Mudah dan Praktis, ini Deretan Aplikasi Konsultasi Dokter Online

Cermati.com, Jakarta - Meski saat ini aktivitas belajar dan bekerja di rumah saja guna memutus rantai penularan virus corona atau Covid-19, bukan berarti seseorang bisa tetap sehat setiap saat. Terkadang, jika aktivitas di rumah dilakukan berlebihan, seseorang juga bisa kelelahan dan jatuh sakit.

Agar tubuh kembali fit, selain istirahat yang cukup, seseorang juga perlu diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan obat. Namun, di situasi pandemi corona seperti ini, tentunya masyarakat khawatir tertular virus corona jika harus keluar rumah apalagi ke fasilitas kesehatan. Lalu, bagaimana solusi terbaiknya?

Tak perlu khawatir, sekarang ini banyak aplikasi kesehatan yang bisa masyarakat gunakan dengan mengunduhnya di smartphone untuk konsultasi secara online dengan dokter-dokter terbaik di Indonesia.

Bagi yang saat ini merasa kesehatannya terganggu dan ingin konsultasi ke dokter, Cermati.com telah mengumpulkan dari berbagai sumber beberapa aplikasinya yang bisa langsung masyarakat coba. Simak ulasannya berikut ini!

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Alodokter

alodokter
Alodokter

Di aplikasi Alodokter terdapat lebih dari 500 dokter berpengalaman baik umum dan spesialis. Para dokter ini siap siaga membalas chat pengguna yang ingin konsultasi kesehatan. Jika membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, pengguna bisa langsung booking dokter dan rumah sakit secara online.

Selain itu, pengguna juga bisa menambah perlindungan kesehatan dengan proteksi Alodokter. Dengan premi ringan Rp95 ribu/bulan, dapatkan santunan rawat inap Rp1 juta per malam. Pendaftaran dan klaim lebih mudah, hanya dengan satu klik saja via aplikasi Alodokter.

2. Halodoc

Halodoc salah satu aplikasi kesehatan yang menyediakan layanan konsultasi dengan dokter secara 24 jam. Pengguna hanya tinggal memilih salah satu dokter dari 2 ribuan lebih dokter terpercaya di Indonesia. Konsultasi kesehatan tidak hanya melalui chat saja, melainkan pengguna juga bisa memilih konsultasi langsung dengan voice call atau video call dengan dokter.

3. KlikDokter

klikdokter
Klikdokter

KlikDokter juga menjadi salah satu layanan konsultasi dokter secara online selama 24 jam. Selain itu, KlikDokter juga memiliki fitur kesehatan lain seperti kalender kesuburan, kalender kehamilan, direktori penyakit dan direktori obat dan lainnya.

4. GoDok

Aplikasi GoDok menyediakan layanan kesehatan yang beragam, seperti tanya dokter yang merupakan layanan konsutasi dengan dokter secara langsung atau online, toko sehat, rekomendasi klinik dan lab hingga berbagai macam ilmu pengetahuan seputar kesehatan yang diulas dalam artikel dan video menarik.

5. YesDok

yes dok
YesDok

Dengan mengunduh aplikasi YesDok, seseorang tak perlu lagi datang ke rumah sakit. Sebab, konsultasi kesehatan dengan dokter bisa langsung dilakukan melalui chat, voice call atau video call. Pengguna bisa menanyakan berbagai keluhan kesehatan, mulai dari alergi, bayi, vaksinasi, kanker, diabetes, kehamilan, psikologi dan masih banyak lagi.

Poin plusnya, chat konsultasi yang berlangsung juga akan tersimpan secara otomatis, sehingga pengguna bisa membaca saran atau nasihat dari dokter berulang kali.

6. ProSehat

Kebutuhan kesehatan bisa masyarakat dapatkan dengan mengunduh aplikasi ProSehat. Pengguna tak hanya bisa konsultasi dokter secara online saja, tapi juga bisa memanggil dokter ke rumah dengan mudah di area Jakarta Tangerang, Serpong, Depok, Bekasi, Bogor dan akan hadir di kota lain.

Melalui aplikasi ProSehat juga bisa memanggil fisioterapi ke rumah, pembelian makanan sehat, alat kesehatan, multivitamin, hingga jamu herbal dan sebagainya.

Baca Juga: Daftar Layanan Gratis yang Bisa Kamu Dapat Selama Pandemi Corona

7. PakDok

pak dok
Pakdok

Pakdok adalah layanan kesehatan berbasis Aplikasi yang menghadirkan pelayanan kesehatan primer dalam genggaman. Dokter Pakdok tersedia 24 Jam, mudah dijangkau, kapan saja, dimana saja.

Terdaftar di Konsili Kedokteran Indonesia dan memiliki Surat Ijin Praktek dari Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah, dokter-dokter Pakdok yang kompeten melayani pertanyaan kesehatan Anda dengan sepenuh hati, tanpa biaya, tanpa komitmen, tanpa antri.

8. SehatPedia

Aplikasi mobile sebagai sarana konsultasi kepada dokter sebagai Penunjang Pelayanan Informasi Kesehatan dan sebagai salah satu upaya dalam meningkatan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, dengan tujuan melayani masyarakat untuk memberikan informasi kesehatan, penyakit, dan informasi fasilitas pelayanan kesehatan secara tepat dan gratis.

Setelah melakukan registrasi, pengguna bisa langsung memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan lewat percakapan langsung atau live chat dengan dokter, baik dokter umum atau spesialis.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, Lakukan 7 Cara Asyik Ini Biar Betah di Rumah Aja!

9. SehatQ

Sehatq
Sehatq

SehatQ adalah aplikasi kesehatan digital dengan fitur terlengkap untuk mendukung keluarga yang sehat. Chat dokter online secara gratis, langsung dan pribadi, booking online jadwal konsultasi dokter sesuai kebutuhan dan jadwalmu, dan baca info kesehatan (artikel kesehatan, definisi penyakit, fungsi dan efek samping obat) dari sumber yang telah ditinjau langsung oleh dokter.

Tips Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

Biar konsultasi dengan dokter lewat aplikasi berjalan dengan lancar, sebaiknya simak beberapa tipsnya berikut ini:

  • Pastikan layanan internet memiliki signal yang bagus
  • Unduh aplikasinya melalui Google Play Store bagi Android atau App Store bagi iOs
  • Utarakan keluhan kesehatan yang dialami secara to the point
  • Sampaikan keluhan kesehatan dengan baik-baik dan sopan
  • Update aplikasinya secara berkala agar mendapatkan pembaharuan layanan kesehatan

Terapkan Hidup Sehat Selama di Rumah Saja

Kesehatan terganggu bisa datang kapan saja, walaupun saat ini Anda dan keluarga sedang berada di rumah saja. Untuk itu, tetaplah jalankan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi, rutin olahraga di rumah, dan istirahat yang cukup. Selain itu, lengkapi nutrisi tubuh juga dengan mengonsumsi vitamin tambahan. Jika terpaksa harus keluar rumah, terapkan anjuran dari pemerintah dengan menggunakan masker kain, menjaga jarak dan lainnya.

Baca Juga: Kerja di Rumah? Ini 7 Langkah Cerdas untuk Tetap Fokus