Mau Pekerjaan Cepat Selesai? Coba 7 Cara Ini

“Menyelam sambil minum air” alias menyelesaikan pekerjaan yang satu sekaligus melakukan pekerjaan lain bukanlah hal yang mudah bagi semua orang. Tak bisa dipungkiri, rasa malas sering kali datang menghampiri, sehingga pekerjaan kantor tidak bisa diselesaikan tepat pada waktunya.

Padahal pekerjaan yang sudah dijadwalkan jauh-jauh hari dapat diselesaikan lebih cepat dari tanggal seharusnya. Kebiasaan buruk ini tentu akan membuat pekerjaan menumpuk.

Nah, kalau Anda tidak mau dilelahkan dengan banyaknya pekerjaan yang tertunda, sebaiknya lakukan cara berikut ini. Tujuannya agar pekerjaan bisa terlesesaikan dengan cepat pada waktunya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Membuat Skala Prioritas

prioritas
Buat skala prioritas

Jenis pekerjaan yang harus diselesaikan ada banyak jenisnya. Tapi, buatlah skala prioritas agar Anda dapat mengetahui pekerjaan mana yang harus dikerjakan lebih dulu dan pekerjaan mana yang bisa dikesampingkan untuk sementara waktu. Dengan membuat skala prioritas, setiap pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu tanpa terbengkalai satupun.

2. Menentukan Jadwal Pekerjaan

Agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan efisien, tentukan kapan waktu untuk menyelesaikannya. Untuk pekerjaan yang berat, Anda mungkin butuh waktu yang lebih lama dibandingkan pekerjaan yang enteng.

Tak ada salahnya membuat jadwal kerja secara detail, meliputi kegiatan lain yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Gunakan jadwal ini sebagai acuan dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga waktu yang ada dalam sehari tidak habis untuk mengerjakan satu jenis pekerjaan saja.

Baca Juga: 25 Kutipan yang Membuat Anda Semangat Kerja

3. Istirahat yang Cukup

relax
Istirahat yang cukup

Meskipun pekerjaan masih mengantre untuk diselesaikan dan deadline sudah terus-menerus menghantui, usahakan agar Anda tetap menyisihkan waktu untuk beristirahat. Istirahat yang cukup akan memberi energi baru yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas yang tersisa. Dengan beristirahat, Anda juga bisa terhindar dari penyakit, sehingga rutinitas sehari-hari dapat berjalan dengan lancar.

Kalau keadaan tidak memungkinkan untuk tidur siang, setidaknya luangkan waktu untuk jalan di sekitar kantor, ngobrol sesama rekan kerja, menarik nafas, ataupun minum air putih agar pikiran kembali tenang. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan kembali pekerjaan yang sudah dikerjakan sebelumnya.

4. Menandai Pekerjaan yang Sudah Terselesaikan

Saat membuat jadwal pekerjaan, Anda juga pasti membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan. Apabila satu pekerjaan sudah selesai, berikan tanda centang di samping daftar kerja untuk menunjukkan kalau pekerjaan tersebut sudah selesai.

Gunanya agar Anda tahu berapa sisa pekerjaan yang harus diselesaikan dan berapa banyak tenaga yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Kalau misalnya pekerjaan yang tersisa tinggal satu atau dua saja, Anda pun bisa bernapas dengan lega.

5. Minta Bantuan Tugas kepada Rekan Kerja

kerjasama
Minta bantuan tugas kepada rekan kerja

Jika waktu yang dimiliki tidak memungkinkan untuk menyelesaikan tugas yang menumpuk, Anda boleh saja meminta tolong kepada rekan kerja yang memiliki waktu senggang. Pilihlah orang yang kira-kira sanggup menyelesaikan tugas tersebut dengan tepat waktu dan hasil yang maksimal.

Apabila ada kesalahan, Anda pun bisa memberitahu titik kesalahannya, sehingga bisa segera diperbaiki kembali. Dengan demikian, pekerjaan yang menumpuk dapat terselesaikan satu per satu.

Baca Juga: Miliki Disiplin Kerja dengan 5 Strategi Ini

6. Mendiskusikan Pekerjaan dengan Rekan Kerja

Menyelesaikan pekerjaan seorang diri terkadang menyebalkan. Ada kalanya kita merasa kehabisan ide dan amunisi saat menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh atasan. Ingat, Anda tidak sendirian. Ajaklah rekan kerja untuk berdiskusi demi mendapatkan ide yang bagus sehubungan dengan pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Jangan pernah malu meminta bantuan orang lain karena mereka akan dengan senang hati membantu. Ini pun berlaku untuk sebaliknya, jika suatu hari rekan kerja meminta bantuan kepada Anda, maka bantulah dengan senang hati tanpa terbebani sedikitpun.

7. Konsumsi Makanan dan Minuman Bergizi Seimbang

cemilan kerja
Konsumsi makanan dan minuman yang bergizi

Bekerja seharian tentu membutuhkan tenaga super ekstra. Jika tidak diimbangi dengan asupan bergizi, perlahan-lahan tubuh akan merasa tidak berenergi yang dapat mengakibatkan jatuh sakit.

Oleh sebab itu, selalu sediakan makanan dan minuman atau cemilan sehat saat Anda bekerja, misalnya biskuit, buah, dan sebagainya, kemudian taruh di samping meja kerja. Selain itu, makanlah tepat waktu ketika jam istirahat tiba. Ingat, Anda bukanlah robot yang sanggup bekerja selama 24 jam penuh tanpa makanan.

Fokuskan Diri dalam Menyelesaikan Pekerjaan

Menyelesaikan pekerjaan yang sudah menumpuk rasanya tidak mungkin jika deadline sudah sangat singkat. Tapi dengan cara cepat menyelesaikan pekerjaan yang sudah dijelaskan di atas, pekerjaan apapun bisa diselesaikan tepat waktu. Selain itu, hasilnya juga lebih memuaskan. Yang terpenting, buatlah diri Anda merasa nyaman agar Anda bisa lebih fokus saat bekerja.

Baca Juga: Tips Agar Kerja Anda Menjadi Produktif