Memahami Budaya Perusahaan sebelum Interview? Ini Caranya

Mendapat panggilan interview dari perusahaan, kamu tentu akan begitu bersemangat. Hal ini biasanya diimbangi dengan berbagai pertanyaan yang muncul di benakmu, termasuk terkait budaya perusahaan yang akan kamu datangi nanti. 

Masing-masing perusahaan akan memiliki budaya kerja yang berbeda dan ini kerap menjadi pertimbangan bagi para pelamar sepertimu. Sikap seperti ini tentu wajar, mengingat kamu akan bekerja dan meniti karir profesional di perusahaan tersebut.

loader

Budaya perusahaan tidak hanya menyangkut kenyamanan pekerja saja, namun juga perkembangan karir kedepannya. Inilah mengapa sebagian besar pekerja menganggap hal tersebut begitu penting. 

Jika kamu ingin mengetahui budaya perusahaan terlebih dahulu, kamu bisa melakukannya sebelum interview. Tidak perlu dengan mendatangi langsung perusahaan, hal ini juga bisa kamu lakukan dengan cara yang lebih mudah dan simpel. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah, yang bisa kamu lakukan untuk memahami budaya perusahaan sebelum interview:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Riset lewat internet

Riset lewat internet menjadi langkah paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk memahami budaya perusahaan tempatmu interview nanti. Kamu bisa melakukan riset ini kapanpun dan dimanapun kamu mau. 

Cukup kunjungi situs resmi perusahaan tersebut dan lihat profil lengkapnya di sana. Berbagai informasi yang tercantum di situs tersebut tentu bisa menjadi gambaran umum terkait budaya perusahaan tersebut. Pahami semua hal tersebut dengan baik, agar kamu tidak sampai salah menilainya.

Jika kamu merasa informasi di situs resmi perusahaan tersebut kurang memadai, maka lakukan riset yang lebih mendalam lagi. Kamu bisa mencari nama perusahaan tersebut dengan memanfaatkan fitur pencarian (search engine)

Temukan berbagai review terkait perusahaan tersebut secara online. Namun pastikan kamu hanya membaca dan mempertimbangkan review yang akurat dan berasal dari situs-situs yang terpercaya. Setidaknya, cari dan pahamilah nilai-nilai yang dijunjung oleh perusahaan tersebut sebagai pertimbangan. 

Baca Juga: 7 Tips Sukses Bekerja di Perusahaan Multinasional Biar Bikin Orang Tua Bangga

2. Lakukan networking

Networking selalu bisa dimanfaatkan untuk membangun hubungan profesional di dunia kerja. Selain itu, networking juga bisa membantu kamu dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan. 

Kamu juga bisa memanfaatkan hal ini untuk mencari tahu budaya perusahaan sebelum melakukan interview kerja. Jika kamu tidak memiliki teman atau kenalan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut, maka kamu bisa memanfaatkan LinkedIn untuk urusan yang satu ini.

Temukan seseorang yang bekerja atau pernah bekerja di perusahaan tersebut melalui LinkedIn. Kamu bisa memulai langkah ini dengan cara berkenalan terlebih dahulu. 

Bangunlah komunikasi dan tanyakan tentang pengalaman mereka selama bekerja di perusahaan tersebut, apa saja nilai-nilai yang ditanamkan oleh perusahaan, dan yang lainnya. Lakukan komunikasi ini dengan cara yang sopan dan profesional, sehingga yang bersangkutan tidak tersinggung atau malah terganggu.

3. Siapkan pertanyaan terkait budaya kerja

Selain kedua langkah di atas, kamu juga bisa menanyakan tentang budaya perusahaan secara langsung ketika interview nanti. Namun ini harus dilakukan dengan pemilihan bahasa yang tepat. 

Kamu perlu menyiapkan pertanyaan yang tepat terkait dengan hal tersebut, agar tidak sampai terkesan tidak profesional. Ada beberapa pertanyaan yang bisa kamu sampaikan, seperti:

  • Apakah perusahaan menerapkan sistem kerja individu atau sistem kerja tim untuk semua lini?
  • Bagaimana perusahaan menghadapi masalah lingkungan?

Siapkan beberapa pertanyaan yang berbeda terkait hal ini sejak awal. Upayakan untuk mengajukan pertanyaan yang terbuka dan memungkinkan Interviewer menjawab dengan penjelasan yang detail. Hal ini akan memungkinkan kamu mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang budaya perusahaan tersebut. 

Baca Juga: 7 Perusahaan Startup Lokal yang Terkenal di Dunia

4. Manfaatkan media sosial

Selain menanyakan seputar budaya perusahaan saat interview, kamu juga perlu membuka media sosial untuk mencari tahu lebih lanjut. Media sosial bisa menjadi tempat di mana kamu mencari tahu tentang budaya perusahaan tempatmu interview nanti. 

Saat ini, kebanyakan perusahaan sudah memiliki media sosial sendiri dan kamu bisa memanfaatkan ini. Cek profil perusahaan tersebut melalui media sosialnya dan lihatlah apa saja informasi yang mereka bagikan di sana. Kamu bisa menjadikan berbagai informasi ini sebagai bahan untuk memahami budaya kerja mereka. 

Lihat juga apa saja tanggapan orang-orang terhadap perusahaan tersebut melalui media sosial. Para pekerja biasanya kerap memberikan komentar atau tanggapan terkait perusahaan tempat mereka bekerja. 

Berbagai berita atau informasi yang disampaikan para karyawan ini bisa menggambarkan banyak hal tentang perusahaan tersebut, termasuk tentang nilai-nilai dan budaya kerjanya.  Cermati hal ini sebagai informasi untuk melihat gambaran tentang perusahaan tersebut secara dekat. 

Cari Tahu Budaya Perusahaan yang Akurat sebelum Interview

Memahami budaya perusahaan yang akan kamu masuki tentu begitu penting dan kamu perlu meluangkan waktu untuk ini. Cari informasi terkait hal ini dengan cara yang tepat, agar kamu bisa mendapatkan informasi yang akurat. Pahami budaya perusahaan sebelum interview, sehingga kamu benar-benar yakin dan siap untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Jadi Karyawan di Startup Vs Korporasi, Ini Dia Plus dan Minusnya