Liburan Itu Penting! Ini Dia 7 Alasannya

Bekerja sepanjang hari dan banyak menghabiskan waktu untuk hal tersebut telah menjadi rutinitas wajib bagi kebanyakan orang.

Disadari atau tidak, pada kenyataannya sebagian besar dari kita lebih cenderung menghabiskan waktu dari minggu ke minggu hanya dengan melakukan kegiatan yang bersifat monoton dan mengabaikan hal-hal kecil yang menyenangkan dan bisa memberi kita suasana berbeda dari biasanya seperti berlibur.

Liburan tidak harus selalu identik dengan perjalanan jauh dan biaya yang mahal karena pada dasarnya, liburan itu sendiri bisa difokuskan pada serangkaian kegiatan menyenangkan dan berbeda dari rutinitas yang dijalani sehari-hari. Ada banyak hal yang dapat dilakukan selama liburan dan yang tak kalah pentingnya adalah banyak manfaat yang akan diperoleh setelah melakukannya. 

Luangkan waktu untuk berlibur karena liburan itu penting untuk dilakukan, berikut ini beberapa poin kenapa membutuhkan liburan:

1. Memelihara Kebugaran Tubuh 

loader

Melakukan rutinitas sepanjang minggu di kantor tentu saja akan memberi kejenuhan dan kelelahan tersendiri bagi tubuh , karena itu sangat penting untuk berlibur dan melakukan aktivitas di luar rumah yang akan memberi tubuh ruang gerak luas serta waktu luang untuk beristirahat dari rutinitas.

Kamu dapat menghabiskan waktu dan menikmati suasana yang berbeda dengan cara menghirup udara pagi di perbukitan dan berjalan santai sambil menikmati pemandangan alam yang ada, bersepeda atau melakukan yoga.

2. Memberi Tenaga dan Semangat Kerja Baru

Lupakan sejenak segala rutinitas dan aktivitas sehari-hari, nikmati liburan dan temukan banyak hal baru di tempat-tempat berlibur yang didatangi. Bebaskan diri dari segala macam kesibukan kantor dan biarkan tubuh menjadi rileks, dengan demikian Anda akan memiliki energi dan semangat yang baru saat kembali ke tempat kerja.

Baca Juga:  Belum Punya Budget tapi Ingin Berlibur? Ini Tipsnya

3. Menguatkan Ikatan antar Keluarga atau Teman 

Bekerja sepanjang Minggu tentu saja akan membatasi interaksi dengan keluarga maupun teman-teman. Kamu dapat memperbaiki semua ini dengan cara berlibur bersama dengan mereka. Rencanakan dan cari waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama, hal ini akan sangat membantu untuk menjaga hubungan baik dan keakraban dengan orang-orang tercinta tetap bisa terjaga.

4. Memberikan Kualitas Istirahat Lebih Baik

loader

Berlibur akan memberi kamu banyak waktu untuk beristirahat dan melakukan banyak hal menyenangkan yang terkadang tak sempat dilakukan di hari kerja. Bebaskan sejenak diri dari segala tekanan pekerjaan, lakukan kegiatan yang akan membuat  bahagia dan rileks.

Kamu juga dapat mendatangi tempat-tempat yang jauh dari keramaian seperti pegunungan, pantai atau perbukitan untuk mendapatkan suasana tenang dan nyaman. Tempat-tempat ini seperti ini akan memberi kesenangan dan ketenangan tersendiri yang tentu saja membuat waktu istirahat dan tidur lebih berkualitas.  

5. Memperluas Wawasan

Mendatangi tempat-tempat yang baru dan bertemu banyak orang-orang baru di luar lingkungan sehari-hari tentu saja akan memberi banyak pengetahuan dan wawasan yang baru pula. Temukan banyak hal baru dan menyenangkan selama liburan, hal ini akan memberi ruang untuk menyegarkan kembali pikiran yang sepanjang minggu sibuk dengan urusan pekerjaan.

Baca Juga: Ingin Liburan Pakai PayLater? Ini Pertimbangannya

6. Hidup yang Lebih Bahagia

Berbagai penelitian mengungkapkan dampak positif dari kegiatan berlibur, salah satunya adalah jurnal Psychsomatic Medicine pada tahun 2009 yang mengatakan bahwa liburan dan kegiatan santai lainnya mengarah ke pandangan yang lebih positif dan mengurangi risiko depresi. Hal ini tentu saja sangat beralasan, mengingat banyaknya manfaat positif yang didapatkan dari berlibur.

7. Awet muda

loader

Pernahkah terpikirkan bahwa kegiatan berlibur akan membuat tetap awet muda? Bila jawabannya adalah tidak, maka kamu perlu mengetahui tentang sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Global Commission on Aging and Transamerica Center di Amerika Serikat yang mengatakan bahwa liburan dapat membuat awet muda.

Salah satu hal yang menjadi pendukung pernyataan ini adalah karena pada dasarnya liburan akan membuat kita rileks dan merasa bahagia, tentu saja kedua hal ini akan membuat kamu terhindar dari masalah penuaan dini pada kulit, bukan?

Selalu Luangkan Waktu untuk Menikmati Hidup

Sebagai manusia, kita perlu memberikan keseimbangan pada aktivitas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Menyeimbangkan antara pekerjaan dan menyegarkan kembali jiwa adalah hal yang penting. Oleh karena itu, apapun kesibukan dan pekerjaan sehari-hari, jangan lupa untuk meluangkan waktu berlibur serta menikmati kebahagiaan di luar pekerjaan.

Baca Juga: 4 Tips Menggunakan Kartu Kredit Secara Efektif untuk Liburan