Ternyata Ini Manfaat Konser Musik, Bukan Sekadar Cari Hiburan

Bagi seorang fans, bisa bertemu dan berinteraksi langsung dengan idola adalah kesempatan berharga yang tidak dapat dilupakan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa bertemu dengan idola, mulai dari mengikuti fanmeeting, event khusus, hingga menonton konser musisi kesayangan.

Terlebih dengan pelonggaran protokol kesehatan (prokes) pascapandemi Covid-19, agenda konser di Indonesia sangat padat. Sejak awal tahun hingga akhir 2023, deretan musisi lokal dan internasional siap menyapa para penggemarnya di Indonesia dengan mengadakan konser megah.

Baca juga: Rasakan Lagi Keseruan Nonton Konser Tanpa Khawatir Keuangan Boncos dengan Tips Nabung Ini

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Fenomena Konser Musik

loader

Nonton Konser Musik

Pada dasarnya, konser merupakan live performance dari musisi di hadapan para penonton. Tujuannya, sudah pasti untuk menyuguhkan penampilan terbaiknya di atas panggung.

Bagi para fans, menonton konser menjadi kesempatan untuk menikmati musik musisi secara langsung. Terlebih, para musisi biasanya akan memberikan penampilan ekstra saat konser. Cahaya panggung dan aksi panggung yang atraktif membuat pengalaman menonton konser berbeda jika dibandingkan dengan menonton video klip nya saja. Belum lagi interaksi langsung antara penonton dengan artis yang pasti akan menjadi momen yang sangat memorable.

Ditambah lagi, musisi kerap kali membawakan lagu dengan cara berbeda. Belum lagi stage-action yang kerap membuat penonton histeris.

Lagu-lagu yang dibawakan saat konser pun dirancang sedemikian rupa, bisa sesuai tema atau kesan yang ingin disampaikan. Pada momen itu, penonton akan sing along lagu-lagu yang dibawakan.

Momen inilah yang menjadi kenangan terbesar bagi para penggemar saat menonton konser. Makanya, tak heran banyak penggemar yang begitu ingin menyaksikan konser untuk mendapat pengalaman itu secara langsung. Pada dasarnya konser memberikan kesempatan untuk bersatu dengan para penggemar yang lain di tempat yang sama.

Tanpa disadari, kamu telah berbagi emosi dan merasakan energi yang sama dengan mereka. Sekali menonton konser artis idola, dijamin akan ketagihan karena sudah merasakan sendiri keseruannya. Tak aneh jika banyak fans yang akhirnya maraton konser dengan mengikuti seluruh rangkaian konser idolanya, tak peduli jika berpindah daerah maupun negara.

Baca juga: Tips Hemat Pengeluaran Tanpa Harus Mengesampingkan Kehidupan Sosial

Manfaat Nonton Konser

loader

Manfaat Nonton Konser Musik

Secara umum, menonton konser bukan hanya sekadar menikmati hiburan, tetapi juga memberikan banyak manfaat positif. Dari sisi personal, menonton konser akan memberikan kepuasan tersendiri, apalagi bagi fans fanatik. Di sisi lain, menonton konser juga membuka kesempatan untuk mempelajari hal baru, memperluas lingkup pertemanan, dan memberikan manfaat kesehatan. Bagaimana ulasannya? Simak pembahasannya berikut ini.

  1. Pengalaman yang Menarik

    Konser merupakan budaya yang tumbuh di masyarakat dengan sangat cepat dan pesat. Ketika menyaksikan konser, penonton akan masuk ke dalam dunia artis seutuhnya.

    Suasana konser yang energetik akan membuatmu seakan tenggelam dan menikmati seluruh lag dan stage-ac yang memikat. Kamu juga berkesempatan sing along bersama penyanyi aslinya. Pengalaman ini tidak akan ditemukan selain saat menonton konser. Jadi, jangan heran jika banyak penggemar yang ketagihan menyaksikan penampilan artis kesukaannya di atas panggung berkali-kali dan tidak bosan.

  2. Membangkitkan Emosi

    Bagi seorang fans fanatik, bisa membeli tiket konser artis kesayangan saja sudah membahagiakan. Apalagi jika akhirnya dapat menyaksikan langsung penampilan idolanya di atas panggung. Ditambah lagi ketika artis menyanyikan lagu kesukaan dan sangat relate dengan suasana hati.

    Mendengarkan lagu artis kesayangan di playlist saja bisa sangat emosional, apalagi ketika mendengarkannya secara langsung. Terlebih kamu merasakannya bersama penonton lain yang merasakan hal yang sama. Tak jarang ketika menonton konser banyak fans yang menangis dan kegirangan saking emosionalnya.

  3. Stress Relief

    Menonton konser merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan stres. Sebab, pada dasarnya konser merupakan media hiburan yang menyenangkan. Tak hanya itu, ketika menonton konser, kamu akan merasakan getaran energi positif yang dapat melepaskan hormon endorfin secara otomatis. Proses ini akan membuat tekanan pikiran hilang begitu saja.

