Lakukan 7 Hal Ini Bila Interview Kerja Tak Berjalan Lancar

Interview kerja tak berjalan sesuai rencana? Tenang karena hal ini tidak hanya dialami olehmu saja, tapi juga oleh para pencari kerja lainnya. Bahkan orang yang saat ini bekerja di perusahaan bagus dengan jabatan tinggi pun pernah mengalami hal serupa denganmu.

Agar interview yang tak berjalan lancar itu tidak merusak harimu, lakukan beberapa hal berikut ini untuk memperbaiki mood kamu. Dijamin kamu akan kembali bersemangat untuk menghadapi interview berikutnya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tenangkan diri

loader

Oke, interview yang kamu hadapi tidak berjalan sesuai rencana, tapi duniamu tidak berakhir meskipun interview tersebut gagal nantinya. Lebih baik tenangkan dirimu selama beberapa saat sampai bayang-bayang interview buruk tersebut hilang dari ingatanmu.

Pejamkan mata dan tarik nafas sedalam mungkin, biarkan beban yang kamu rasakan selama interview tersebut larut dalam setiap hembusan nafasmu. Lakukan secara berulang-ulang sampai kamu merasa lebih baik.

Ingat, buruk dimatamu belum tentu buruk dimata recruiter. Jadi, jangan biarkan pikiran negatif merusak hari dan membuatmu semakin terpuruk, ya!

2. Cari spot favorit untuk bersantai

loader

Agar hasilnya lebih maksimal lagi, kamu bisa pergi mencari salah satu spot terbaik untuk menenangkan diri setelah interview. Memandang setiap sudut tempat tersebut akan membuatmu merasa lebih baik berkat konsep dan dekorasi yang disuguhkan. 

Kamu bisa pergi ke kafe, restoran, atau tempat lainnya yang jauh dari keramaian. Jadi, kamu benar-benar merasa tenang di sana.

Jangan lupa untuk ngemil makanan atau minuman manis, seperti ice cream atau cookies coklat. Keduanya dipercaya dapat mengembalikan mood dan membuat pikiran cepat tenang.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh yang Mesti Diperhatikan Saat Wawancara Kerja

3. Jangan membahasnya dengan teman

loader

Jika interview tersebut terbukti merusak harimu, maka tidak ada hal yang bisa kamu lakukan selain melupakannya. Bukan berarti tidak peduli, tapi melupakan apa yang sudah terjadi membantu membuat pikiran menjadi tenang. 

Kamu tidak perlu membahas betapa buruknya performa kamu dalam interview tersebut kepada keluarga maupun teman. Sebab, ini akan membuatmu kembali mengingat saat-saat buruk yang kamu sendiri sudah belajar lupakan.

Lebih baik ganti topiknya dengan hal-hal menyenangkan, seperti spot bagus yang tadi kamu kunjungi setelah interview berlangsung. Dengan demikian, mood kamu tidak rusak berhari-hari cuma karena satu sesi interview saja.

4. Belajar memaafkan diri sendiri

loader

Kamu tidak seharusnya menyalahkan diri sendiri karena interview tak berjalan sesuai rencana. Menyalahkan diri sendiri hanya akan membuatmu semakin terpuruk, jadi lebih baik maafkan dirimu atas apa yang sudah terjadi.

Catatlah kesalahan apa saja yang sudah kamu buat dalam interview tersebut. Catat semuanya dengan terperinci agar kesalahan tersebut tidak kembali terulang pada interview selanjutnya. 

Kalau kamu berhasil memaafkan diri sendiri dan mau belajar dari kesalahan tersebut, percayalah interview selanjutnya pasti berjalan lancar. Kamu cuma perlu persiapan yang lebih matang saja agar semuanya baik-baik saja.

5. Siapkan rencana berikutnya

loader

So, what’s next? Inilah yang harus kamu tanyakan pada diri sendiri kala dirimu merasa gagal dalam suatu hal, termasuk interview. Alangkah lebih baik kalau kamu menjatuhkan lamaran ke banyak perusahaan sekaligus untuk memperbesar peluang diterima interview kerja.

Jika ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam CV, maka segera perbaiki agar perusahaan benar-benar memperhitungkan surat lamaranmu. Intinya, jangan mau ambil pusing atas kejadian yang sudah terjadi.

Kamu perlu ingat kalau peluang untuk interview kerja masih banyak, jadi jangan putus asa. Selagi kamu mau mencoba dan terus mencoba, keinginan terbesarmu akan segera menjadi kenyataan. 

Baca Juga: Hai Job Hunter, Ketahui Tren Karir Terbaru yang Bakal Booming di 2021

6. Lakukan follow up

loader

Kamu boleh saja merasa gagal saat interview kerja, tapi perusahaan belum tentu berpendapat sama, kan? Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk melakukan follow up beberapa hari berikutnya agar kamu tahu apakah secerca harapan masih ada atau tidak.

Jika memang ada, maka gunakan waktu yang kamu miliki saat ini untuk memaksimalkan penampilanmu di sesi berikutnya. Bangun rasa percaya diri yang tinggi dan pastikan mental dalam keadaan siap.

Jika tidak ada harapan, maka belajarlah untuk move on. Kamu tidak perlu patah semangat karena masih banyak perusahaan lain yang siap mempekerjakanmu.

7. Perbanyak membaca seputar tips interview kerja

loader

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah banyak membaca. Bahan bacaanmu bukan saja untuk menghadapi tes tertulis, tapi juga tips dan trik saat interview kerja berlangsung. 

Tips dan trik tersebut akan membantumu memaksimalkan diri sebelum interview kerja berlangsung. Alhasil, kamu tidak perlu merasa gagal lagi saat menghadapi interview selanjutnya.

Persiapkan Diri untuk Hal yang Lebih Baik

Kamu boleh saja gagal dalam interview kerja, tapi duniamu tidak berakhir disaat itu juga. Justru kamu harus meluangkan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Sebab, hal-hal baik sudah menantimu di luar sana. Semangat!

Baca Juga: Tak ada Pengalaman Kerja saat Melamar? Cantumkan Ini di CV