Mau Nikah? Ini Tempat Pernikahan Termurah di Jakarta

Merencanakan sebuah pesta pernikahan, tentu akan banyak menyita waktu dan tenaga untuk mempersiapkannya. Ada banyak hal yang harus disiapkan sejak awal, terutama bila akan mengurus segala kebutuhan pernikahan tanpa bantuan EO (event organizer).

Di antara semua keperluan, tempat atau gedung untuk melangsungkan pernikahan menjadi salah satu prioritas yang harus diurus sejak awal. Jangan sampai tempat tidak siap atau tidak mendapatkan gedung untuk momen spesial tersebut.

Untuk harga sewa gedung tentunya sangat beragam, sehingga ada kesempatan untuk memilih dan menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Bagaimanapun juga, pesta pernikahan akan membutuhkan banyak biaya, sehingga penting untuk mendapatkan gedung dengan biaya sewa yang sesuai.

Bagi kamu yang akan menggelar pesta pernikahan di wilayah Jakarta, masih tetap bisa menemukan gedung dengan harga sewa yang terjangkau. Ada banyak gedung yang bisa disewa dengan harga relatif murah, bahkan di bawah Rp10 jutaan.

Berikut tempat-tempat atau gedung dengan biaya dan harga termurah di 5 kota di Jakarta yang dihimpun sebagai salah satu pertimbangan:

Baca Juga: Ini Dia Syarat Mengurus Pernikahan WNI dan WNA

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Gedung Pernikahan di Kawasan Jakarta Pusat:

Aula Resepsi Pernikahan Kemensos
Aula resepsi pernikahan di Gedung Kemensos via fadli-mc.blogspot.co.id

1. Gedung Kemensos

Berada di kawasan Salemba Raya, Gedung Kementerian Sosial ini bisa kamu sewa dengan biaya sekitar Rp10 juta saja. Di sini, kamu bisa menggelar resepsi pernikahan yang cukup besar karena mampu menampung hingga sekitar 1000 orang.

Gedung Pernikahan di Kawasan Jakarta Selatan:

Aula Graha Elnusa
Aula Graha Elnusa via dikozulkrnn.blogspot.co.id

1. Gedung Graha Elnusa

Masih dengan biaya sewa di kisaran Rp9-10 jutaan, kamu juga bisa menjadikan gedung yang berada di kawasan Jalan TB Simatupang ini sebagai pertimbangan. Meski biaya sewanya terbilang murah, namun Gedung Graha Elnusa ini mampu menampung hingga 800 orang tamu sekaligus.

Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi kamu yang ingin mengadakan pesta dengan jumlah undangan yang cukup banyak, namun tetap bisa dilakukan dengan bujet atau biaya yang hemat.

2. Gedung Aldevco Octagon

Untuk kamu yang ingin menggelar pesta pernikahan di wilayah Jakarta Selatan, Gedung Aldevco Octagon ini bisa dijadikan pertimbangan. Letaknya yang cukup strategis dan lahan parkir luas, akan membuat tamu lebih mudah dan nyaman saat menghindari acara nantinya. Dengan bujet Rp8 jutaan saja, sudah bisa menyewa gedung yang memiliki kapasitas tamu hingga 800 orang.

3. Majid Al-Bina

Lokasinya yang berada di pusat kota dan sangat strategis, tidak membuat tarif gedung yang biasa digunakan untuk melangsungkan pernikahan ini menjadi mahal. Kamu tetap bisa menyewa aula masjid ini dengan biaya yang cukup terjangkau.

Aula untuk resepsi pernikahan di Masjid Al-Bina ini hanya dibanderol di sekitar Rp7 juta saja. Masjid yang berada di Komplek Istora Senayan ini mampu menampung hingga 1500 orang.

4. Gedung Puslitbang PLN

Berada di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, gedung Puslitbang PLN ini bisa disewa dengan kisaran harga hanya Rp5 juta saja. Dengan daya tampung tamu hingga 800 orang. Gedung Puslitbang ini terbilang sangat layak, mengingat lokasinya juga strategis dan mudah ditemukan.

5. Gedung Serba Guna Graha Pondok Pindang

Berada di kawasan Lebak Bulus dan cukup mudah dijangkau, Gedung Serba Guna Graha Pondok Pinang ini juga bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan. Dengan tarif sekitar Rp7 juta, gedung ini bisa menampunng sekitar 600 orang tamu undangan kamu nanti.

6. Auditorium Kementerian Pertanian

Dengan kapasitas tamu mencapai sekitar 1000 orang hingga 1500 orang, gedung ini dilengkapi dengan area parkir yang luas. Wajar saja jika antrean untuk menyewa gedung ini bisa sangat panjang dan mencapai hingga jangka waktu selama 1 tahun lebih lamanya.

Biaya sewa yang dikenakan untuk menikmati fasilitas gedung ini dibanderol seharga sekitar Rp9 juta. Tentu ini menjadi salah satu penyebab mengapa gedung ini begitu diminati, selain karena memang lokasinya yang cukup strategis, yakni mudah dijangkau.

