Mengenal Ikan Louhan yang Dipercaya Membawa Kebahagiaan serta Kesejahteraan

Anda tentu sudah tidak asing dengan salah satu jenis ikan hias yang identik dengan dahinya yang besar dan bulat. Ya, ikan hias ini dikenal dengan nama ikan Louhan dan memiliki banyak peminat karena keunikan dahi yang dimilikinya tersebut. Di Indonesia, popularitas ikan jenis ini juga cukup tinggi dan terbukti dengan harga jualnya yang lumayan mahal.

Ikan Louhan juga dipercaya sebagai salah satu jenis ikan hias atau pajangan yang dapat membawa peruntungan baik kepada pemeliharanya. Namun, tahukah Anda asal usul mengapa mitos tersebut banyak tersebar di kalangan para pecinta ikan, tak hanya di Indonesia, tapi juga seluruh dunia? 

Secara singkat, kepercayaan bahwa ikan Louhan dapat memberi keberuntungan berawal dari mitos yang ada di negara Tiongkok. Tak sedikit pecinta ikan hias di Taiwan juga menganggap ikan Louhan sebagai pertanda datangnya keberuntungan. Bahkan, nama Louhan sendiri memiliki arti sebagai dewa pelindung. 

Melihat ketenaran ikan Louhan sebagai ikan pembawa hoki tersebut, mungkin membuat Anda merasa tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang ikan ‘jenong’ ini. Terlebih lagi yang memang memiliki rencana untuk memelihara ikan Louhan di rumah. 

Untuk itu, simak informasi mengenai ikan Louhan berikut ini.

Awal Mula Mitos Ikan Louhan Membawa Keberuntungan

Sebelum memutuskan untuk menjadikan ikan Louhan sebagai peliharaan, mengetahui asal muasal jenis ikan tersebut tentu bukanlah hal yang buruk. Meski ikan Louhan telah dikenal oleh banyak kalangan masyarakat, masih sedikit orang yang mengetahui awal ditemukannya ikan jenis ini.

Ikan dengan bentuk dahi menonjol ini pertama kali ditemukan di Malaysia, tepatnya di bagian barat negara tersebut. Di Indonesia sendiri, ikan Louhan baru dikenal sejak 1993 dan langsung memiliki banyak peminat. 

Ciri jidatnya yang unik serta warna sisiknya yang indah membuat popularitas ikan Louhan cepat meroket. Ditambah mitos orang Taiwan yang menganggap bahwa dahi yang menonjol adalah sumber keberuntungan, tak sedikit orang yang berlomba-lomba untuk memelihara ikan Louhan. 

Bahkan di tahun 1995, ada jenis ikan Louhan baru dari proses persilangan yang diberi nama five colours God of Fortune dan semakin membuat popularitasnya kian meninggi.

Setelah itu, banyak ikan Louhan jenis baru yang muncul hasil dari proses persilangan yang dilakukan oleh para pecinta ikan hias. Ikan Louhan pun menjadi lebih banyak ragamnya. Ciri khas benjolan di kepala dan warna sisiknya pun jadi lebih bervariasi. 

Alhasil, peminat ikan Louhan menjadi banyak bermunculan dari masyarakat awam sekalipun. Hingga saat ini, tempat budidaya ikan Louhan cukup mudah untuk bisa ditemui. 

Meski memiliki kisaran harga yang terbilang mahal, peminat dari ikan Louhan semakin hari seakan jarang menunjukkan tren yang negatif. Penyebabnya tak lain adalah ciri khas jidatnya yang menonjol yang dipercaya dapat memberikan keberuntungan serta warna sisiknya yang memukau.

Untuk itu, jika berniat untuk memelihara ikan Louhan di rumah, segera kunjungi tempat jual beli atau peternak ikan tersebut. 

Dengan begitu, Anda bisa memilih jenis ikan Louhan beserta motif tubuh yang sesuai dengan selera. Siapa tahu mitos ikan pembawa peruntungan baik terjadi dalam hidup Anda setelah memelihara ikan ini di rumah.

