Memilih Tabungan Syariah Bebas Biaya Administrasi Terbaik

Saat ini, tabungan berbasis syariah sedang menjadi tren di masyarakat Indonesia terutama karena sebagian besar dari masyarakat Indonesia beragama Islam yang melarang praktik riba di dalam transaksi perbankan. Bank atau tabungan jenis syariah saat ini banyak disukai dan banyak dipilih untuk digunakan oleh masyarakat karena memang memiliki sistem yang berbeda dengan bank umum atau bank konvensional. Kegiatan operasional dari bank syariah terdiri atas dua aktivitas utama, yang pertama adalah aktivitas dalam mengumpulkan uang atau dana yang berasal dari nasabah dan yang kedua adalah kegiatan pembiayaan atau disebut juga dengan financing.

Kegiatan pendanaan atau pengumpulan dana dilakukan bank untuk memperoleh dana yang bisa didapatkan dari para nasabah, internal bank, atau bisa juga berasal dari pihak ketiga. Sedangkan kegiatan pembiayaan atau financing dilakukan dengan cara menyalurkan dana yang terkumpul untuk dimasukkan ke dalam sektor-sektor usaha yang diperbolehkan sesuai syariat Islam. Kegiatan pengumpulan dana sepintas memang hampir sama dengan bank biasa atau konvensional di mana bank mengumpulkan uang dari tabungan, deposito, dan juga giro. Perbedaannya secara umum terletak pada perjanjian awal (akad), sistem bunga dan juga pemanfaatan dari dana yang terkumpul tersebut di mana Bank Syariah akan menyalurkan dana tersebut dengan memegang prinsip syariah dan hukum Islam.

Baca Juga: Mengenal Kartu Kredit Syariah dan Bank-Bank yang Menerbitkannya

Jenis-Jenis Produk Tabungan Syariah

Ragam Jenis Tabungan di Bank Syariah

Ragam Jenis Tabungan di Bank Syariah via thegold.asia

 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya mengenai cara pendanaan dari bank syariah, terdapat 2 tipe tabungan yang dilakukan oleh bank syariah diantaranya adalah akad Wadi’ah (titipan) dan juga ada akad Al-Mudharabah. Secara umum, bank syariah menawarkan produk yang sama dengan bank konvensional yaitu giro, tabungan, dan juga deposito, namun ada beberapa perbedaan di antara ketiganya.

a. Tabungan

Untuk tipe tabungan, akad yang dilakukan oleh bank jenis syariah ada dua yaitu akad wadi’ah dan mudharabah. Kita bisa menggunakan salah satu dari akad tersebut untuk menyimpan uang kita. Jika menggunakan prinsip wadi’ah, maka tabungan akan mendapatkan keuntungan karena titipan dan bisa diambil sewaktu-waktu dengan buku tabungan atau menggunakan kartu ATM. Jika menggunakan prinsip mudharabah, maka keuntungan yang didapat nantinya dibagi dua antara pemilik uang dan juga mudharib (bank), serta adanya masa waktu yang diberikan.

b. Giro

Selanjutnya, ada pilihan setoran tunai berupa giro yang bisa kita pilih. Nasabah yang menggunakan atau memilih giro artinya nasabah tersebut akan melakukan akad wadi’ah atau titipan. Di sini terdapat dua macam akad wadi’ah, yaitu wadi’ah yadud Amanah dan wadi’ah yadud Dhamanah. Akad wadi’ah yadud Amanah adalah jenis titipan di mana bank tidak wajib untuk mengganti jika terjadi kerugian atau kehilangan. Sedangkan untuk akad wadi’ah yadud Dhamanah, si penerima titipan dalam hal ini bank bertanggungjawab akan nilai dari uang yang telah dititipkan oleh para nasabahnya.

c. Deposito

Deposito juga ada didalam bank syariah dan perjanjiannya ditetapkan dengan akad mudarobah. Sang pemilik uang (shohibul maal) atau disebut juga dengan nasabah sedangkan bank akan disebut sebagai mudharib. Tenggang waktu menjadi salah satu ciri dari deposito dengan jangka waktu yang telah disetujui bersama. Jangka waktu deposito ada yang 30 hari, 90 hari hingga ada pula yang berjangka waktu tahunan.

Baca Juga: Syarat dan Cara Mengurus Buku Tabungan yang Hilang

Pilihan Tabungan Syariah Bebas Biaya Administrasi yang Bagus

Memilih Tabungan Syariah

Memilih Tabungan Syariah via tribu12.com

 

Saat ini, cukup mudah bagi kita untuk menemukan tabungan syariah yang menawarkan bebas biaya administrasi yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Kita tinggal memilih produk tabungan yang ada di bank syariah dengan akad wadiah dan kita akan mendapatkan gratis biaya administrasi setiap bulannya dari tabungan kita. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena uang kita tidak berkurang. Tidak seperti bank konvensional yang memotong uang kita tiap bulannya. Tentunya uang kita lama kelamaan akan habis jika terlalu lama disimpan dalam bank tersebut.

Walaupun hampir tidak ada potongan atau tidak ada biaya administrasi, bukan berarti bank tersebut tidak memberikan pelayanan yang terbaik dengan fitur-fitur yang memanjakan para nasabah seperti yang ada pada bank konvensional. Fasilitas seperti kartu ATM, sms banking, internet banking, kemudahan dalam transaksi, dan fitur lainnya tetap disediakan untuk memberi kemudahan serta memanjakan para nasabah yang menabung di tempat mereka.