7. Gedung Kemenakertrans

Jika ingin mengadakan resepsi pernikahan di wilayah kota Jakarta Selatan ini, Gedung Kemenakertrans yang berada di Jalan Gatot Subroto ini bisa dipertimbangkan. Dengan biaya sewa sekitar Rp10 juta, kamu bisa melangsungkan pernikahan dengan lebih menyenangkan dan berada di tengah kota. Gedung ini mampu menampung tamu hingga 700 orang.

Gedung Pernikahan di Kawasan Jakarta Barat:

Gedung Arsip Nasional
Resepsi pernikahan di Gedung Arsip Nasional via jonguilladecor.com

1. Gedung Arsip Nasional

Di tempat ini, kamu bisa memilih konsep pernikahan dengan leluasa. Sebab Gedung Arsip Nasional memiliki area terbuka (outdoor) yang bisa dijadikan lokasi (venue) untuk pesta kebun (garden party), sehingga memberikan nuansa pesta yang lebih santai dan romantis.

Atau kamu bisa memilih konsep resepsi dalam ruangan (indoor) yang lebih formal. Karena gedung ini mampu menampung jumlah tamu yang cukup banyak. Dengan desain arsitektur lawas bergaya eropa klasik, maka para tamu akan mendapatkan kesan yang berbeda di dalam pesta pernikahan kamu nanti.

Kamu bisa memadukan dengan konsep yang sesuai keinginan juga. Sehingga melangsungkan pesta pernikahan yang tidak akan pernah terlupakan seumur hidup di Gedung Arsip Nasional ini layak dijadikan sebagai pertimbangan.

2. Gedung Puspa Pesona

Dengan harga sewa antara Rp9-10 jutaan, Gedung Puspa Pesona ini terbilang sangat layak untuk dipertimbangkan. Di sini, kamu bisa menggelar pesta dengan leluasa, karena gedungnya mampu menampung tamu hingga 1400 orang sekaligus.

Selain memiliki ruangan yang mampu menampung banyak tamu, gedung ini juga memiliki area taman yang bisa digunakan, jika kamu berminat mengadakan pesta dengan konsep semi indoor-outdoor.

3. Masjid Manarul Amal Mercubuana

Dengan harga sewa aula Masjid Manarul Amal Mercubuana di kisaran Rp8 juta, maka ini bisa menjadi pertimbangan untuk melangsungkan pernikahan. Daya tampung dari masjid ini juga cukup besar, yakni hingga sekitar 1000 orang tamu sekaligus.

Gedung ini juga dilengkapi dengan area parkir yang cukup luas dan lokasinya juga sangat mudah diakses. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk menjadikan masjid ini sebagai pilihan akad dan resepsi pernikahan kamu nanti.

4. Masjid Assahara

Jika ingin menggunakan gedung yang satu ini, kamu harus antri dari jauh-jauh hari, bahkan bisa dari setahun sebelumnya. Maklum, selain lokasinya yang strategis, dan tempatnya cukup bagus, harganya pun juga terbilang murah.

Masjid Assahara di daerah Kembangan, Jakarta Barat ini menawarkan harga sewa hanya sekitar Rp4 juta saja. Gedung ini bisa menampung tamu dalam jumlah besar dan dilengkapi area parkir yang sangat mendukung.

5. Masjid Agung Al-Muchlisin

Dengan harga sewa aula Masjid Agung Al-Muchlisin ini berkisar Rp7-Rp8 juta, kamu sudah bisa mengadakan resepsi pernikahan di gedung yang berada di kawasan Grogol ini. Kapasitas tamu yang bisa ditampung gedung ini sekitar 700 orang, sehingga kamu bisa menggelar pesta dengan jumlah undangan yang cukup banyak.

Baca Juga: Tak Perlu Pusing, Inilah 7 Tips Mengumpulkan Dana Pernikahan

Gedung Pernikahan di Kawasan Jakarta Utara:

Resepsi di Masjid Babussalam
Resepsi pernikahan di Masjid Babussalam via dindawithlove.blogspot.co.id

1. Aula Masjid Babussalam

Masih di lokasi bilangan Jakarta Utara, Aula Masjid Babussalam juga bisa menjadi pilihan berikutnya untuk melangsungkan momen spesial kamu. Di sini, kamu bisa menggelar akad nikah dalam masjid sehingga menambah suasana semakin sakral.

Sekaligus, bisa dilanjutkan dengan melakukan resepsi di tempat yang sama yakni di bagian aula masjid. Sehingga akan semakin mudah dan praktis, bukan? Bahkan lokasinya juga sangat mudah diakses, dan para tamu tidak akan kesulitan saat menghadiri acara resepsi nantinya.

