Bermimpi Liburan Keliling Eropa? Ini Cara Nabung dan Perhitungan Biaya untuk Wujudkan Impian Tersebut

Dipenuhi dengan tak terhitung destinasi wisata yang mampu menarik perhatian traveler di seluruh dunia, tidak sedikit orang bermimpi untuk bisa berlibur ke Benua Biru, Eropa. Mulai dari spot wisata bernuansa modern, historis, hingga alam bisa ditemui di benua tersebut. Bahkan, kondisi iklim 4 musim dan kehidupan sosial di Eropa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk bisa mengunjunginya, tak terkecuali turis asal Indonesia.

Hanya saja, tidak jarang mimpi liburan mengelilingi Benua Biru tersebut terkendala oleh besarnya biaya yang harus disiapkan agar bisa terwujud. Bayangkan saja, untuk bisa liburan keliling Eropa, kamu harus menyiapkan pengeluaran untuk tiket pesawat, reservasi hotel, kebutuhan harian, dan lain sebagainya. Jika dihitung-hitung, pengeluaran tersebut tentu bisa langsung membuat keuangan boncos dan menguras habis isi tabungan.

Tapi tunggu dulu, asal mengetahui perhitungan biaya liburan keliling Eropa dan tips menabungnya dengan optimal, siapa saja bisa kok mewujudkan impiannya tersebut. Nah, tanpa panjang lebar lagi, ini hal-hal penting yang perlu kamu pahami jika ingin merealisasikan impian liburan ke Eropa.

Baca Juga: Liburan Itu Penting! Ini Dia 7 Alasannya

Hitung Biaya untuk Liburan Keliling Eropa

loader

Hitung Biaya untuk Liburan Keliling Eropa

Ketika berencana untuk berlibur ke Eropa, kamu tentu harus memperhitungkan biaya apa saja yang harus disiapkan. Sederet pengeluaran yang harus dimasukkan dalam perhitungan tersebut, antara lain, tiket pesawat, penginapan, biaya transportasi dan akomodasi, sampai buah tangan untuk dibawa pulang. 

Untuk tiket pesawat menuju Eropa sendiri kamu harus menyiapkan dana sekitar 5 juta sampai 8 juta Rupiah. Biaya tersebut bisa lebih mahal atau murah tergantung dari waktu keberangkatan, apakah saat high season atau tidak, serta promo yang berlaku. Karenanya, rencanakan kapan waktu yang tepat untuk pergi berlibur agar pengeluaran atas kebutuhan ini bisa lebih hemat.

Selain tiket pesawat, wisatawan juga harus menyiapkan biaya penginapan. Jika berencana untuk berkunjung ke Eropa Barat, biaya penginapan di sana biasanya relatif lebih mahal ketimbang Eropa Timur. Untuk kebutuhan ini, biaya yang harus disiapkan setidaknya adalah 1 juta Rupiah agar bisa bermalam di sebuah hotel, dan lebih terjangkau jika mampu mendapatkan promo atau saat penginapan sepi. 

Jika ingin berkeliling dan mengunjungi banyak tempat wisata sekaligus, kamu pasti membutuhkan kendaraan atau fasilitas transportasi umum. Untuk mobilitas selama berlibur sendiri, wisatawan di Eropa setidaknya harus merogoh kocek sebesar 30 sampai 40 Euro per harinya, atau setara 600 ribu Rupiah. 

Tidak kalah pentingnya, buat alokasi khusus terkait kebutuhan konsumsi selama liburan yang bisa mencapai nominal 20 Euro untuk sekali makan di restoran. Nah, berdasarkan akumulasi kebutuhan biaya liburan keliling Eropa tersebut, bisa diketahui jika kamu harus bisa menyiapkan budget setidaknya 20 juta Rupiah untuk wisata 3 hari. Karenanya, jika tidak dipersiapkan sedini mungkin, rencana wisatamu mengelilingi Benua Biru berisiko tertunda, atau bahkan batal. 

Tips Membuat Biaya Liburan Keliling Eropa Lebih Hemat

Setelah mengetahui besarnya biaya yang perlu disiapkan agar bisa berlibur ke Eropa, sebagian dari kamu mungkin merasa kaget dan pesimis untuk bisa mewujudkannya. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar biaya liburan tersebut menjadi lebih hemat dan ramah bagi kantong, antara lain:

  1. Pesan Tiket Pesawat Jauh Sebelum Jadwal Keberangkatan

    Jika memesan tiket jauh sebelum jadwal keberangkatan, peluang mendapatkan harga terjangkau dan promo tentu menjadi lebih tinggi. Selain itu, jika baru memesan tiket pesawat mendekati hari keberangkatan, bahkan sehari sebelumnya, harganya bisa melonjak tajam. Oleh karena itu, ada baiknya untuk rajin mengecek situs travel dan penerbangan guna mengetahui potensi adanya promo dan harga yang lebih terjangkau. 

  2. Bandingkan Tarif Hotel atau Penginapan

    Kamu juga perlu membandingkan harga hotel maupun penginapan, mulai dari harga paling rendah sampai paling tinggi via situs travel. Umumnya, informasi seputar layanan dan fasilitas penginapan bisa dilihat melalui situs tersebut, termasuk gambar interior kamar guna memudahkanmu dalam menentukan pilihan.

  3. Minta Tolong Relasi yang Ada di Eropa

    Kalau mempunyai rekanan atau relasi yang telah hidup menetap di Eropa, hal tersebut bisa sangat membantumu dalam menekan pengeluaran liburan. Jika memungkinkan, minta bantuannya untuk menyediakan tempat menginap, dan rekomendasi tempat wisata ataupun restoran yang direkomendasikan. Walaupun begitu, tetap perhatikan etika dan minta bantuan seperlunya saja tanpa merepotkan secara berlebihan. 

