Mau Kerja Online? Cari Lowongan Kerja Freelance Di Situs Ini

Dewasa ini, zaman telah berubah menjadi serba digital. Jangan kaget jika pada nantinya Anda menemukan beberapa orang lebih banyak diam di rumah, kafe, working space, maupun taman dan berbagai tempat santai lainnya. Ya, dengan mobilitas yang tinggi, internet telah berhasil membawa perubahan bahwa bekerja saat ini tak harus di dalam kantor atau menjadi pegawai tetap, atau lebih jelasnya kerja online atau kerja freelance. Beberapa situs semacam JobsDB dan Jobstreet juga menyajikan beberapa lowongan pekerjaan, namun mayoritas pada kedua situs tersebut hanya lowongan untuk pekerja tetap.

Namun jangan pernah khawatir bagi Anda pelaku freelancer, pasalnya pekerjaan dengan predikat tersebut saat ini mulai dipertimbangkan. Memang, job yang diterima oleh freelancer adalah per musim dan tidak selalu ada. Akan tetapi, freelancer jangan kecewa!. Anda yang biasa bekerja sebagai freelancer saat ini tak perlu kebingungan untuk mencari pekerjaan. Karena saat ini telah banyak bermunculan beberapa situs market place khusus bagi freelancer. Inilah beberapa website market place yang saat ini tengah berkembang dan dapat menjadi inovasi bagi pelaku freelancer:

1. Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia via freelancer.com

 

Awalnya situs start up freelancer ini diluncurkan oleh Australia, namun kini start up tersebut mengembangkannya menjadi versi Indonesia. Menurut beberapa situs, Freelancer saat ini telah memiliki lebih dari 350.000 freelancer dan 25.000 perusahaan atau pencari jasa. Di dalam situs ini Anda dapat mencari berbagai macam project, mulai dari IT, jurnalistik, jasa penerjemahan, marketing, desain, dan masih banyak lagi. Proyek-proyek tersebut biasanya ditampilkan dengan nama dan deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan, tenggat waktu, jumlah pelamar, dan upah. Keistimewaannya adalah anda dapat menawar upah untuk mengerjakan project yang anda pilih. Selain project regular, ada pula kontes yang dapat Anda ikuti dengan bersaing bersama freelancer lain untuk mengerjakan proyek yang hasilnya akan dinilai dan dipilih oleh klien. Selain itu Anda juga akan mendapatkan manfaat karena freelancer memberikan jangkauan yang luas bagi penggunanya, yakni di seluruh dunia. Sayangnya, di Indonesia Freelancer masih menerima pembayaran melalui kartu kredit atau PayPal. Meskipun demikian, rencananya Freelancer Indonesia juga akan menerapkan pembayaran melalui bank.

2. Sribulancer

Sribulancer

Sribulancer Situs Kerja Online via sribulancer.com

 

Salah satu start up baru di situs market place Indonesia adalah Sribulancer karena website ini resmi diluncurkan pada September 2014. Sribulancer mengklaim telah memiliki lebih dari 18.800 freelancer terdaftar dengan lebih dari 770 proyek yang dipasang oleh berbagai perusahaan dan individu. Hampir sama dengan situs Freelancer Indonesia, Sribulancer juga menyediakan berbagai macam pekerjaan meski tidak sebanyak dan seluas jangkauan Freelancer Indonesia. Namun keuntungannya adalah Sribulancer tampak lebih lokal, hal ini dapat dilihat dari klien, pekerjaan, hingga sistem pembayarannya. Sribulancer menerapkan pembayaran melalui transfer bank, dimana klien melakukan pembayaran ke rekening Sribulancer yang bertindak sebagai akun rekening bersama. Hal ini tentu menjadi sebuah kemudahan bagi pasar di Indonesia yang sebagian besar penduduknya belum memiliki kartu kredit. Melihat masyarakat Indonesia lebih banyak memiliki rekening bank, maka Sribulancer menggunakan sistem pembayaran melalui transfer bank.

