Meredakan Maag Tanpa Obat, Bagaimana Caranya?

Maag merupakan salah satu penyakit umum yang sering menjangkit orang – orang saat beraktivitas. Jika maag sudah kambuh, sulit rasanya untuk beraktivitas karena terganggu dengan sakit pada bagian perut ini. Dalam beberapa kasus, maag juga bisa menjalar sakitnya ke organ lain dan sangat mengganggu aktivitas seseorang.

Karena maag kadang tidak mengenal situasi dan kondisi, kalau sudah mengenai seseorang sudah seharusnya diredakan dengan obat yang tersedia. Namun terlalu mengAndalkan obat juga tidak terlalu baik karena bisa membahayakan organ lain seperti hati. Jadi perlu ada cara lain untuk meredakan maag yang lebih ‘alami’ daripada harus tergantung pada obat.

Dilansir dari DetikHealth, Ternyata berdasarkan penelitian terbaru ada cara lain agar maag mereda tanpa tergantung obat yang biasa kita konsumsi. Cara ini pun lebih alami dan aman sehingga selain meredakan maag juga membuat Anda lebih sehat. Bila penasaran, berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Pengertian Maag dan Penyebabnya 

pengertian sakit maag

Sebelum memahami bagaimana maag bisa diatasi tanpa obat, Anda harus lebih memahami apa itu maag dan penyebabnya. Maag secara sederhana merupakan sakit pada lambung yang ditandai dengan rasa sakit nyeri dan panas pada organ lambung Anda. Penyakit ini umum terjadi pada masyarakat Indonesia dan gejalanya mudah dirasakan.

Penyebab maag sendiri bervariasi karena tergantung bagaimana kondisi ambung sebelum terjadi maag. Penyebab yang biasa terjadi mulai dari luka di tukak lambung, infeksi bakteri, efek samping obat, dan masih banyak lagi. Gejala maag juga bervariasi namun tak jauh dari sakit di bagian perut, nyeri di ulu hati, dan juga muntah.

Baca Juga: Tak Cuma Menyehatkan Sel Darah Merah, ini 7 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan 

Bisakah Maag Diobati Tanpa Obat?

mengobati maag

Dilansir dari DetikHealth sebenarnya maag bisa diatasi tanpa harus meminum obat. Hal ini karena konsumsi obat maag yang umum seperti Proton Pump Inhibitor (PPI) dan turunannya seperti pantoprazole dan rabeprazole bisa membuat kondisi ginjal memburuk hingga gagal ginjal. Tentu karena kandungan obat yang sulit dinetralisir ginjal, membuat fungsi ginjal bisa menurun karena terlalu sering makan obat.
Hal ini juga dibenarkan oleh salah satu dokter di Rumah Sakit Permata Depok yakni dr Kevin William Hutomo. Menurut beliau sebenarnya maag bisa diredakan tanpa obat bahkan secara sederhana seperti pola makan teratur. 

Dengan pola makan teratur membuat asam lambung bisa dikeluarkan secara rutin dan tidak berlebih tepat pada waktunya sehingga hanya saat makan saja asam lambung keluar dengan baik.
Pola makan teratur juga bisa dipraktekkan dengan membiasakan makan pagi, siang, dan malam dalam waktu bersamaan. Jadi jika sudah dibiasakan makan teratur asam lambung bisa keluar saat makanan masuk. 

Dengan makan yang teratur juga bisa menghadang asam lambung berubah menjadi gas karena gas lambung bisa menekan bagian kubah lambung sehingga berakibat rasa tidak enak pada ulu hati.

Selain itu memakan makanan tertentu juga bisa meredakan maag tanpa harus menggunakan obat. Hal ini karena kandungan gizi di dalamnya mampu menetralisir asam lambung sehingga maag tidak terjadi lebih parah. Untuk penjelasan selanjutnya mengenai jenis makanan bisa disimak pada poin selanjutnya.

Inilah Makanan yang Bisa Meredakan Sakit Maag Tanpa Obat

makanan sehat

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit maag. Rekomendasi makanan berikut mungkin dicoba, antara lain sebagai berikut.

1. Kentang Rebus 

Kentang rebus merupakan salah satu makanan sederhana yang bisa meredakan maag. Hal ini karena kentang rebus bisa menetralkan asam lambung melalui sifat alkali yang dimiliki oleh kentang tersebut.

2. Sayuran

Sayuran seperti brokoli memiliki kandungan gizi baik seperti kalium, vitamin C, sulfur yang bisa membantu penderita maag meredakan sakit tersebut. hal ini karena sayur brokoli dan sayur lainnya memiliki serat yang melancarkan pencernaan serta tidak menciptakan gas di lambung. Selain sayur brokoli Anda juga bisa mencoba sayuran lain seperti beberapa jenis labu atau wortel.

3. Makanan Lunak / Bubur

Makanan lunak semacam bubur dan sereal bisa meringankan rasa sakit maag. Hal ini karena kandungan gizinya yang juga bisa menetralisir asam lambung penyebab maag. 

4. Beberapa Macam Buah

Selain sayur yang memiliki kandungan gizi baik dan tidak memunculkan gas, buah juga bisa bermanfaat bagi penderita maag. Buah memiliki nutrisi yang dapat mengurangi asam lambung sehingga sakit maag bisa berkurang. Carilah buah – buahan yang mengandung kalium tinggi seperti pepaya, melon, dan pisang karena mampu menetralisir asam lambung.

5. Beberapa Jenis Permen

Selain makan makanan sehat, mengunyah permen yang bisa membuat mulut memproduksi air liur juga bisa meredakan sakit maag. Permen mengundang air liur dengan sifat basa sehingga bisa membuat asam lambung menjadi netral. Meski begitu tidak semua permen bisa dikunyah, salah satunya adalah permen karet dikarenakan bisa membuat kadar asam lambung naik lebih pesat.

Baca Juga: Hai Bumil, Jangan Percaya Lagi dengan 8 Mitos Kehamilan Ini

Cegah Maag Lebih Baik Dari Mengatasinya

Meski ada cara untuk mengatasi maag tanpa obat, bukan berarti kita tidak usah mencegah maag kambuh ke tubuh kita. Lebih baik Anda mencegah maag dengan hidup sehat dan mengatur pola makan teratur agar Anda tidak akan terganggu  dengan maag yang sewaktu – waktu kambuh tanpa kenal waktu. Semoga informasi ini bermanfaat dan jaga selalu kesehatan Anda.

Baca Juga: Bukan Cuma Flu, 6 Penyakit Ini Juga Jadi Langganan di Musim Hujan