Lagi Melamar Kerja? Yuk, Siapkan Surat Rekomendasi Kerja

Lagi melamar pekerjaan? Kamu pasti butuh yang namanya surat rekomendasi kerja. Meski tidak  semua perusahaan menuntut syarat tersebut, namun tak ada salahnya kamu mempersiapkan surat rekomendasi kerja.

Surat rekomendasi kerja bisa diartikan surat yang dibuat dan dikeluarkan secara resmi oleh instansi atau perusahaan. Isinya menerangkan bahwa pemohon pantas mendapatkan pekerjaan.

Biasanya dibuat untuk pemohon yang notabene-nya adalah mantan karyawan di perusahaan tersebut. Karyawan itu resign dan membutuhkan surat rekomendasi kerja.

Surat rekomendasi kerja juga bisa dibuat oleh dosen bila kamu seorang mahasiswa yang baru lulus dan ingin melamar kerja.

Surat ini dibuat atau dikeluarkan pimpinan perusahaan, pihak HRD, atau dosen berdasarkan penilaian terhadap kinerja karyawan atau mahasiswa tersebut selama bekerja di perusahaan atau kuliah di sebuah perguruan tinggi.  

Berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang surat rekomendasi kerja:

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Tepat

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Isi informasi surat rekomendasi kerja

Isi surat rekomendasi kerja sebetulnya sederhana. Membuatnya pun mudah bagi perusahaan. Hanya saja memintanya kepada perusahaan terdahulu perlu jauh-jauh hari. Alasannya karena pimpinan perusahaan atau pihak HRD sibuk.

Surat rekomendasi berisi informasi sebagai berikut:

1. Informasi pembuat dan pemohon surat rekomendasi kerja

Surat Rekomendasi Kerja
Ilustrasi surat rekomendasi kerja

Isi surat rekomendasi kerja di bagian atas dimulai dengan menyebutkan informasi si pembuat surat, seperti nama, nomor induk pegawai, jabatan, serta nama perusahaan.

Bisa juga langsung dibuat oleh pimpinan langsung perusahaan, seperti Direktur Utama jika kamu sangat dekat dengannya. Atau pernah bekerja langsung di bawahnya.

Setelah itu, diikuti dengan informasi si pemohon atau mantan pegawai. Informasinya menyebutkan nama dan alamat.

Sebagai contoh:

Kami yang bertandatangan di bawah ini:

Nama: Medina Amira

Nomor induk pegawai: 123456789

Jabatan: Direktur HRD

 

Yang dalam hal ini bertindak atas nama PT XYZ.

 

Memberikan rekomendasi atas mantan pegawai atau staf kami:

Nama: Sulaiman Iskandar

Alamat: Jl. Suka-suka kamu No. 161, Jakarta Selatan.

2. Tujuan dikeluarkannya surat rekomendasi kerja

Di paragraf berikutnya, sebutkan tujuan dibuat atau dikeluarkannya surat rekomendasi kerja untuk kantor baru yang akan menerima kamu.  

Selain itu, surat rekomendasi kerja biasanya akan mencantumkan penilaian si penulis atau pembuat terhadap kinerja kamu atau pemohpn. Menyebutkan pula lamanya bekerja di perusahaan tersebut, beserta jabatan terakhir yang diembannya.

Sebagai contoh:

Kepada perusahaan maupun tempat Saudara Sulaiman nanti bekerja. Surat rekomendasi ini, kami keluarkan berdasarkan penilaian terhadap kinerja, kedisiplinan, serta dedikasi dan loyalitas Saudara Sulaiman selama 5 tahun bekerja di PT XYZ dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Keuangan.

3. Pernyataan optimistis dari pemberi surat rekomendasi kerja

Di bagian akhir, pembuat atau penulis surat rekomendasi kerja menunjukkan optimistisnya bahwa si pemohon atau mantan pegawainya dapat memberikan kontribusi yang sama kepada perusahaan yang baru.

Sebagai contoh:

Kami yakin bahwa Saudara Sulaiman Iskandar akan memberikan hal yang sama kepada perusahaan tempat Saudara Sulaiman bekerja nantinya.