Saat ini, banyak juga bank syariah yang merupakan pecahan atau bagian dari bank konvensional seperti bank syariah mandiri, bank BCA syariah, dan banyak lagi. Terkadang kita berpikir jika bank utamanya bagus dan memiliki nama besar, maka akan menjamin kalau bank syariahnya juga akan menawarkan produk yang baik dengan pelayanan yang baik pula. Namun ternyata tidak semua seperti itu, karena ternyata banyak juga bank yang mempunyai nama besar ternyata tidak memiliki unit syariah yang cukup baik.

Bagi Anda yang ingin membuka rekening tabungan di bank berbasis syariah, berikut ini kami sampaikan beberapa produk simpanan atau tabungan syariah bebas biaya administrasi yang bagus dan dapat dipercaya.

1. Tabungan Faedah iB, BRI Syariah

Tabungan yang satu ini adalah produk tabungan dari bank BRI syariah. Termasuk salah satu yang memiliki atau menawarkan gratis biaya administrasi setiap bulannya sehingga uang Anda akan tetap utuh walau disimpan dalam waktu yang cukup lama. Kita bahkan bisa menggunakan kartu ATM di bank lain yang termasuk ke dalam jaringan Prima dan juga Bersama, dan tetap gratis tanpa potongan biaya pengambilan.

Syarat wajibnya adalah saldo Anda harus diatas 50 ribu serta ada minimal satu transaksi yang dilakukan dalam waktu enam bulan agar akun rekening Anda bisa tetap aktif. Selain fitur ATM, bank yang satu ini juga menyediakan fasilitas internet dan juga mobile banking.

2. Tabungan iB Hasanah, BNI Syariah

Produk dari BNI syariah yang menawarkan biaya administrasi nol adalah tabungan iB Hasanah dengan tipe akad wadi’ah. Terdapat dua tipe akad untuk tabungan iB Hasanah yaitu wadi’ah dan juga mudharabah. Untuk tipe tabungan dengan akad mudharabah ada biaya bulanan sebesar 5000 rupiah dengan beberapa hal yang membedakan antara keduanya.

Fasilitas yang didapat tidak terlalu berbeda dengan bank konvensional seperti kartu ATM, internet banking, dan mobile banking yang bisa dilakukan berbagai jenis ponsel saat ini.

3. Tabungan X-tra iB, CIMB Niaga Syariah

Tabungan dari CIMB Niaga yang satu ini juga tidak meminta biaya administratif dalam masa penyimpanannya, sehingga bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda yang mencari bank syariah dengan tabungan syariah tanpa biaya administrasi. Untuk setoran awal dibutuhkan sejumlah dana sebesar 200 ribu rupiah. Selanjutnya Anda bisa menikmati semua fasilitas yang disediakan oleh bank tersebut. Fasilitas umum seperti ATM, mobile banking serta internet banking dapat Anda gunakan dengan mudah dan nyaman.

4. Permata Tabungan iB, Bank Permata Syariah

Walaupun menggunakan akad mudharabah dalam penyimpanan dana, namun produk tabungan yang ditawarkan oleh Bank Permata Syariah membebaskan segala biaya administrasi disetiap bulannya. Selain itu kita bisa memilih untuk menggunakan mata uang rupiah ataupun mata uang dollar, sehingga Anda juga bisa berinvestasi kedalam mata uang asing yang tentunya disesuaikan dengan syariah dan hukum Islam.

Untuk setoran awal diperlukan sejumlah uang sebesar 250 ribu rupiah atau sebesar 100 dollar jika kita ingin menggunakan mata uang asing. Seperti bank lainnya, terdapat internet banking, mobile banking, serta kartu ATM yang bisa digunakan untuk mengambil uang dimana saja.

5. Tabungan iB Siaga, Bank Bukopin Syariah

Produk tabungan syariah bebas biaya administrasi lainnya yang cukup bagus adalah tabungan iB Siaga dari Bank Bukopin Syariah. Yang menarik adalah adanya asuransi gratis bagi para nasabah yang memiliki saldo rata-rata pada akhir bulan sebesar 1 juta rupiah. Asuransi yang didapat adalah sejumlah uang sebesar 10 juta untuk kecelakaan dan juga 5 juta untuk nasabah yang meninggal dunia.

Uang setoran awal cukup rendah yaitu hanya 50 ribu rupiah saja, ditambah lagi adanya fasilitas seperti kartu ATM yang disediakan. Tabungan ini bisa menjadi alternatif terutama jika Anda ingin membuka rekening tabungan syariah yang mudah dan aman.

6. Tabungan iB, Bank Danamon Syariah

Salah satu produk tabungan syariah terbaik yang terakhir adalah dari bank Danamon Syariah. Semua biaya dibebaskan jika Anda memilih produk tabungan yang satu ini. Setoran awal untuk bisa membuka tabungan di bank ini juga cukup rendah yaitu hanya dengan menyiapkan uang sebesar 100 ribu rupiah saja.  

Produk Syariah, Solusi Bagi Nasabah yang Ingin Transaksi sesuai Syariat Islam

Produk bank yang sesuai syariah ternyata banyak macamnya. Untuk mendaftarkan juga relatif mudah karena saat ini Bank Syariah sudah tersebar sampai ke kota kecil layaknya Bank Konvensional. Uraian produk tabungan syariah di atas bisa menjadi alternatif bagi nasabah untuk ikut aktif bertransaksi keuangan sesuai dengan Syariah Islam.

Baca Juga: Manfaat Memiliki Rekening Tabungan dan Jumlah Idealnya