  4. Survei Transportasi dan Tarif Tiketnya

    Namanya berkeliling, kamu tentu membutuhkan fasilitas transportasi, baik itu kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Agar tak terbebani biaya yang terlalu tinggi, survei dulu transportasi apa saja yang bisa membawamu ke destinasi tujuan dengan mudah dan murah. 

Alasan Benua Biru Layak Dijadikan Destinasi Liburan

loader

London, Inggris

Terdiri dari puluhan negara di dalam sebuah benua, Eropa tentu menyediakan banyak alasan kenapa destinasi tersebut layak untuk dikunjungi wisatawan dunia, seperti:

  1. Kualitas Infrastruktur serta Transportasi Terjamin

    Salah satu alasan berkeliling Benua Biru menjadi rencana liburan yang diimpikan banyak orang adalah karena kualitas infrastruktur dan juga transportasi di sana terjamin. Untuk bisa berkeliling antar kota, bahkan antar negara, kamu bisa memanfaatkan berbagai macam sarana transportasi, mulai dari pesawat, trem, kereta cepat, bus, sampai bersepeda sekalipun. Aksesnya pun terbilang sangat mudah dan murah sehingga bisa dijangkau siapa pun.

  2. Ragam Kuliner dan Budaya yang Eksotis

    Terdiri dari puluhan negara dengan keunikan dan ciri khasnya tersendiri, berwisata ke Eropa mampu mengenalkanmu dengan beragam budaya yang eksotis. Ada banyak festival yang dihelat setiap negara di Eropa, seperti Festival Tulip di Belanda dan Perang Tomat Spanyol. Tidak hanya itu, suguhan kuliner di sana juga bervariasi dan bisa memunculkan pengalaman baru buatmu.

  3. Memudahkan Wisatawan dengan Visa Schengen

    Untuk bisa berkeliling ke sejumlah negara di Eropa, turis dimudahkan dengan Visa Schengen. Menggunakan satu visa ini, wisatawan bisa dengan mudah memasuki wilayah sejumlah negara di benua tersebut dengan praktis. Proses pengajuan visa ini juga termasuk simpel asal seluruh persyaratan terpenuhi dan biayanya juga termasuk ramah di kantong.

  4. Destinasi Wisata yang Beragam

    Dari bentang Eropa Timur sampai Barat, Utara hingga Selatan, wisatawan dapat merasakan beragam suguhan destinasi wisata yang menarik dan unik. Mulai dari spot bernuansa alam, seperti laut, bukit, dan gunung yang membentang, sampai tempat liburan modern dan estetik seperti arsitektur bertema neoklasik dan renaissance, juga Disneyland bisa ditemui di benua ini.

Baca Juga: Ingin Liburan Pakai PayLater? Ini Pertimbangannya

Cara Nabung Biaya Liburan Keliling Eropa

loader

Cara Nabung Biaya Liburan Keliling Eropa

Dengan besarnya biaya liburan keliling Eropa, kamu mungkin tak akan bisa mewujudkannya tanpa menabung terlebih dulu. Tak perlu khawatir, berikut adalah tips ampuh menabung biaya liburan tersebut dengan mudah.

  1. Tentukan Tujuan dan Kebutuhan Dana

    Besarnya biaya liburan secara garis besar ditentukan oleh destinasi wisata dan jangka waktunya. Jika budget masih terbatas, maka usahakan untuk mengunjungi negara tertentu yang benar-benar ingin dikunjungi selama 2 sampai 3 hari saja. Baru saat mampu mengumpulkan dana lebih besar kamu boleh menambah daftar negara untuk dikunjungi serta durasinya. 

  2. Prioritaskan Dana Terpenting Lebih Dulu

    Langkah selanjutnya, mulai prioritaskan keuangan untuk menabung pada hal yang harus diprioritaskan. Misalnya, sisihkan uang untuk tiket pesawat dan reservasi hotel terlebih dulu, baru kumpulkan dana untuk oleh-oleh dan semacamnya.

  3. Investasi di Instrumen yang Tepat

    Tergantung dari lama waktu menabung, kamu perlu menyimpan tabungan liburan keliling Eropa ini di instrumen investasi yang tepat. Jangan sampai peluang imbal hasilnya lebih rendah ketimbang inflasi karena hal tersebut akan membuat target tabungan tak kunjung tercapai. Namun, tetap sesuaikan tingkat risikonya dengan jangka waktu investasi agar rencana tersebut tak berantakan.

    Salah satu, instrumen investasi yang cukup menjanjikan dan patut untuk kamu pertimbangkan adalah reksa dana.

    Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

    Mulai Berinvestasi Sekarang!  

  4. Rutin Evaluasi Tabungan

    Agar lebih disiplin dan memastikan tujuan investasi tercapai, rutin evaluasi tabungan dan ambil keputusan yang dirasa perlu. Intinya, pastikan tujuan investasi dapat diraih sesuai rencana keberangkatan liburanmu. 

Jangan Biarkan Mimpi Berkeliling Eropa Sekadar Mimpi, Siapkan Dana Liburannya Sedari Sekarang

Itulah beragam hal penting yang perlu dipahami jika kamu ingin mewujudkan mimpi liburan keliling Eropa. Tergantung dari rencana dan tujuan wisata, biaya perjalanan liburan ini bisa begitu besar dan membebani keuangan. Karenanya, segera kumpulkan dananya dengan cara yang tepat agar mimpi tersebut tak sekadar menjadi isapan jempol belaka. 

Baca Juga: Liburan Pakai Investasi Reksa Dana? Ini Tipsnya