Lazada Seller Center: Fitur, Keunggulan dan Cara Daftarnya

Lazada seller merupakan sebutan bagi para pebisnis yang menjalankan bisnis online mereka melalui Lazada. Menjadi salah satu pioneer marketplace di tanah air, nama Lazada tentu sudah tidak asing lagi untuk kebanyakan orang indonesia. 

Rocket Internet serta Pierre Poignant merupakan pendiri perusahaan yang bernaung di bawah Alibaba Group ini pada tahun 2012 silam. Lazada berdiri pertama kalinya di Singapura, di mana negara tersebut juga sekaligus menjadi markas utama marketplace tersebut 

Di dalam perkembangannya, Lazada sudah mulai beroperasi di beberapa negara Asia lainnya, seperti Malaysia dan juga Indonesia. Hal ini tentu membawa perkembangan pesat pada perusahaan ini dan mendatangkan banyak keuntungan di saat bersamaan. 

Seller Lazada di berbagai negara menjadi semakin banyak, tentu saja hal yang sama juga terjadi pada pelanggannya. Hanya dalam waktu yang terbilang singkat saja, Lazada sudah menjadi perusahaan raksasa dan bisa membukukan keuntungan hingga ratusan juta dollar setiap tahunnya. 

Untuk mempermudah aktivitas para seller Lazada, perusahaan ini juga membangun seller center Lazada yang dikenal cukup ramah pengguna dan mudah dipahami. Tujuannya tentu jelas, untuk meningkatkan angka penjualan seller dan mendatangkan lebih banyak pelanggan setiap tahunnya. 

Beli pulsa murah dan anti ribet, hanya di Cermati!

Beli Pulsa Termurah Sekarang!  

Lazada Seller Center dan Fiturnya 

loader

Sebagai marketplace ternama dengan banyak pengguna, tentu saja Lazada memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan yang lainnya. Hal ini didukung dengan pengalaman perusahaan ini yang sudah cukup panjang di dunia retail itu sendiri. 

Tidak tanggung-tanggung, Lazada bahkan menyediakan aplikasi khusus yang bisa dimanfaatkan para Lazada seller untuk berjualan. Aplikasi ini akan memungkinkan seller memiliki akun sendiri dan akses ke Lazada seller center login yang membuat aktivitas bisnis online menjadi lebih mudah dan praktis. 

Lazada seller center adalah layanan yang secara khusus dibuat untuk mempermudah pengelolaan toko online secara keseluruhan. Hal ini akan membuat kondisi bisnis menjadi lebih menyenangkan, bahkan untuk para pebisnis pemula yang baru akan menekuni bisnis online untuk pertama kalinya. 

Selain mendapatkan akses Lazada seller center login, para pebisnis online juga bisa memanfaatkan berbagai fitur unggulan yang terdapat di platform tersebut. Hal ini akan meningkatkan performa bisnis menjadi jauh lebih maksimal, sehingga tujuan untuk menghasilkan keuntungan maksimal bisa didapatkan.

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan yang terdapat dalam seller center Lazada: 

1. Inventori

Inventori merupakan fitur pertama yang wajib dikuasai dengan baik oleh Lazada seller yang ingin membuka toko. Fitur ini akan sangat membantu seller dalam mengelola penjualan, sebab Inventori sendiri akan menyediakan berbagai keterangan terkait seluruh produk yang ditawarkan di toko secara rinci. 

Selain itu, fitur ini juga bisa dimanfaatkan oleh seller Lazada untuk kegiatan publikasi bisnis. Seller dapat membuat dan membagikan daftar produk-produk yang dijual dengan cara yang mudah, sehingga pelanggan bisa mengakses produk dengan lebih mudah dan cepat. 

Secara keseluruhan, Inventori akan membantu Lazada seller untuk lebih mudah dalam menata dan mengelola setiap produk yang dimilikinya. Hal ini juga akan sekaligus membuat siklus bisnis menjadi lebih simpel, namun aktivitas belanja menjadi lebih nyaman bagi pelanggan itu sendiri. 

2. Pengaturan Data

Fitur yang satu ini akan sangat membantu seller dalam mengatur berbagai data yang digunakan dalam bisnisnya. Pengaturan data di seller center Lazada terbilang praktis, sebab fitur ini didesain dengan simpel dan mudah untuk digunakan oleh semua orang, termasuk pebisnis pemula sekalipun.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan mudah melalui fitur unggulan yang satu ini, antara lain: pengelolaan data penjualan, memantau persediaan barang, pengaturan data produk yang dikembalikan/ retur, memantau perkembangan rutinitas promosi, dan yang lainnya. 

Selain itu, fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk menganalisa kinerja penjualan secara berkala. Hal ini akan mempermudah seller Lazada dalam mengatur strategi penjualan dan juga promosi, termasuk melakukan evaluasi terhadap berbagai strategi bisnis yang selama ini dijalankan. 

Berkat adanya fitur yang satu ini, para penjual yang berjualan di Lazada bisa mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan berbagai data. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat karena berkaitan dengan penjualan berbagai produk yang dilakukan oleh para penjual.

3. Pengaturan Pemesanan

Lazada seller center juga memiliki fitur untuk pengaturan pemesanan. Sama seperti fitur lainnya yang terdapat di Lazada seller Center, ini tentu bisa digunakan para seller yang sudah memiliki akun dan juga akses ke Lazada seller center login terlebih dahulu. 

