Mau Bisnis Online Anda Viral dan Terkenal? Ikuti 4 Tips Ini

Bisnis online saat ini semakin menjamur seiring tuntutan pelanggan. Ya, pelanggan kini lebih senang belanja lewat gawainya sambil rebahan dari rumah.

Era digital juga memaksa para pengusaha berpikir cerdas. Selain membuka toko atau cara offline, perlu merambah online. Siapa yang tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, pasti akan tergilas.

Saking banyaknya bisnis online membuat persaingan semakin ketat. Inovasi dan kreatif menjadi kunci untuk memenangkan kompetisi.

Caranya dengan membuat bisnis online Anda viral dan terkenal. Tetapi kalau bisa sukses dalam jangka panjang. Bukan hanya hitungan hari, minggu, atau bulan, kemudian tenggelam.

Berikut tips supaya bisnis online Anda menjadi viral dan terkenal:

Baca Juga: Cara Lapor Pajak SPT Tahunan untuk UMKM dan Bisnis Online

1. Buat bisnis seunik mungkin

Kebanyakan bisnis yang viral atau terkenal memiliki keunikan tersendiri. Bisa dari merek atau nama brand, jargon atau slogan, bahkan dari sisi si pemilik bisnis.

Selain itu, kisah atau cerita di balik perjalanan bisnis Anda juga bisa menjadi sisi menarik yang bikin orang penasaran. Contoh penggunaan merek unik, es pocong karena tempat usahanya dekat dengan pemakaman.

Kemudian sambal setan karena rasanya yang sangat pedas, atau lainnya. Bila ada sesuatu yang unik dari bisnis online Anda, kabar ini akan menyebar dari mulut ke mulut.

Apalagi kalau sudah tersebar di media sosial, sangat cepat viralnya. Begitu bisnis online Anda viral, banyak orang tertarik membeli. Jika rasanya enak, kualitas oke, atau cocok dengan mereka, pasti bakal jadi pelanggan tetap.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menonjolkan cita rasa maupun kualitas terbaik dari bisnis online Anda, di samping harga yang bersahabat. Supaya viral dan terkenal tak hanya sesaat, tetapi berumur panjang.

2. Gandeng selebgram, youtuber, atau influencer

Zaman now, viral dan terkenal bisa datang dari like, subscriber, follower, dan review netizen. Promosi lewat media massa sudah dianggap ketinggalan zaman.

Cara paling kekinian agar bisnis viral dan terkenal adalah menggandeng selebgram, youtuber, influencer, blogger, vlogger, atau semacamnya. Dengan kekuatan follower dan subscriber, bisnis online Anda bakal cepat hype.

Strategi pemasaran ini juga dapat dilakukan apabila produk Anda sudah oke, packaging keren, kualitas andal, tetapi belum dikenal banyak orang.

Misalnya Anda buka bisnis online di bidang kuliner. Endorse saja salah satu youtuber atau food vlogger dengan basis follower dan subscriber banyak untuk review makanan Anda atau mukbang.

Jika bisnis online Anda di bidang fesyen, endorse selebgram untuk mengenakan produk pakaian yang Anda jual. Disertai caption menarik dan menjual.

3. Menerapkan sistem franchise

Siapa bilang tidak ada franchise atau waralaba online? Sekarang banyak sekali waralaba yang merambah ke online. Dengan sistem franchise atau istilahnya kemitraan, produk maupun brand yang Anda miliki bisa tersebar ke seluruh penjuru negeri. Bahkan go internasional.

Contohnya seperti Kebab Turki Baba Rafi, Apotek K24, Alfamart, Snapy, Campina, dan lainnya. Semua merek itu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

4. Pikat konsumen lewat media sosial

Media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube saat ini menjadi senjata ampuh untuk bisnis online. Kekuatannya begitu dahsyat dalam memengaruhi konsumen.

Memanfaatkan media sosial sebagai kanal pemasaran maupun berjualan adalah pilihan tepat, karena tidak butuh modal besar, namun dapat memperoleh hasil maksimal. Apalagi sekarang via Instagram dan YouTube, peminatnya sangat besar.

Asal punya followers dan subscriber banyak, jualan jadi lebih gampang dan cepat dikenal orang. 

Baca Juga: Tips Mengubah Kritik Konsumen Menjadi Peluang Bisnis yang Menjanjikan