Baca Juga: Ikan Arwana Dihargai Fantastis, Kenali Alasannya Mengapa Menjadi Ikan yang Banyak Digemari

Jenis Ikan Louhan Paling Memukau dengan Harga Selangit

Memiliki karakter yang unik serta warna tubuh yang indah membuat ikan Louhan memiliki banyak peminatnya. Permintaan akan ikan hias jenis ini pun semakin gencar bermunculan dari para penggiat setianya. Tak ayal harga ikan Louhan jika dijual per-ekornya bisa mencapai jutaan Rupiah.

Ikan dengan nama latin Flowerhorn ini dibanderol dengan harga mahal juga disebabkan oleh mitos pembawa hoki yang dipercaya oleh sebagian kalangan masyarakat. Dengan alasan tersebut, tak sedikit orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli ikan jenis ini agar bisa ‘memberikan’ lebih banyak keberuntungan dalam hidup.

Namun, perlu diketahui juga bahwa ada beberapa jenis ikan Louhan yang memiliki harga fantastis ketimbang jenis lainnya. Bahkan, pernah terjual seekor ikan Louhan dengan harga ratusan juta Rupiah

Pastinya, jenis ikan Louhan tersebut dapat menjadi dijadikan pilihan jika memiliki budget yang cukup. Berikut ulasan beberapa ikan Louhan paling memukau dengan harga fantastis.

 

1. Ikan Louhan Golden Red

Ikan Louhan Golden Red

Sumber:  hobinatang.com

Ikan  Louhan pertama yang paling banyak dicari adalah yang berjenis Golden Red. Tak sedikit dari penggiat ikan Louhan yang menganggap ikan jenis ini sebagai ikan Louhan paling mahal. 

Alasannya karena untuk yang memiliki kualitas biasa saja, ikan Louhan jenis Golden Red  ini dibanderol paling murah 3 jutaan Rupiah. 

Memiliki ciri khas berwarna merah keemasan. Golden Red yang bersertifikat resmi dan sering memenangkan beragam kejuaraan juga dapat menembus harga puluhan juta Rupiah atau bahkan lebih. Itulah mengapa ikan Louhan jenis Golden Red ini digadang-gadang sebagai ikan Louhan paling mahal.

2. Ikan Louhan Kamfa

  Ikan Louhan Kamfa

Sumber: bahasikan.com

Selanjutnya ada ikan Louhan berjenis Kamfa yang juga tak kalah mahalnya dengan jenis Golden Red. Ikan Louhan yang identik dengan warna sisik kemerahan dengan banyak bintik putih disekujur tubuhnya ini banyak dibudidayakan di Indonesia. 

Harga jualnya berada di kisaran 3.5 jutaan setiap ekornya. Ikan Louhan dengan julukan ikan Louhan Mutiara ini memang dijual dengan harga yang bisa membuat dompet Anda terkuras. 

Anakannya saja dipatok dengan harga 800 ribu hingga 900 ribuan per ekornya. Jadi, pastikan kondisi keuangan Anda stabil sebelum memutuskan untuk membeli ikan Louhan Kamfa ini.

3. Ikan Louhan Super Red Synspillum

Ketiga ada ikan Louhan dengan jenis Super Red Synspillum yang dikenal sangat langka, khususnya di wilayah Indonesia. Inilah penyebab mengapa harga ikan Louhan jenis ini terbilang fantastis dan banyak diminati. Harga jual termurah dari jenis Super Red Synspillum bahkan mencapai nominal 2.5 juta Rupiah. 

4. Ikan Louhan Super Red Texas

Ikan Louhan Super Red Texas

Sumber: youtube.com/esha-vlog

Ikan Louhan jenis Super Red Texas menjadi ikan Louhan paling dicari selanjutnya. Memiliki ciri warna merah dengan bintik mutiara hingga ke ujung ekor seperti buah strawberry membuat ikan Louhan ini banyak dicari. 

Oleh karena itu, siapkan dana setidaknya 2.3 juta untuk bisa mengisi akuarium dengan ikan Louhan jenis ini.