    Dalam sejumlah penelitian disebutkan bahwa konser dapat menurunkan level kortisol yang diproduksi tubuh ketika stres. Tak heran jika menonton konser dikaitkan dengan penurunan stres pada seseorang.

  4. Menginspirasi

    Bagi sesama musisi, menonton konser merupakan kesempatan untuk mendapatkan inspirasi bermusik sebanyak-banyaknya. Baik dari segi performance, konsep konser, hingga lagu yang dibawakan. Bagi fans, mereka mungkin saja terinspirasi ketika melihat artis kesayangannya yang bekerja keras dan memberikan yang terbaik. Hal ini dapat memotivasi fans untuk melakukan hal yang sama dalam pekerjaannya.

  5. Bertemu Komunitas

    Salah satu manfaat menonton konser adalah bertemu dengan sama fans dari lokasi yang berbeda. Kesempatan ini dapat dijadikan ajang bertukar informasi terkait konser, mencari posisi yang nyaman, hingga tempat membeli merchandise artis. Tak perlu khawatir jika menonton konser sendiri, kamu bisa bergabung dengan anggota komunitas untuk seru-seruan bersama.

  6. Menambah Khazanah tentang Musik

    Jika kamu juga berkecimpung di dunia musik, konser merupakan tempat belajar yang baik untuk memahami teknik dan musikalitas dari artis yang tampil. Kamu akan menyadari pentingnya menjaga kualitas vokal saat konser dan hal-hal lain yang bersifat teknis. Selain itu, kamu akan menyadari bahwa stage presence sangat penting bagi artis, terutama jika bernyanyi solo. Mungkin soal aransemen lagu juga bisa dijadikan pembelajaran yang berharga dan tidak bisa ditemukan di tempat lain.

  7. Baik untuk Kesehatan

    Berdasarkan sejumlah penelitian, menonton konser dapat meredakan nyeri berkat keluarnya hormon endorfin. Hormon ini muncul ketika tubuh merasakan kepuasan dan rasa senang, termasuk saat menonton konser.

  8. Selain itu, menonton konser juga disebut mampu meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat. Alasannya karena otak akan meningkatkan fungsi kognitif saat menonton konser ketika kamu mengingat lirik lagu.

  9. Sejumlah penelitian juga menyebutkan bahwa menonton konser dapat membakar kalori karena tubuh aktif bergerak. Makin sering kamu bergerak, kalori yang terbakar akan makin banyak.

  10. Kenangan yang Tak akan Terulang

    Menonton konser akan menjadi pengalaman tak terlupakan, terutama untuk pengalaman yang pertama. Segala yang terjadi akan menjadi momen baru dan tak terlupakan. Meskipun sudah sering menonton konser, setiap penampilan artis akan berbeda di atas panggung. Sebab, artis akan menampilkan stage act yang berbeda, interaksi yang berbeda, dan suasana yang berbeda. Jadi, entah akan jadi pengalaman pertama atau yang kesekian kalinya, menonton konser akan jadi kenangan yang tidak akan bisa diulang.

  11. Menambah Koneksi

    Menonton konser merupakan kesempatan untuk menjalin pertemanan baru. Berkenalan dengan penonton yang berada di sebelah juga sering menjadi permulaan pertemanan yang sederhana. Justru, berteman saat menonton konser juga lebih mudah karena kamu memiliki ketertarikan yang sama, yaitu artis dan idola yang sama. Kamu juga bisa bergabung dalam komunitas artis yang didukung. Oleh karena itu, tak jarang pertemanan yang terjalin di konser akan berlanjut hingga konser selesai. Bahkan, ada juga hubungan romantis yang dimulai dari menonton konser.

  12. Merasa “Dekat” dengan Sang Idola

    Dengan menonton konser, kamu akan merasakan bonding yang kuat dengan artis. Kamu akan merasakan interaksi yang mendalam karena bisa di dalam satu momen yang sama dengan idola. Pertemuan antara penonton dengan artisnya juga akan lebih intim dan memberikan kesan mendalam. Bahkan, hanya sekadar bertemu mata dan bernyanyi bersama akan menjadi momen yang dikenang selamanya.

    Selain itu, setelah menonton konser, perasaaan kagum fans kepada kepada idolanya akan makin tumbuh. Mereka akan lebih bersemangat untuk mendukung artis kesayangan dan membeli karya-karyanya.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 10 Manfaat Pinjaman KTA untuk Segala Situasi

Manfaat Nonton Konser: Bukan Sekadar Hiburan

Pada dasarnya, menonton konser merupakan agenda yang paling tidak dilakukan sekali seumur hidup. Pengalaman menonton konser akan menjadi kenangan yang tak terlupakan dengan cerita-cerita di dalamnya. Untuk itu, jika kamu berkesempatan menonton konser, jangan sia-siakan momen itu. Nikmati setiap detik dan jadikan pengalaman berharga.