Mau Jadi Trader Sukses? Pastikan Punya Skill Ini

Bagaimana cara menjadi trader sukses? Inilah pertanyaan yang akhir-akhir ini sering kali ditanyakan oleh para trader, khususnya pemula. Tanpa pengetahuan yang mumpuni, kesuksesan tentu menjadi angan-angan semata.

Baca Juga: Apa Itu Trader Investasi? Pengertian, Jenis dan Keuntungannya

Pengertian Trader

loader

Trader

Trader adalah seseorang yang memperjualbelikan saham dalam kurun waktu yang relatif singkat. Bisa dalam hitungan menit, jam, maupun hari. Jarang-jarang ada trader yang mau memegang saham dalam waktu lama karena mereka menginginkan perputaran uang secara cepat.

Misalnya, jam 9:00 beli dan harganya match, maka jam 10:00 sudah dijual. Seperti itulah kehidupan trader.

Tertarik menjadi trader sukses? Pastikan kamu memiliki skill-skill di bawah ini.

5 Skill yang Wajib Dimiliki Trader Sukses

  1. Memanfaatkan Selisih Harga

    Keuntungan dihitung dari selisih harga jual dan beli, hal ini juga berlaku di dunia saham. Oleh karena itu, jual saham ketika harganya naik saja. 

    Saat harganya turun, sebaiknya pertahankan saham tersebut karena ada kemungkinan harganya akan memantul lagi dalam beberapa hari kemudian. Kamu bisa melakukan average down atau membeli saham saat harganya diskon, sehingga harga beli rata-rata menjadi lebih murah.

    Namun, perlu diketahui kalau proses memanfaatkan selisih harga tidak selalu berjalan mulus. Sebaiknya manfaatkan momen yang tepat untuk menjual dan tetaplah bersabar jika seandainya harga saham turun. 

  2. Memprediksi Trend

    Untuk menjadi seorang pedagang yang sukses, kamu harus tahu barang apa yang kira-kira sedang atau akan diminati oleh masyarakat. Kemampuan dalam mengidentifikasi trend akan membantumu untuk meraup keuntungan lebih besar dari yang diharapkan. 

    Ibarat, kamu sudah mulai melirik suatu barang saat orang lain belum meliriknya dan ketika semakin banyak orang yang tertarik dengan barang tersebut, harganya tentu semakin mahal. Di sinilah waktu yang tepat untuk menjual sebagian atau seluruh barang yang dipunya. 

    Trend semakin mudah diketahui jika kamu rajin membaca buku, koran, dan berita-berita paling update, baik domestik maupun mancanegara. Lalu, hubungkan dengan situasi yang terjadi sekarang untuk membantumu dalam mengambil keputusan.

  3. Menjadi Sosok yang Realistis

    Untung sih bisa, tapi ketahuilah bila waktu untuk memperoleh keuntungan tidak selalu berjalan sesuai rencana. Terkadang, kamu mungkin sudah memperkirakan akan untung hari ini, tapi kenyataannya tidak karena mungkin trader lain kurang tertarik dengan saham yang kamu lirik. 

    Sama halnya ketika momen take profit tiba. Kamu tidak perlu menjadi sosok yang greedy karena harga saham bergerak fluktuatif. Jangan sampai karena ketamakan, kamu gagal menikmati keuntungan pada hari itu.

    Makanya, jadilah sosok trader yang realistis yang sadar kalau keuntungan besar akan didapatkan jika modalnya besar. Sosok yang tahu jika trading saham bukanlah jalan untuk menjadi jutawan dalam semalam. Tetap butuh proses, jadi jalani dan nikmati prosesnya sebaik mungkin.

  4. Trading Secara Konsisten

    Selalu ingat peribahasa “Alah bisa karena biasa”. Semakin konsisten kamu melakukan trading, maka semakin banyak pelajaran yang didapat. Tidak hanya tentang bagaimana menjadi realistis, tapi juga cara mengetahui momen yang tepat untuk jual, beli, atau kapan harus menyediakan cash di rekening RDN.

    Dengan trading yang konsisten pula, kamu berpotensi meraup untung lebih besar. Sebab, keuntungan dapat dijadikan modal untuk membeli lebih banyak saham. 

    Sebelum melakukan trading, sebaiknya buatkan trading plan yang matang. Lakukan trading sesuai yang direncanakan untuk mencapai target keuntungan yang diinginkan. Dan jangan lupa untuk stop loss jika seandainya harga saham turun secara signifikan dari waktu kamu membelinya. 

  5. Tidak Gegabah

    Harga saham tidak dapat diprediksi dengan mudah karena banyak orang yang menggerakkan harganya. Hari ini kamu bisa untung, hari esok rugi besar. Bisa dikatakan neraca keuntungan dan kerugiannya berimbang. 

    Cobalah untuk tidak gegabah selama trading. Dalam arti kelola emosi sebaik mungkin untuk menghindari kesalahan sewaktu mengambil keputusan. Jika kesalahan tersebut terjadi, portofolio akan merah semua.

    Kedepankan logika selama trading berlangsung dan sikapi apapun dengan tenang. Dengan tidak gegabah, percayalah kamu bisa menjadi trader sukses di masa mendatang.

    Baca Juga: Part Time Trader atau Full Time? Ini Untung Ruginya

Miliki Dulu Ilmu Dasar Trading Saham

Trading saham memang menarik, tapi alangkah baiknya jika kamu membekali diri dengan ilmu trading saham paling dasar. Ilmu ini yang akan sangat membantu dalam mengambil keputusan. 

Ilmu tentang trading dapat dipelajari dari buku, artikel, video Youtube, atau analisis seseorang yang sudah ahli di bidangnya. Luangkan waktu untuk belajar agar kamu bisa menjadi trader sukses.

Pahami Tips Trading yang Benar

Sebelum menjadi seseorang yang sukses, pastikan kamu telah memahami tips-tips untuk mewujudkan sukses tersebut. Dengan ini, kamu tahu langkah trading yang baik dan benar dalam praktiknya nanti. Barengi juga dengan sikap disiplin karena sikap inilah yang perlahan-lahan akan menuntunmu menjadi orang yang sukses.

Masih ragu-ragu? Mungkin kamu bisa mencoba untuk menjadi investor terlebih dahulu. 

Baca Juga: 6 Tips Trading untuk Pemula, Anti FOMO