3. Projects

 Projects

Projects Situs Kerja Online via projects.co.id

 

Website yang diluncurkan pada November 2014 ini memiliki keunikan tersendiri. Tak sekedar menghadirkan situs untuk mencari atau menawarkan pekerjaan, melainkan Anda dapat melakukan transaksi jual beli produk digital. Produk yang dijual di Projects bervariasi, mulai dari e-book, desain kaos, software, game, template situs, dan produk digital lainnya. Keistimewaan datang lagi dari website ini yakni tersedianya program Affiliate Referral sebagai alternatif penghasilan pasif bagi pengguna. Anda sebagai pengguna dapat mempromosikan Projects melalui URL yang telah disediakan. Nanti pada akhirnya, Projects dapat melacak siapa saja yang mendaftar di situs ini berdasarkan referral tersebut. Jika orang yang baru mendaftar tersebut berhasil melakukan transaksi, maka pengguna yang memberikan referral mendapatkan komisi sebesar 10 persen hingga 20 persen (dari komisi yang didapat oleh Projects). Sangat menarik, bukan?

Baca Juga : 7 Jenis Pekerjaan Freelance Terpopuler

 

4. Upwork

Upwork

Upwork Situs Kerja Online via upwork.com

 

Anda cukup mendaftar dan memilih salah satu dari sekitar 70an kategori pekerjaan yang ada. Masing-masing kategori menawarkan beragam kerjaan atau kadang diistilahkan project. Pekerjaan-pekerjaan utama di web ini meliputi penulisan artikel, menterjemahkan, pembuatan website, membangun aplikasi, serta mendesain. Pekerjaan Anda dibayar mingguan sesuai dengan waktu yang digunakan untuk menyelesaikannya.

5. Guru 

Guru

Guru Situs Cari Kerja Online via guru.com

 

Guru salah satu website yang menghubungkan perusahaan dengan para freelancer. Untuk Anda yang memiliki keahlian tehnik atau sesuatu yang berhubungan dengan dunia kreatif dan dunia bisnis, website tentu menjadi pilihan yang tepat untuk mencari kerja. Sejumlah besar pekerjaan tersedia untuk para programer, pembuat game online, penerjemah, teknik sampai pengacara.

6. Fiverr

Fiverr

Fiverr Situs Kerja Online via fiverr.com

 

Ini salah satu situs dari luar Indonesia yang juga dapat membantu anda dalam menghasilkan penghasilan. berbagai macam pekerjaan seperti : penulis, desain, marketing, arsitek, hingga badut untuk acara. Banyak sekali pekerjaan konyol yang ditawarkan oleh penyedia jasa dalam website ini. Anda sebagai penyedia jasa harus memiliki akun terlebih dahulu, kemudian tahap awalnya adalah anda harus memasang gig yakni patokan harga. Pencari kerja yang tertarik dengan jasa Anda akan membeli gig anda seharga $5 dan Anda akan dibayar sebesar $4 ketika Anda menyelesaikan tugas tersebut. Untuk pembayarannya, anda harus memiliki akun PayPal terlebih dahulu.

7. Tenbux

Tenbux

Tenbux Situs kerja Online via tenbux.com

 

Tak jauh beda dengan website Fiverr, hanya saja pembedanya terletak pada kebebasan Anda memilih harga gig yang terdiri dari $5 hingga $10.

8. Problogger

 Problogger

Problogger Situs Online via problogger.net

 

Sekilas website ini terlihat seperti blog biasa, namun setelah Anda masuk kewbsitenya Anda akan mengetahui bahwa website ini adalah salah satu blog yang menyediakan banyak peluang kerja rumahan untuk mereka yang hobby menulis. Caranya mudah, Anda tinggal mengklik  “Job” untuk menemukan sejumlah besar tawaran kerjaan yang akan menantang Anda mengeluarkan keahlian menulis yang mungkin selama ini terpendam. Bayarannya pun oke, sesuai kualitas pekerjaan Anda.

9. IFreelance

ifreelance

iFreelance Situs Kerja Online via ifreelance.com 

 

iFreelance menjadi tempat yang pas bagi mereka yang ingin memperoleh penghasilan dari keahlianya dalam hal fotografi, pemesaran, teknik kesenian tradisional, video, akunting, menulis, arsitek, desain grafis, dan berbagai pekerjaan administratif.