4. Penutup

Sebagai penutup, ditulis kalimat penutup seperti surat-surat formal lainnya. Diikuti dengan tempat dan tanggal dikeluarkannya surat, serta tandatangan pemberi rekomendasi.

Sebagai contoh:

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 7 November 2019

Hormat kami,

Medina Amira

---

Direktur HRD.

Baca Juga: Makin Mudah, Begini Cara Membuat e-KTP Tanpa Surat Pengantar RT/RW

Cara Minta Surat Rekomendasi Kerja

Surat Rekomendasi Kerja
Cara minta surat rekomendasi kerja

Begitu kamu sudah mengundurkan diri dari perusahaan, jangan tunggu lama-lama untuk meminta surat rekomendasi kerja. Kalau perlu, sebelum kamu meninggalkan kantor lama, pas perpisahan dengan atasan, teman-teman di semua divisi, termasuk HRD, kamu bisa langsung ‘nembak’ untuk meminta dibuatkan surat rekomendasi.

Kamu pun harus aktif menanyakan terus ‘kabar’ surat rekomendasinya, sudah jadi atau belum. Kalau tidak bergerak cepat, bisa lupa terus. Kamu sibuk, mereka sibuk.

Yang perlu kamu ingat, mendapatkan surat rekomendasi kerja adalah hak kamu. Jangan sampai mereka malah mempersulitmu memperoleh surat tersebut. Perusahaan atau mantan rekan kerja yang baik tidak akan mengulur-ngulur hak temannya.

Bagaimana cara meminta surat rekomendasi kerja:

1. Minta kepada orang yang kamu kenal

Jika kamu pernah bekerja dan bertanggungjawab langsung terhadap supervisor, manajer, direktur, minta saja surat rekomendasi kepada mereka. Pasalnya, mereka pernah mengawasi secara langsung kinerjamu. Mereka tahu kualitas kerjamu seperti apa.

Apalagi kalau sudah kenal dekat. Akan lebih mudah meminta surat rekomendasi kerja tersebut. Tapi biasanya surat rekomendasi kerja dibuat atau dikeluarkan pihak HRD. Itu sudah tugas mereka.

Contoh Surat Rekomendasi Kerja

Surat Rekomendasi Kerja
Contoh surat rekomendasi kerja

PT. MAJU MUNDUR

Jl. Perjuangan No. 123
Jakarta Selatan

SURAT REKOMENDASI KERJA
No. : 120/HRD/XX/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Jaya
Jabatan : Direktur PT. Maju Mundur

Atas nama PT Maju Mundur, memberikan rekomendasi atas mantan karyawan dengan keterangan :

Nama : Andi Pratama
Alamat : Jl. Pancasila No. 123 Jakarta

Kepada perusahaan tempat saudara Andi Pratama bekerja. Surat rekomendasi ini kami keluarkan berdasarkan penilaian terhadap kinerja, kedisplinan, sifat dan sikap yang baik serta loyalitas saudara Andi Pratama selama 7 tahun bekerja di PT Maju Mundur dengan jabatan terakhir Manager Resource And Development. Surat ini diterbitkan guna untuk menjadi bahan pertimbangan kepada yang bersangkutan untuk melamar diperusahaan.

Kami yakin bahwa saudara Andi Pratama akan memberikan hal yang sama kepada perusahaan tempat saudara Andi Pratama bekerja nantinya.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 5 April 2018

Direktur PT. Maju Mundur,

Anton Jaya

*Sumber contoh surat rekomendasi kerja di atas: suratresmi.id

Jalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Ini nih pentingnya menjalin hubungan baik dengan rekan kerjamu. Jika butuh bantuan, mereka siap membantu. Salah satunya membuat surat rekomendasi kerja.

Jangan hanya memikirkan kualitas dan kuantitas pekerjaanmu saja tanpa mengindahkan sekitar. Perlu juga membangun komunikasi dan pertemanan yang baik demi keseimbangan hidup.

Baca Juga: Bikin Kartu Kuning Pencari Kerja Cuma 15 Menit, Begini Syarat dan Caranya