Fitur yang satu ini akan membantu seller untuk mengatur berbagai hal terkait pemesanan produk di tokonya. Seller Lazada bisa memperbarui isi toko dan memasukkan produk-produk yang baru dengan mudah, sehingga tampilan toko tetap menarik dan up to date setiap waktu. 

Sedangkan bagi para pelanggan, fitur ini akan memudahkan mereka untuk mengetahui dengan mudah apa saja perubahan atau produk baru yang terdapat di toko online kesayangan mereka tersebut. Hal ini akan menguntungkan Lazada seller dan juga pelanggan di saat bersamaan. 

Baca Juga: Pentingnya Menentukan 'Brand Personality' dalam Bisnis

Keunggulan Aplikasi Lazada Seller Center

Penggunaan aplikasi seller center Lazada tentu akan membuat aktivitas bisnis menjadi lebih menyenangkan. Bagaimana tidak, aplikasi ini memang memiliki banyak keunggulan yang bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung kesuksesan bisnis itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa keunggulan aplikasi Lazada seller center yang bisa dinikmati para Lazada seller: 

1. Menciptakan Iklim Bisnis yang Sehat 

Sebagai marketplace terbesar, Lazada tentu mempertemukan banyak pebisnis sekaligus. Penggunaan aplikasi Lazada seller center login yang bersifat personal, akan membuat persaingan bisnis tetap berjalan dengan sehat. Tindakan kecurangan atau monopoli bisa dihindari dengan penggunaan aplikasi ini. 

2. Mempermudah Pengelolaan Produk dalam Jumlah Besar 

Seller center Lazada memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pengelolaan bisnis. Hal ini akan sekaligus memungkinkan para seller lebih mudah untuk mengelola produk mereka, bahkan dalam jumlah besar sekalipun. Seller Lazada bisa menjual berbagai jenis produk, selama hal tersebut sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Lazada. 

3. Mempermudah Akses Pengguna 

Lazada seller center login bisa diatur dengan sedemikian rupa oleh para seller, sehingga memudahkan akses seller untuk menata tokonya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa diakses dengan mudah melalui smartphone, sehingga seller Lazada akan sangat leluasa untuk memaksimalkan bisnis kapanpun dan dimanapun yang bersangkutan berada. 

4. Aplikasi sangat Ramah Pengguna 

Masih berkaitan dengan poin di atas, aplikasi Lazada Seller Center juga dikenal sebagai salah satu yang paling ramah pengguna. Hal ini akan sangat membantu dan membuat pekerjaan seller menjadi jauh lebih mudah, sebab berbagai fiturnya mudah untuk dipahami. 

5. Memperlancar Aktivitas Bisnis 

Keunggulan lainnya yang bisa dinikmati seller dari Lazada seller center adalah hadirnya berbagai fitur unik di dalamnya. Berbagai fitur ini akan membantu aktivitas bisnis menjadi lebih mudah dan lancar, sehingga peluang untuk mendapatkan banyak penjualan tentu akan semakin besar. 

Baca Juga: Apa Itu Knowledge Management? Ini Definisi, Manfaat, hingga Penerapannya

Cara Menjadi Seller dan Membuat Akun Lazada Seller Center 

loader

Untuk menjadi seller Lazada, pebisnis wajib membuat akun Lazada Seller Center terlebih dahulu, sebab ini merupakan syarat untuk berjualan di platform yang satu ini. Hal ini tidak akan sulit dan bisa diselesaikan hanya dalam hitungan beberapa menit saja. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk membuka akun Lazada seller center

  1. Kunjungi website resmi Lazada atau download aplikasi Lazada melalui Play Store.
  2. Klik menu “Menjadi Seller” 
  3. Klik menu “Daftar Menjadi Penjual Sekarang”
  4. Pilih salah satu tipe penjual yang diinginkan, apakah “Daftar Penjual Lazada” atau “Daftar Penjual Mall”.
  5. Lengkapi semua data yang diminta dengan jelas, termasuk lokasi toko dan juga nomor telepon toko. (Gunakan nomor telepon yang valid, agar proses verifikasi bisa dilakukan dengan lancar. 
  6. Lakukan verifikasi akun dengan cara mengetikkan kode OTP yang dikirimkan Lazada melalui SMS. 
  7. Jika verifikasi sudah sukses, lanjutkan dengan mengetikkan password dan alamat email. 
  8. Ketikkan nama toko yang diinginkan.
  9. Baca ketentuan Lazada dan ceklis pada kolom yang tersedia. 

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan, maka akun Lazada seller center sudah aktif dan bisa digunakan untuk berjualan. 

Gunakan Akun Lazada Seller untuk Meningkatkan Penjualan

Lazada merupakan salah satu marketplace terbesar di tanah air dan sudah ada di berbagai negara. Menjalankan bisnis di platform ini tentu menguntungkan, mengingat Lazada memiliki jumlah pengguna yang besar. Gunakan akun Lazada seller center dengan cara yang tepat, agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan maksimal.

Baca Juga: Mengenal Sistem Inventory dan Cara Pengelolaannya untuk Lancarkan Aktivitas Penjualan dan Pemenuhan Permintaan Pasar