5 Langkah Cerdas Mengamankan Keuangan setelah Lebaran

Berbagai pengeluaran menjelang lebaran ini seringkali menguras kantong, apalagi jika tidak dilakukan dengan perencanaan yang matang. Bila tidak jeli mengelola keuangan, bukan tidak mungkin masalah akan muncul setelah lebaran selesai nanti. 

Hindari kondisi keuangan yang seperti ini dan pastikan tetap mengelola keuangan dengan cara tepat  selama Ramadhan hingga lebaran tiba.

 Berikut ini adalah beberapa langkah cerdas yang bisa dilakukan untuk mengamankan keuangan setelah lebaran:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Susun anggaran keuangan yang tepat

loader

Jika ingin memiliki kondisi keuangan yang baik, maka harus diawali dengan sebuah anggaran keuangan yang tepat. Hal ini berlaku sepanjang waktu, terutama di saat Ramadhan yang seringkali membuat sebagian besar orang kalap untuk berbelanja. 

Di bulan Ramadhan kamu akan mendapatkan THR, hindari untuk melakukan pembelanjaan yang tidak terencana dengan baik menggunakan dana ini.

Alokasikan THR dengan cara yang tepat, yakni dengan membaginya untuk berbagai kebutuhan pos pengeluaran di dalam keuangan. 

Misalnya:  25% untuk menunaikan zakat, 35% untuk kebutuhan belanja lebaran, 20% untuk tabungan dan 20% lainnya untuk investasi. Pengalokasian THR dengan porsi yang tepat seperti ini akan membantu mengamankan keuangan, bahkan setelah lebaran nanti sekalipun.

2. Memanfaatkan beragam promo dengan maksimal

loader

Membeli pakaian dan beragam panganan khas lebaran merupakan hal yang lazim dilakukan di akhir bulan Ramadhan. Dengan anggaran keuangan yang tepat, kamu akan bisa memenuhi berbagai kebutuhan lebaran ini dengan baik. 

Buat daftar belanja terlebih dahulu dan catatlah apa saja barang yang akan dibeli dan memang benar-benar dibutuhkan. Belanjalah dan patuhi  daftar yang telah dibuat ini dengan disiplin, agar pengeluaran tidak membengkak.

Di musim pandemi covid 19 ini, belanja online tentu akan jauh lebih nyaman. kunjungi situs belanja online dan temukan berbagai penawaran menarik serta diskon di sana. 

Manfaatkan promo Ramadhan terbaik dan paling menguntungkan, sehingga budget belanja bisa ditekan dengan maksimal. Selain situs online, berbagai penawaran menarik seperti ini juga biasanya bisa ditemukan di berbagai toko dan supermarket konvensional.

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Keluarga Pasca Perceraian

3. Jangan ciptakan utang yang baru

loader

 Pengeluaran yang membengkak selama Ramadhan hingga menjelang lebaran bisa saja diakibatkan oleh “kecelakaan”, di mana kamu membeli berbagai kebutuhan yang tidak penting. 

Hal ini pada umumnya disebabkan oleh banyaknya promo dan penawaran menarik sepanjang bulan Ramadhan tersebut. Meski terlihat menguntungkan, beragam promo seperti ini bisa saja menjadi jebakan tersendiri dalam keuangan.

Hindari pembelanjaan yang impulsif dan tetaplah patuhi daftar belanja yang telah disusun sejak awal. Alokasikan THR dengan cara  dan porsi yang tepat. 

Jangan menciptakan utang yang baru di dalam keuangan, ini bisa ini bisa menjadi bumerang dan membuat kondisi keuangan buruk pasca lebaran. Jika tidak terlalu penting, hindari juga penggunaan kartu kredit ketika berbelanja.

4. Jangan lupa menabung 

loader

Menabung merupakan aktivitas yang wajib dilakukan di dalam keuangan, terutama setelah kamu mendapatkan THR di bulan Ramadhan. Alokasikan sebagian THR ini ke dalam rekening tabungan sesaat setelah dicairkan. 

Hal ini akan mencegah kamu lupa atau bahkan mengabaikan kebutuhan tersebut di dalam keuangan.

Tabungan menjadi pos yang sangat penting di dalam keuangan, sehingga perlu untuk diisi secara rutin setiap bulannya. Dana ini akan sangat berguna dan bisa membantu kamu mengatasi berbagai masalah di dalam keuangan, termasuk kondisi darurat sekalipun. Biasakan untuk menabung secara rutin dan dalam jumlah yang tepat setiap bulannya.

Baca Juga: Belanja Cerdas dengan Kartu Debit, Begini Bisa Bebas Bangkrut

5. Tetap lakukan investasi di dalam keuangan

loader

Jangan lupa untuk tetap melakukan investasi dalam keuangan dengan menggunakan dana THR yang kamu dapatkan. Alokasi dana investasi ini dalam jumlah yang tepat pada instrumen yang sesuai. 

Pilihlah instrumen yang kamu pahami dan bisa dikelola dengan cara yang tepat, agar potensi keuntungan dari investasi tersebut bisa didapatkan.

Saat ini ada banyak instrumen investasi yang bisa diakses dengan mudah secara online, seperti reksa dana dan yang lainnya. Investasi akan membuat keuangan menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu. 

Pilih perusahaan investasi yang terpercaya dan sudah memiliki reputasi yang baik, agar dana tersebut aman dan bisa memberi keuntungan.

Amankan Keuangan dengan Baik Hingga Lebaran Usai

Memenuhi berbagai kebutuhan menjelang lebaran merupakan hal yang lazim dilakukan. Semua ini tentu akan membutuhkan dana yang cukup besar, sehingga harus direncanakan dan dilakukan dengan cara yang tepat. Susunlah anggaran keuangan dengan baik sejak awal dan patuhi,  agar kondisi keuangan tetap aman sampai lebaran selesai nanti.

Baca Juga: Keuangan Anti Krisis saat Baru Punya Anak, Begini Caranya