Masakan Jadi Gagal, Ini 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengolah Udang

Bagi para penggemar seafood, udang tentu menjadi salah satu pilihan menu terbaik. Rasanya yang lezat dan gurih membuat udang begitu mudah disukai, bahkan oleh semua usia sekaligus. 

Udang termasuk seafood yang cukup mudah ditemukan di Indonesia dan bisa diolah menjadi berbagai menu yang sedap. Bukan hanya di restoran besar saja, berbagai menu olahan udang ini bahkan hadir hingga ke warung makan kaki lima. Namun sebagaimana seafood lainnya, udang juga harus diolah dengan cara yang tepat, agar cita rasanya tetap terjaga dengan baik.

Meski terbilang mudah untuk diolah, sebagian orang justru kerap melakukan kesalahan ketika memasak uang. Hal ini bukan hanya membuat rasa udang menjadi tidak maksimal, tapi juga bisa merusak tampilan dan juga teksturnya secara keseluruhan. 

Jika Anda termasuk orang yang suka dengan olahan udang, pastikan Anda mengolah makanan ini dengan cara yang tepat. Simak beberapa poin berikut ini, yang wajib Anda hindari saat mengolah udang di dapur:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tidak membersihkan dengan tepat

udang
Membersihkan udang

Udang memang tampak bersih, apalagi ketika Anda membelinya masih dalam kondisi yang segar. Namun jangan salah, sebagaimana seafood lainnya yang hidup di laut atau bahkan di tambak, udang juga mengandung banyak kotoran. 

Anda harus membersihkannya dengan cara yang tepat terlebih dahulu, sebelum akhirnya mengolahnya menjadi berbagai menu makanan. Rendam udang terlebih dahulu dengan air bersih selama beberapa saat, sehingga kotoran di tubuhnya bisa lebih mudah dibersihkan. 

Cuci udang dengan teliti dan pastikan semua bagian benar-benar bersih. Buang kotoran yang terdapat di bagian punggung udang. Jika menginginkan olahan udang dengan tekstur yang lembut, lepaskan dan bersihkan bagian kepala udang. Anda juga bisa mengolah kepala udang ini menjadi kaldu atau bahkan memasaknya bersamaan dengan bagian dagingnya, agar masakan Anda terasa lebih lezat. 

Baca Juga: 5 Kuliner Lezat Kekinian Berbahan Kentang yang Wajib Kamu Coba

2. Membuang kulit udang

Sebagian orang senang dengan sajian udang yang lengkap dengan kulitnya, namun sebagian lainnya justru suka udang yang sudah benar-benar bersih tanpa kulit lagi. Jika Anda suka olahan udang berkulit, maka pastikan Anda selalu membersihkan bagian kulit udang ini dengan baik sebelum dimasak. 

Namun jika Anda suka olahan udang tanpa kulit, maka Anda bisa mengupas udang tersebut terlebih dahulu sebelum dimasak. Jangan membuang kulit udang ini, Anda bisa merebus dan menjadikannya kaldu sebagai pelengkap hidangan udang Anda.

3. Memasak udang hingga overcooked

memasak udang
Memasak udang hingga overcook

Hampir semua olahan seafood hanya perlu dimasak dalam waktu yang singkat saja, termasuk udang juga. Saat memasang udang terlalu lama (overcooked), Anda akan membuat teksturnya menjadi keras dan tidak lezat untuk dinikmati. 

Selain itu, proses memasak yang seperti ini juga akan membuat nutrisi di dalam udang menjadi berkurang. Hindari hal seperti ini, karena hanya akan membuat masakan Anda terasa kurang maksimal. 

Untuk mendapatkan udang yang lezat dengan tingkat kematangan yang tepat, masaklah udang sebentar saja hingga tampak berubah warna dan matang sebagaimana olahan seafood pada umumnya.

4. Memasak udang dalam kondisi beku

Memasak udang dalam kondisi beku merupakan kesalahan yang juga kerap dilakukan. Hal ini bukan hanya mengubah tekstur dan juga tampilan udang, namun juga akan membuat rasanya menjadi berbeda. 

Keluarkan udang dari freezer dan biarkan mencair dengan sendirinya sebelum akhirnya Anda memasaknya. Jangan memberinya air lagi, sebab hal ini bisa merusak tekstur dan juga nutrisi di dalamnya.

Baca Juga: Punya Cita Rasa dan Selera Sendiri, Renatta Moeloek Bagikan Tips Sukses Usaha Kuliner

5. Menyimpan udang terlalu lama 

udang
Menyimpang udang terlalu lama

Udang termasuk bahan makanan yang dapat dijadikan frozen food. Namun, jangan disimpan terlalu lama di freezer juga akan kehilangan kesegarannya. Nutrisinya akan berkurang dan bahkan rentan terhadap bakteri.

Sebaiknya udang segar hanya disimpan maksimal selama 24 jam saja di dalam kulkas dan langsung diolah. Jika ingin menyimpannya lebih lama, Anda bisa merebusnya terlebih dahulu selama beberapa saat, lalu menyimpannya di dalam freezer.

6. Mengolah udang tanpa bumbu

Meski udang memiliki rasa yang gurih dan lezat, makanan yang satu ini tetaplah akan lebih sedap jika dimasak dengan menggunakan tambahan bumbu. Tidak perlu banyak, gunakan bumbu yang tepat dalam takaran yang pas untuk berbagai menu udang pilihan Anda. Hal ini akan membuat rasa dan aroma udang menjadi lebih lezat, sedangkan nutrisinya tetap terjaga dengan baik.

Olah udang dengan cara yang tepat

Pastikan Anda memahami dengan baik cara yang tepat untuk mengolah udang, sehingga setiap menu udang yang Anda sajikan tetap terjaga nutrisinya dengan baik. Hal ini juga akan memungkinkan Anda mendapatkan masakan yang lebih lezat dan nikmat.

Baca Juga: Biar Rasa Makin Mantul! Ini 8 Tips Memasak Ala MasterChef Indonesia