2. Auditorium Gelanggang Remaja

Biaya sewa di Auditorium Gelanggang Remaja di bilangan utara Jakarta ini sangat layak diperimbangkan, terutama bila hanya memiliki anggaran terbatas. Kapasitas auditorium ini pun mampu menampung cukup banyak tamu.

Dengan area parkir yang tersedia, Auditorium Gelanggang Remaja yang satu ini tidak akan menyulitkan tamu undangan karena areanya yang cukup luas. Sehingga tamu undangan bisa mudah memarkir kendaraan mereka.

Gedung Pernikahan di Kawasan Jakarta Timur:

Aula Sudirman Makodam Jaya
Resepsi di Aula Sudirman Makodam Jaya via siikeroropi.blogspot.co.id

1. Balai Pertemuan Bukit Permai

Bila kamu ingin melaksanakan pesta pernikahan di wilayah Jakarta Timur, Balai Pertemuan Bukit Permai bisa menjadi pilihan. Selain mampu menampung jumlah tamu hingga 600 orang, gedung ini juga menawarkan biaya sewa yang relatif sangat murah yakni hanya sekitar Rp4 juta saja.

2. Aula Sudirman Makodam Jaya

Aula Sudirman Makodam Jaya bisa menjadi pilihan yang tepat bila kamu ingin melangsungkan pernikahan resepsi pernikahan di bilangan Jakarta Timur. Dengan tarif yang berkisar antara Rp9-10 jutaan saja, gedung ini mampu menampung tamu hingga 1000 orang sekaligus. Lokasinya pun sangat mudah dijangkau.

3. Gedung Graha Garda Dirgantara

Dengan bujet Rp8 jutaan, kamu bisa menyewa gedung yang berada di bilangan Pondok Gede ini. Kapasitasnya mampu menampung hingga 900 orang tamu. Bukan hanya itu, gedung ini juga memiliki area parkir yang sangat luas dan memadai.

4. Gedung Museum Purna Bhakti Pertiwi

Gedung berbentuk unik dan berada di area Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini bisa kau sewa dengan tariff berkisar antara Rp9-Rp10 juta. Tempat ini sangat mudah dijangkau dan dilengkapi dengan area parkir yang cukup memadahi. Kapasitas gedung juga bisa relatif mampu menampung cukup banyak tamu.

5. Gedung BKKBN

Gedung BKKBN yang mudah dijangkau dan berada di kawasan Jakarta Timur ini mampu menampung hingga 1000 orang tamu yang akan menghadiri pesta pernikahan kamu nanti. Kamu bisa menggunakan gedung ini dengan biaya sewa sebesar Rp10 jutaan. Area parkirnya pun juga cukup memadai.

Melangsungkan Pernikahan di Rumah

  Resepsi Pernikahan di Rumah
Ilustrasi resepsi pernikahan di rumah via memisalsabila.blogspot.co.id

Dari semua daftar gedung di atas, tentu tempat yang paling ekonomis alias murah untuk melangsungkan pesta pernikahan adalah di rumah sendiri. Namun ada hal yang harus diperhatikan bila kamu memilih menggelar pesta pernikahan di rumah, yakni soal tenaga.

Bila keputusan pesta pernikahan digelar di rumah, pastikan bahwa kamu dan keluarga besar nantinya tidak kewalahan alias capek setengah mati setelah pesta usai, karena harus sibuk membereskan ini-itu.

Lebih baik, pastikan bahwa kamu hanya menyediakan tempatnya saja untuk pesta pernikahan itu, yaitu di rumah. Selebihnya, serahkan kepada penanggung jawab acara (EO) yang khusus menangani masalah lainnya seperti makanan, dekorasi, dan lainnya, hingga kebersihan sesuai pesta digelar.

Satu lagi, meski kamu mengadakan pesta pernikahan di rumah, terapkan jam kunjungan resepsi kepada tamu yang tertera di kartu undangan pernikahan kamu. Agar nantinya kamu tidak menunggu tamu undangan secara terus menerus berjam-jam.

Artinya, menerapkan jam kedatangan tamu undangan layaknya resepsi di gedung juga penting. Agar kamu dan keluarga besar tidak berjaga dalam waktu yang lama. Istilahnya mentang-mentang pesta pernikahan digelar di rumah, bukan berarti kamu dan keluarga besarmu harus berjaga hingga 24 jam, bukan?

Cari dan Pesan Gedung untuk Pernikahan Sejak Awal

Mengadakan pesta pernikahan di gedung-gedung di Jakarta tetap memungkinkan, kendati kamu tidak memiliki anggaran yang terbatas. Ada banyak pilihan gedung pernikahan dengan tarif di bawah Rp10 juta sudah bisa kamu sewa.

Bahkan dengan harga gedung yang relatif cukup terjangkau itu, kapasitas atau daya tampung gedungnya juga cukup besar dan luas. Cari dan segera pesan gedung pilihan kamu, agar pesta pernikahan kamu nanti bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Baca Juga: Pertimbangkan Ini Sebelum Memilih Katering Pernikahan