Mau Naik MRT Jakarta Gratis? Begini Cara Daftar dan Dapatkan Tiketnya

Mimpi warga Jakarta selama lebih dari 20 tahun punya transportasi kereta MRT (Mass Rapid Transit) sudah terwujud. Kini, masyarakat bisa merasakan mulusnya naik kereta bawah tanah dari Stasiun Lebak Bulus sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Bagi yang sudah tidak sabar menjajal MRT Jakarta, tenang. PT MRT Jakarta selaku pengelola dan operator membuka kesempatan kepada masyarakat untuk ikut uji coba publik MRT Jakarta. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Hore! Jakarta Punya MRT, Ini Tarif dan Cara Membeli Tiketnya

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tanggal Uji Coba MRT Jakarta

  loader
Tanggal Uji Coba MRT Jakarta via ayocobamrtj.com

  • Warga, termasuk kamu dapat merasakan pengalaman pertama naik MRT Jakarta mulai Selasa (12/3) sampai Minggu (24/3) sebelum kereta ini beroperasi secara komersial pada akhir Maret 2019.
  • Kamu bisa memilih datang di empat waktu (window time) untuk naik MRT, yakni pukul 08.00-10.00 WIB, pukul 10.00-12.00 WIB, pukul 12.00-14.00 WIB, atau pukul 14.00-16.00 WIB.
  • Setiap pendaftar boleh mendaftarkan dua orang. Satu untuk si pemilik identitas dan satu orang pendamping (istri, anak, teman, atau lainnya).
  • Setiap satu email hanya dapat mendaftar maksimal satu kali per hari selama periode 12-24 Maret.

Tanggal Pendaftaran Uji Coba MRT Jakarta

loader
Tanggal Pendaftaran Uji Coba MRT Jakarta via jakartamrt.co.id

Batas akhir pendaftaran ikut uji coba naik MRT Jakarta sebelumnya tanggal 23 Maret 2019. Namun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan layanan moda transportasi ini akan gratis hingga 31 Maret. Jadi masih ada waktu buat kamu yang ingin menjajal kereta tanpa masinis ini dan melihat langsung berbagai fitur maupun stasiun sepanjang 16 kilometer (km) dari Lebak Bulus-Bundaran HI. 

Gratis dan Masih Ada Kuota

loader
Uji Coba Publik MRT Jakarta Gratis via jakartamrt.co.id

Tidak perlu khawatir, uji coba publik MRT Jakarta ini gratis, tanpa dipungut biaya sepeserpun. Selain itu, masih ada kuota yang tersisa sebanyak 104 ribuan orang. Berdasarkan penelusuran Cermati.com, sampai dengan siang 11 Maret 2019, tiket atau kuota yang masih ada untuk keberangkatan Senin (18 Maret), Selasa (19 Maret), Rabu (20 Maret), Kamis (21 Maret), dan Jumat (22 Maret).

Sementara untuk kuota trial run MRT Jakarta-pendaftaran khusus untuk penyandang disabilitas semakin menipis. Tersisa di tanggal keberangkatan Selasa (19 Maret), Rabu (20 Maret), dan Kamis (21 Maret). Registrasi maksimal H-1 sebelum keberangkatan. Ayo, buruan daftar sebelum kehabisan.

Baca Juga: Hasil Survei: Ternyata Transportasi Umum Ini yang ‘Digandrungi’ Orang Indonesia

Cara Daftar Ikut Uji Coba MRT Jakarta

loader
Cara Daftar Ikut Uji Coba MRT Jakarta via ayocobamrtj.com

1. Langkah pertama cara daftar ikut uji coba MRT Jakarta, buka http://ayocobamrtj.com/

2. Klik “Daftar Sekarang” di banner website

3. Masuk ke pilihan “Pendaftaran Regular” atau “Pendaftaran dengan Disabilitas”

4. Klik “Pendaftaran Regular”

5. Selanjutnya akan masuk ke halaman Bukalapak sebagai e-commerce yang bekerja sama untuk Trial Run MRT Jakarta

6. Baca secara detail deskripsi maupun syarat dan ketentuan yang tertera

7. Setelah itu, lihat di bagian atas kanan. Lalu pilih tanggal yang masih tersisa, stasiun keberangkatan, dan jumlah tiket (maksimal untuk 2 orang). Kemudian klik “Beli”

loader
Tahapan Daftar Uji Coba MRT Jakarta via bukalapak.com

8. Akan muncul halaman untuk login. Jika sudah punya akun Bukalapak, tinggal masukkan email/username/nomor ponsel dan password, lalu klik “Login”. Jika belum punya akun, registrasi dulu dengan email/nomor ponsel dan verifikasi akun. Bisa juga login dengan Facebook maupun Google

9. Jika sudah, isi identitas dengan nomor KTP/SIM/Paspor di bagian “Kontak yang Dapat Dihubungi”

10. Di bawahnya ada ringkasan pembayaran dengan total tagihan Rp 0 alias gratis. Lalu klik “Lanjut ke Pembayaran”

11. Selanjutnya kamu akan menerima email konfirmasi beserta e-tiket MRT Jakarta

12. Untuk membuka atau mencetak e-tiket MRT Jakarta, kamu harus download aplikasi Bukalapak di ponsel. Di e-tiket tersebut akan tertera barcode kode booking dan detail event. E-tiket ini harus ditunjukkan untuk masuk ke lokasi atau stasiun keberangkatan yang sudah kamu pilih saat hari H

13. Selesai.

Rute MRT Jakarta

loader Rute MRT Jakarta via jakartamrt.co.id

Naik MRT gratis keliling Jakarta, tepatnya di fase I jurusan Lebak Bulus-Bundaran HI, kamu akan melewati 13 stasiun. Terdiri dari:

Sebanyak 7 stasiun dibangun melayang sepanjang 10 km:

1. Stasiun Lebak Bulus

2. Stasiun Fatmawati

3. Stasiun Cipete Raya

4. Stasiun Haji Nawi

5. Stasiun Blok A

6. Stasiun Blok M

7. Stasiun Sisingamangaraja

Sebanyak 6 stasiun bawah tanah (underground) membentang sekitar 6 km:

8. Stasiun Senayan

9. Stasiun Istora

10. Stasiun Benhil

11. Stasiun Setiabudi

12. Stasiun Dukuh Atas

13. Stasiun Bundaran HI.

Keuntungan Naik MRT Jakarta

loader
Keuntungan Naik MRT Jakarta via jakartamrt.co.id

  • Bebas macet karena MRT Jakarta berjalan pada jalur di atas (elevated) dan bawah (underground)
  • Dijamin aman karena MRT Jakarta menggunakan teknologi paling anyar (Communication Base Control (CBC) yang menaungi persinyalan. Jadi lebih akurat meminimalisir human error dan gangguan cuaca lain
  • Lebih cepat sampai karena penumpang hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk tiba dari Stasiun Lebak Buluk ke Bundaran HI atau sebaliknya. Pada jam-jam sibuk, jarak antara satu kereta dengan kereta lain (headway) hanya 5 menit. Di luar jam sibuk menjadi setiap 10 menit.

Tertib dan Patuhi Aturan

Saat ikut uji coba MRT Jakarta gratis, pastikan kamu antre dengan tertib. Berada di belakang garis aman dan di dalam garis antrean. Jangan berebut, selalu patuhi petunjuk dan arahan petugas mengingat pengoperasian MRT serba otomatis, tanpa masinis, termasuk sistem untuk membuka dan menutup pintu. Selamat mencoba.

Baca Juga: Fakta Menarik Seputar E-money di Masyarakat