5. Ikan Louhan Golden Base

Ikan Louhan Golden Base

Sumber: bahasikan.com

Terakhir ada ikan Louhan dengan jenis Golden Base yang sekilas mirip dengan jenis Golden Red. Perbedaan dari kedua ikan jenis ini adalah warna merah dan kuning keemasan yang lebih mendominasi jenis Golden Base ini. Tak mengherankan jika harga ikan Louhan ini tergolong tinggi.

Untuk yang sudah dewasa, Anda perlu merogoh kocek sedikitnya 2 juta Rupiah. Tentunya, nominal tersebut bukanlah masalah besar bagi para pecinta ikan hias, terlebih lagi untuk jenis ikan Louhan yang banyak diminati. 

Jadi, pastikan bahwa kondisi finansial keluarga tidak akan terganggu karena memenuhi kesukaan Anda akan keindahan ikan Louhan tersebut.

Baca Juga: Langka dan Super Indah, Ini Dia 10 Jenis Ikan Hias Termahal di Dunia

Tips Merawat Ikan Louhan agar Ciri Khasnya Semakin Muncul

Memiliki kondisi fisik yang unik, tidak sembarang orang bisa merawat ikan Louhan dengan baik. Pasalnya, cara perawatan yang dilakukan pada si ikan dapat mempengaruhi keindahan ‘jidat nongol’ dan warna kulitnya. 

Untuk itu, Anda perlu memahami tata cara dalam merawat ikan dengan julukan Dewa Pelindung ini. Maka dari itu, pelajari lima hal yang perlu diawasi saat memelihara ikan Louhan di rumah. 

1. Akuarium yang Cukup Luas

Pastikan bahwa ukuran akuarium cukup luas untuk ikan Louhan bisa berenang. Jadi, Anda perlu melihat ukuran ikan Louhan dan menyesuaikannya dengan ukuran akuarium yang dimiliki.

2. Rutin Memeriksa Kondisi Air

Hidup alami di habitat air tawar, Anda juga perlu untuk rutin memeriksa kondisi air yang ada pada akuarium. Pastikan bahwa air berada dalam kondisi jernih dan memiliki kandungan oksigen yang lancar. Dengan begitu, ikan Louhan dapat hidup dengan sehat dan tidak mudah sakit.

3. Membersihkan Selalu Filter Akuarium

Tips ketiga yang perlu dilakukan agar ikan Louhan terawat dengan baik adalah rajin membersihkan filter akuarium. Hal ini berkaitan dengan tips sebelumnya agar air berada di kondisi yang baik. Jadi, tidak ada salahnya untuk membersihkan filter air tersebut setiap minggu.

4. Pakan Harus Berkualitas

Selanjutnya adalah pemberian pakan ikan Louhan yang berkualitas. Biasanya, para penggiat ikan Louhan berpengalaman akan memberikan kombinasi makanan yang bervariasi untuk sang ikan, mulai dari pellet, cacing beku, hingga udang kecil segar. 

5. Berinteraksilah dengan Ikan Louhan

Tips terakhir agar ikan Louhan dapat berkembang dengan baik adalah selalu melakukan interaksi dan pembentukan mental. Terdengar aneh memang, tetapi, ikan Louhan adalah jenis ikan yang dapat mengerti perhatian yang diberikan oleh si pemelihara. 

Hal ini juga berpengaruh kepada kualitas ikan Louhan Anda jika berniat untuk mengikutsertakannya pada ajang perlombaan atau semacamnya. 

Baca Juga: Bagi Pecinta Diving, Inilah 5 Spot Terbaik di Karimunjawa

Berharga Mahal, Cara Perawatan Ikan Louhan Juga Terbilang Sulit

Selain untuk membeli seekor ikan Louhan, memelihara ikan jenis ini juga mengharuskan Anda untuk menyiapkan dana yang tidak sedikit. Mulai dari kapasitas akuarium yang bervariasi hingga pemberian pakan yang berkualitas perlu untuk disiapkan agar ikan Louhan memiliki keindahan fisik yang terjaga. 

Jadi, pahami dulu kondisi keuangan sebelum memutuskan untuk memelihara ikan ‘bermahkota’ ini.