Masih Dapat Angpao Lebaran? Gunakan untuk Hal-Hal Bermanfaat Berikut Ini

Tak hanya Ramadhan, momen Idul Fitri termasuk momen yang sangat dinanti-nanti kedatangannya. Banyak hal yang bisa diperoleh di hari raya yang fitri ini. Mulai dari segi materi hingga non materi. 

Dari segi non materi, tentu momen ini dijadikan juga sebagai ajang berkumpul bersama keluarga besar. Silaturahmi untuk semakin mempererat tali persaudaraan. Tak hanya itu, momen ini juga dijadikan sebagai momen untuk semakin memperkuat silah ukhuwah sesama umat Islam, khususnya di Indonesia yang kental dengan budaya serta adat istiadat halal bi halalnya .

Dari segi materi jangan ditanya lagi, keberkahan di bulan ramadhan seakan tak pernah lepas di hari raya yang fitri ini. Bagaimana tidak? Jika menjelang lebaran kebanyakan orang akan memperoleh THR (Tunjangan Hari Raya) sebagai bonusnya bekerja selama ini. 

Selain itu, masih banyak hal lagi yang ditunggu di momen lebaran. Mulai dari pakaian baru, beragam makanan khas lebaran hingga angpao yang biasa didapat selama lebaran.

Anak-anak menjadi kandidat utama yang menerima angpao ini, meski tidak menutup kemungkinan kamu yang sedang sekolah dan akan beranjak dewasa pun bisa mendapatkannya. Biasanya, setelah menerima angpao kamu terburu-buru untuk menghabiskannya. Mulai dari membeli barang-barang yang bermanfaat sampai ke barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Jika benar demikian bisa dipastikan bahwa angpao lebaranmu akan cepat habis tak tersisa. Bahkan terkesan terbuang secara percuma. Akhirnya memunculkan rasa penyesalan yang mendalam.

Eits tapi jangan khawatir, berikut ini cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk menghabiskan angpao lebaranmu tanpa ada penyesalan yang mengikuti:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Gunakan sebagai Modal Bisnis

modal bisnis

Tak ada salahnya memulai bisnis di usia dini. Apalagi  di usia masih sekolah, kesempatan untuk belajar lebih besar lagi. Tak perlu membuka usaha yang langsung besar, cukup usaha kecil-kecilan  terlebih dahulu.

Kamu bisa membuka usaha jualan pulsa, kuota internet, fashion, kosmetik, hijab atau pernak-pernik kerajinan tangan. Kamu bisa menggunakan angpao lebaranmu sebagai modal awal.

Kamu juga bisa mengawali dengan menjadi reseller terlebih dahulu. Selanjutnya mulai memasarkan produk yang kamu jual kepada calon pelanggan. Bisa dimulai dari keluarga, kerabat dekat atau tetangga disekitar rumah.

Tak hanya itu, di era digital saat ini kamu juga bisa memanfaatkan media sosial yang kamu punya sebagai sarana promosinya. 

Jika usaha yang kamu rintis ini menjanjikan, kamu bisa semakin mengembangkannya lebih besar lagi. Kalau sudah seperti ini, kamu juga bisa membuka kesempatan lowongan kerja, minimal sebagai admin dan bagian packing.

2. Buat Rekening Tabungan 

rekening tabungan

Jika kamu belum tertarik untuk belajar bisnis, kamu bisa menggunakan angpao lebaranmu untuk membuka rekening tabungan dan menyimpan seluruh uangmu di rekening tersebut. Meski keuntungan yang didapatkan sedikit, tapi menabung memiliki sisi manfaat juga. 

Salah satunya untuk belajar disiplin menyisihkan uang jajan. Setiap orang pasti menginginkan tabungannya terus bertambah setiap harinya, termasuk kamu. Untuk itu, kamu pasti akan berusaha menyisihkan uang jajan yang kamu miliki untuk ditabung.

Kamu pasti akan membagi uang jajan yang kamu miliki ke pos-pos belanja tertentu. Misalnya untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan menabung. Dari hal sederhana ini secara tidak langsung kamu juga belajar mengatur dan membuat rencana keuangan.

Dengan menabung, kamu bisa memiliki uang simpanan yang bisa digunakan ketika dibutuhkan. Tak hanya di rekening saja, kamu juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan celengan sebagai tempat menyimpan angpao lebaranmu.

Baca Juga: Lebaran di Rumah Saja, Bagi-Bagi THR Tetap Lancar Pakai Aplikasi Dompet Digital

3. Investasi

investasi

Sama halnya dengan berbisnis, belajar investasi juga perlu dimulai sejak dini. Tak perlu menunggu memiliki penghasilan, kamu bisa memulainya menggunakan angpao lebaranmu.

Kamu bisa memilih reksadana sebagai langkah awalnya. Reksadana termasuk jenis investasi yang memiliki risiko rendah dan tidak membutuhkan dana yang terlalu besar. Apalagi di era digital saat ini, kamu bisa membeli secara online di platform-platform keuangan yang menyediakan layanan investasi.

Selain reksadana, kamu juga bisa memulai investasi dengan membeli emas, baik itu dalam bentuk batangan ataupun perhiasan. Investasi emas termasuk jenis investasi yang memilki risiko kerugian yang rendah. Keuntungan yang di dapat dari investasi ini adalah tidak terpengaruh degan tingkat inflasi dan nilainya cenderung stabil dari waktu ke waktu.

4. Mengikuti Kelas-Kelas Khusus

kelas

Kamu juga bisa menggunakan angpao lebaran yang kamu miliki untuk mengikuti kelas-kelas khusus yang sesuai dengan skill yang kamu miliki. Tak hanya sekedar mengisi waktu luang, kamu  juga bisa meningkatkan skill yang kamu miliki.

Kamu bisa mengikuti kelas memasak, kelas melukis/seni lainnya, kelas public speaking ataupun kelas menulis. Tak hanya itu, jika kamu ingin meningkatkan nilai akademik kamu bisa mengikuti les-les mata pelajaran tertentu sekaligus sebagai persiapan ke jenjang kelas selanjutya.

5. Membeli Buku-Buku Favorit

membeli buku

Buku adalah jendela dunia, dengan membaca buku kamu juga bisa mengetahui beragam kehidupan di berbagai negara. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghabiskan angpao lebaranmu adalah dengan membeli buku. 

Kamu bisa membeli buku-buku yang bermanfaat agar menambah wawasan yang kamu miliki. Kamu juga bisa membeli buku berbahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu.

Baca Juga:  Cara Bijak Memanfaatkan Uang THR

Bijak Menggunakan Angpao Lebaran Agar Tidak Menyesal Kemudian

Easy come, easy go. Sama halnya dengan angpao lebaran yang mudah habis jika tidak digunakan dengan bijak. Menggunakannya untuk hal-hal yang tidak perlu hanya akan membuat penyesalan di kemudian hari. Untuk itu kamu perlu menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat, misalnya saja membeli buku ataupun mengikuti kelas.

Baca Juga: Tips Lebaran Tetap Asyik Meski Tanpa THR