komen, kamu juga bisa mengadakan games-games, hingga giveaway.

Buatlah konten dengan memilih warna tone, font dan size style yang bagus dan senada. Sebab, kerapihan konten juga membuat tampilan akun menjadi menarik.

4. Bikin Promo Pembelian

Hanya mengandalkan kue yang enak dan bagus dan konten yang menarik saja tidak cukup. Untuk mendatangkan pembeli di akun jualan, kamu perlu mengadakan promo disetiap pemesan korean cake box.

Promo jualan ini bisa bisa dengan berbagi cara, mulai dari diskon, cashback, free request desain, beli kue dapat hadiah kecil dan sebagainya. Pilihlah promo yang menarik dan bisa mendatangkan keuntungan yang besar untukmu.

Baca Juga: Selain Promosi Tak Maksimal, 4 Hal ini Bikin Bisnis Kuliner Gulung Tikar

5. Packaging yang Menarik

Kue sudah enak, desain juga sudah bagus, selanjutnya siapkan packaging yang menarik juga, ya! Dengan begitu, tampilan korean cake box kamu cantik luar-dalam.

Kamu bisa mengenakan packaging kardus atau Styrofoam, kemudian dilengkapi dengan pita dan juga kartu ucapan. Pastikan juga label logo juga terdapat pada packagingmu.

6. Tingkatkan Kreativitas Baking dan Decor Kue

Biar konsumen dan pelangganmu semakin banyak, kamu juga harus menyajikan kue yang semakin enak dan desain atau décor kue yang beragam, mulai dari gradasi warna kue, tulisan, gambar orang, hewan dan lainnya. Kamu bisa mengikuti kelas baking dan décor kue ini, sehingga kreativitas kamu bisa meningkat.

Tekuni Bisnis dan Buat Tim yang Solid

Ingin bisnis korean cake box berkembang dan mendapatkan omset penjualan yang terus meningkat, mudah saja. Kamu harus menekuni bisnis yang kamu jalankan. Jika adanya kesulitan dan masalah, hadapi dan temukan solusi bisnis.

Miliki juga tim bisnis yang punya kecintaan yang sama terhadap kue dan solid, sehingga bisa diajak kerjasama dalam membangun bisnis.

Menyoal modal awal tak perlu bingung, kamu bisa menggunakan tabungan atau mengajukan pinjaman kilat agar kamu bisa memulai bisnis korean cake box lebih awal. Agar bisnis dan cicilan pinjaman berjalan lancar, susun keuangan bisnis dengan bijak.

Baca Juga: Tips Sukses Jalankan Bisnis Kuliner Saat New Normal