10. Elance

Elance

Elance Situs via elance.com

 

Salah satu website marketplace yang cukup besar sekaligus popular di jagat internet karena di dalam situs ini terdapat marketer dan pemilik bisnis lokal melakukan outsourcing. Hal ini merupakan salah satu cara yang sangat baik bagi freelancer untuk menghasilkan uang jutaan rupiah dalam beberapa hari atau minggu jika Anda telah mengetahui cara dan tentunya memiliki kualifikasi.

11. Microworkers

Microworkers

Microworekers via microworkers.com

 

Situs ini merupakan salah satu marketplace jasa pekerjaan yang paling mudah dan unik. Pasalnya Anda akan menghasilkan uang dengan melakukan tugas mudah. Biasanya hanya dibayar beberapa sen atau beberapa dolar saja karena tugasnya sangat mudah. Contohnya saja seperti jasa like fanpage on Facebook.

12. Mechanical Turk

Mechanical Turk

Mechanical Turk viamturk.com

 

Salah satu website marketplace besutan Amazon ini menyediakan berbagai tugas yang dapat dikerjakan oleh freelancer. Bagi anda yang ingin mengerjakan beberapa pekerjaan mudah, dan tidak merepotkan rupanya website ini merupakan rekomendasi. Hampir sama dengan website Microworkers namun beberapa sistem di dalamnya lebih canggih. Namun untuk interface pada Mechanical Turk kurang user friendly dan menjadikan pengguna terkadang agak sedikit kebingungan. Sesuai dengan beban kerjanya yang tak terlalu berat, mayoritas klien akan memberikan upah yang sebanding atau mini sekali. Mengenai pembayaran, tentunya Anda harus memiliki PayPal untuk dapat menerima gaji.

13. Break Studios

break studio

Break Studio via breakstudios.break.com

 

Hampir sama dengan situs Demand Studios, namun pada website ini anda dibayar lebih sedikit yakni maksimal adalah $8. Tapi tak perlu khawatir karena beban kerja yang ditawarkan rata-rata juga memiliki beban artikel yang minim.

14. iWriter

iwriter

website iwriter via i.ytimg.com  

 

Situs marketplace untuk freelance writer ini cukuplah unik. Pasalnya di situs online kerja lain ada harus melakukan approve dahulu sebelum bisa bekerja. Berbeda dengan disini, Anda dapat memulai bekerja berdasarkan kriteria yang ada dan menawarkan hasil pekerjaan (tulisan) anda pada pembeli potensial. Intinya, materi tulisan anda yang siap edar akan dibeli oleh klien dengan harga tertentu. Asyik, bukan?

15. CloudSource

Cloud Crow

Crowd Source via crowdsource.com

 

Salah satu tempat kerja online dimana Anda harus melakukan training terlebih dahulu dengan cara mengerjakan beberapa task dari perusahaan yang Anda lamar. Jika masuk dalam seleksi, Anda akan mendapatkan approve dan segera mengerjakan jobs tersebut. Selain itu, Anda juga dapat meminta review pekerjaan yang telah dikerjakan sebagai bahan evaluasi anda. Gaji yang ditawarkan juga cukup lumayan yakni dimulai dari USD3 atau sekitar Rp42.000 hingga beberapa puluh dollar.

Baca Juga : 10 Cara Menghasilkan Uang Saat Liburan

Siap Menjadi Freelancer?

Jika lapangan pekerjaan online saat ini sudah mulai banyak, harusnya Anda tak perlu bingung dan takut untuk tak mendapatkan pekerjaan, bukan? Coba cek situs-situs di atas, lihat lowongan kerja freelance yang tersedia di sana. Ingat, menjadi freelancer juga sama baiknya seperti bekerja di kantor jadi tak perlu khawatir lagi. Kebutuhan hidup bisa Anda dapatkan dari bekerja secara freelance, selamat mencoba!

Baca Juga : 5 Cara Mencari Kerja Setelah Lulus Kuliah