Mengenal Profil Mahakarya Artha Sekuritas, Perusahaan Sekuritas yang Belum Lama Diakuisisi Stockbit

Dengan banyaknya ajakan dan edukasi tentang pentingnya investasi, tidak mengherankan jika ada lebih banyak kalangan yang saat ini tertarik untuk terjun mencobanya. Tidak hanya itu, kemunculan layanan investasi berbasis digital yang bisa dengan mudah diakses melalui smartphone turut pula mendorong masyarakat untuk mulai menanam modal. 

Nah, berbicara soal investasi, khususnya saham, pernahkah kamu mendengar tentang salah satu perusahaan sekuritas bernama Mahakarya Artha Sekuritas? Secara umum, perusahaan yang berdiri sejak tahun 1990 ini adalah salah satu perusahaan sekuritas atau efek yang sudah mengantongi izin usaha dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Di samping itu, belum lama lalu perusahaan sekuritas ini juga diakuisisi oleh salah satu perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi saham ternama di Indonesia, yaitu Stockbit. Tentunya, sebelum mengalami proses akuisisi tersebut, bahkan hingga sekarang, Mahakarya Artha Sekuritas atau bisa juga disebut sebagai MAS ini memiliki profil perusahaan yang layak untuk dicermati.

Jika ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu Mahakarya Artha Sekuritas, sejarah singkat perkembangan, deretan layanan, hingga proses akuisisinya oleh Stockbit, simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Agio Saham – Arti, Contoh, Jenis, dan Cara Pencatatannya

Apa Itu Mahakarya Artha Sekuritas?

loader

Mahakarya Artha Sekuritas (MAS)

Mahakarya Artha Sekuritas, atau bisa juga disebut sebagai MAS, adalah satu di antara sederet perusahaan efek atau sekuritas ternama dan terpercaya di Indonesia. Pertama kali didirikan di tahun 1990, perusahaan ini terus berkembang dan berinovasi menyediakan layanannya terhadap masyarakat dan investor di Indonesia.

Semenjak Maret 2000, di bawah manajemen yang baru, perusahaan sekuritas ini mendapatkan berbagai arahan dan mampu berkembang dengan menawarkan berbagai layanan baru. Beberapa di antaranya adalah layanan “Direct Investment”, “Transaksi Margin”, dan juga “Corporate Finance”. 

Perkembangan dari perusahaan ini tak berhenti sampai di situ saja. Terus berlanjut, perkembangan dari perusahaan ini memberi jaminan bagi MAS untuk senantiasa kompetitif dalam persaingan industri bursa atau pasar modal secara konsisten dan untuk jangka waktu yang panjang.

Misi yang dimiliki oleh perusahaan efek ini adalah menjadi perantara, penasihat, hingga rekanan atau mitra yang terpercaya untuk setiap nasabah yang dimilikinya. Perusahaan ini berusaha untuk terus membantu nasabahnya dalam menentukan dan mengambil strategi finansial di bursa efek Indonesia.

Tujuan yang dipegang oleh perusahaan ini adalah untuk terus memberikan layanan andal serta konsisten pada setiap kerja sama serta memprioritaskan lebih dulu kepentingan nasabah melalui integritas dan komitmen. MAS percaya melalui pemberian informasi pasar finansial pada nasabah mampu memberi pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan paling menguntungkan dan optimal pada industri pasar modal.

Karena itu, perusahaan sekuritas ini terus berusaha untuk melayani dan menuntun nasabahnya yang ingin berkecimpung di dunia pasar modal atau bursa efek. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga bercita-cita menjadi pilar yang penting pada industri bursa atau pasar modal di Indonesia.

Sejarah Singkat Perkembangan Mahakarya Artha Sekuritas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Mahakarya Artha Sekuritas adalah perusahaan sekuritas yang berdiri sejak tahun 1990, tepatnya pada 16 April. Perusahaan ini memulai aktivitas bisnisnya secara komersial di tahun yang sama dengan didirikannya, yaitu tahun 1990.

Pada tahun 2000, perusahaan ini mengalami perubahan manajemen sekaligus kepemilikan, dengan posisi Komisaris Utama ditempati oleh Hartati Santoso. Kemudian, 6 tahun berselang, perusahaan ini mendapatkan izin “Transaksi Margin” di tahun 2006.

Setahun berselang, perusahaan ini melakukan inovasi dan mulai memanfaatkan fasilitas “Remote Trading” pada layanannya. Berlanjut ke tahun 2009, MAS berpartisipasi pada transaksi Negosiasi atau NG dengan Adaro Energy dengan nilai 15.73 triliun Rupiah. 

Lalu, beberapa tahun berselang, perusahaan ini akhirnya terdaftar di IDX dan KSEI pada tahun 2021. Hal tersebut membuat perusahaan ini menjadi sekuritas yang bisa melakukan proses pembukaan rekening saham secara digital di Indonesia.

Ragam Layanan dari Mahakarya Artha Sekuritas

Didasari oleh visinya yang kuat, MAS terus berusaha melakukan inovasi pada layanan via teknologi berkelas dunia agar bisa memikat ketertarikan masyarakat pada pasar modal. Hal ini dibuktikannya melalui layanan transaksi saham berbasis online modern dengan meluncurkan sebuah aplikasi investasi sosial resmi bersama Stockbit. 

