Manfaat LinkedIn Bagi Karir Kamu

Setelah selesai menempuh jalur pendidikan, maka kini saatnya kamu mulai masuk ke dunia yang biasa disebut sebagai dunia nyata, yaitu dunia kerja. Di fase ini, kamu dituntut untuk lebih mandiri dan berani mengaplikasikan hasil belajaranmu. Begitu banyak mimpi yang sudah kamu rencanakan untuk dicapai, begitu indah bayangan tentang karir kamu nanti.

Namun pada kenyataannya, ternyata mencari pekerjaan dan membangun karir tidak semudah yang kamu pikirkan selama ini. Proses memasukkan lamaran ke perusahaan-perusahaan membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya lain-lain. Tapi, itu dulu.

Sekarang, sudah ada linkedIn yang membantu kamu melakukan semua itu. LinkedIn adalah sebuah media sosial yang ditujukan untuk profesional. Berbeda dengan media sosial lain, LinkedIn dapat dibilang sebagai media untuk memasarkan diri kamu kepada perusahaan atau para profesional lain yang ada di sana.

Perusahaan yang didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002 ini. Nah, buat kamu yang masih belum tau manfaat apa yang bisa diberikan LinkedIn untuk membangun karir profesional kamu. Ini dia uraian lengkapnya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Membangun Profil Profesional

Membangun Profil Profesional dengan LinkedIn

LinkedIn sebagai media sosial bagi profesional memberikan layanan untuk membangun profil profesional kamu. Seluruh data diri, foto, Curriculum Vitae, resume, dan lain-lain dapat kamu muat di LinkedIn.

Tujuannya jelas, agar kamu mendapat kesan awal yang baik dari para profesional lain. Kesan pertama itu penting loh, seringkali kesan pertama yang menentukan bagaimana akhir karir kamu.

2. Memperluas Koneksi

Membangun Koneksi

Selain kesan awal yang baik, kamu juga memerlukan koneksi yang luas untuk sukses berkarir. Sebagai media sosial online, LinkedIn membantu kamu untuk berinteraksi dengan semua orang di seluruh dunia. Dunia online memberikan kemudahan untuk dapat mengenal orang lain tanpa harus bertemu. Di LinkedIn, kamu dapat membuat profil profesional kamu dan dengan adanya profil profesional itu, kamu dapat menambah koneksi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan atau bekerja di bidang yang sama. Ingat, koneksi merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan seseorang.

Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja Terbaru Agar Sukses Dibaca oleh HRD

3. Menjaga Hubungan dengan Teman Lama

teman lama

LinkedIn dapat membantu kamu dalam menemukan teman lama kamu yang mungkin ingin diajak kerjasama. Hal ini sangat berguna karena manusia cenderung akan lebih percaya kepada orang yang sudah dikenal sejak lama. Tentunya dengan bekerjasama berdasarkan rasa saling percaya yang tinggi akan membuahkan hasil yang tidak mengecewakan.

4. Memudahkan Kamu Melamar Pekerjaan

  Melamar Pekerjaan

Dalam LinkedIn, ada fitur yang dapat digunakan untuk mencari pekerjaan dari perusahaan-perusahaan ternama. Hanya dengan satu kali klik, kamu dapat langsung melihat sederet lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan baik yang besar atau kecil. Dengan ini, kamu tidak perlu buang-buang waktu, tenaga, biaya print, transport, dan lainnya karena lamaran tersebut langsung tersambung dengan akun LinkedIn kamu yang sudah memiliki data diri lengkap.

Baca Juga: Tips Menjawab 10 Pertanyaan Jebakan saat Interview Kerja

5. Membuka Kesempatan Untuk Direkrut Oleh Perusahaan

Direkrut oleh perusahaan

Banyak eksekutif perusahaan yang memiliki akun LinkedIn. Seperti halnya portfolio kehidupan profesional kamu, tentu LinkedIn cukup penting bagi para profesional. Karena akses yang mudah untuk mengetahui data profesional lainnya, maka tak heran bahwa banyak juga para eksekutif yang menggunakan LinkedIn untuk merekrut seseorang. Oleh karena itu, perbaharuilah akun kamu agar kamu dapat lebih dikenal oleh mereka.

6. Memperlihatkan Keahlian

memiliki skill

Dalam LinkedIn, ada fitur yang membuat kita dapat berkomunikasi dengan orang lain. Melalui hal ini, kamu dapat menunjukkan keahlian kamu ketika mendapat pertanyaan terbuka dari orang lain. Cara kamu menjawab dan jawaban yang kamu berikan akan dapat membangun citra kamu menjadi lebih baik.

7. Mendapatkan Informasi dan Inspirasi Terbaru Tentang Pekerjaanmu

Informasi dan Inspirasi Terbaru Tentang Pekerjaanmu

Dalam segala hal, kamu harus selalu mau belajar dan berkembang. LinkedIn menyediakan informasi dan inspirasi terbaru yang pastinya berguna untuk kamu ketahui agar pekerjaanmu menjadi lebih baik lagi. Dengan mengetahui hal ini, kamu dapat lebih mengembangkan diri dan menjadi orang yang lebih baik dalam bekerja.

Yuk Buat Akun LinkedIn!

Dunia online sungguh sangat membantu bagi orang yang dapat menggunakannya untuk hal-hal yang berguna. Contohnya seperti dalam mencari pekerjaan. Kebanyakan perusahaan saat ini membuka lamaran pekerjaan secara online, sehingga hal ini menjadi penting untuk diketahui setiap orang. Memiliki akun LinkedIn akan sangat bermanfaat bagi karir kamu. Jadi, sudah punya akun LinkedIn belum?

Baca Juga: Cara Membuat dan Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Secara Profesional