Melalui aplikasi tersebut pengguna atau investor bisa berdiskusi sekaligus menjalankan aktivitas transaksi berbasis online. Pengguna juga bisa melakukan pembukaan akun atau rekening sekuritas melalui aplikasi Stockbit tersebut yang bisa dengan mudah diunduh via Playstore atau Appstore gratis.

Di samping itu, MAS juga turut menawarkan fasilitas investasi ekuitas bagi nasabahnya. Tim penjualan sekuritas ini juga bisa memberi pelayanan pada sejumlah segmen industri finansial, seperti ritel bagi nasabah yang mempunyai penghasilan tinggi, perusahaan, inter broker, maupun kelembagaan.

Layanan yang ditawarkan oleh sekuritas tersebut juga bisa dirasakan oleh entitas lain, seperti perusahaan swasta, perusahaan sekuritas, perusahaan publik, ataupun lembaga lain di tingkat domestik ataupun internasional. Pembiayaan efek atau transaksi margin juga tersedia untuk investor berpengalaman guna meningkatkan posisinya. 

Secara keseluruhan, fungsi dari dealer broker ialah dasar dari transaksi perantara di mana hal tersebut terbukti melalui stock value yang selalu teraktif tiap harinya. Selain itu, melalui pendekatan pribadi dari pihak sales atau penjualan, aktivitas investasi dan perdagangan emiten mampu dijalani dengan lebih optimal.

MAS juga menawarkan pula kesempatan transaksi REPO yang memiliki jangka waktu dan tingkat bunga bersaing. Fokus dari sekuritas ini pada divisi transaksi REPO tersebut adalah meningkatkan layanan pada klien yang memerlukan kebutuhan lebih spesifik selain transaksi pada pasar sekunder.

Layanan tersebut umumnya berguna untuk membantu perusahaan dengan kebutuhan strategis untuk menjalankan tindakan. Beragam proyek yang sudah ditangani serta diselesaikan pada perusahaan publik dan swasta mencakup restrukturisasi utang, jasa konsultasi seperti rujukan maupun mengatur pertemuan, hingga penggalangan dana.

Baca juga:  Beli Saham Sekaligus atau Sebagian, Mana yang Lebih Baik?

Sederet Keunggulan Layanan yang Ditawarkan Mahakarya Artha Sekuritas

Menjadi sebuah perusahaan sekuritas dengan pengalaman dan integritas yang tak perlu diragukan lagi, MAS menawarkan sederet keunggulan dan keuntungan yang mampu memanjakan setiap nasabahnya. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Proses daftar layanan dan menjadi investor melalui sekuritas ini bisa dilakukan sepenuhnya secara online. Mulai dari proses pendaftaran, pelampiran data, hingga pembuatan akun rekening saham bisa dilakukan secara online tanpa harus mengirimkan dokumen atau berkas identitas pribadi dalam bentuk fisik.
  • Calon nasabah juga tidak perlu khawatir dengan jumlah dana yang harus disiapkan di awal karena MAS tak memiliki aturan mengenai nominal minimum deposit.
  • Menyediakan fasilitas sosial bagi para investor dan pengguna, kamu bisa mendapatkan berbagai ide dan informasi investasi yang membangun. Investor pada platform MAS atau Stockbit mampu mendapatkan berbagai hal menarik dan berguna melalui hasil diskusi serta analisis saham dari investor lain yang lebih berpengalaman.

Struktur MAS Pasca Diakuisisi oleh Stockbit

loader

MAS Diakuisisi Stockbit

Diketok palu pada 13 Januari 2022 lalu, Mahakarya Artha Sekuritas resmi diakuisisi oleh Stockbit Investa Bersama dan mengubah namanya menjadi Stockbit Sekuritas Digital atau Stockbit Sekuritas. Bersamaan dengan proses akuisisi tersebut, manajemen yang membawahi Stockbit Sekuritas juga berubah, yaitu Komisaris Utama diduduki oleh Bacelius Ruru dan Kevin Francis Sutantyo selaku Komisaris.

Sementara posisi Direktur Utama dimiliki oleh Megawati Andrew Soewardi dan Jason Terence Halim serta Jana Lukito sebagai Direktur. Tentunya, bersamaan dengan hal tersebut, Stockbit akan terus berusaha memunculkan inovasi untuk meningkatkan stabilitas dan kualitas layanan dengan lebih maksimal.

Sekadar mengingatkan, Stockbit adalah aplikasi yang menghadirkan sederet fitur menarik bagi para penggunanya, beberapa di antaranya adalah Stockbit Stream sebagai forum sosial, tools analisis melalui Stockbit Pro, Intraday Charts, Analyst Rating, Exercise Rights and Warrant, hingga simulasi investasi saham melalui virtual trading. Tidak hanya itu, bagi masyarakat awam, perusahaan ini juga menyediakan Stockbit Academy yang bisa diakses tanpa biaya.

Baca juga:  Koreksi Saham: Kenali Tandanya dan Tips Investasi saat Saham Terkoreksi

Solusi Investasi Aman, Mudah, dan Terpercaya dengan Mahakarya Artha Sekuritas (MAS) dan Stockbit

Itulah penjelasan mengenai perusahaan sekuritas Mahakarya Artha Sekuritas yang belum lama lalu diumumkan telah diakuisisi oleh Stockbit. Sebagai aplikasi investasi saham berbasis online, investor bisa menjadikannya sebagai sarana menanam modal. Dengan begitu, investor mampu mendapatkan layanan investasi saham yang aman, praktis, dan pastinya terpercaya.