Musibah Datang Tiba-Tiba, Ini 4 Alasan Kenapa Asuransi Jiwa Penting Untuk Hidupmu

Perlindungan diri itu perlu dan penting apalagi kita semua tahu bahwa musibah selalu datang tiba-tiba. Salah satu cara untuk melindungi diri adalah dengan punya asuransi jiwa.

Lalu, tahukah kamu kenapa kamu harus memiliki asuransi jiwa? dan apa saja manfaat punya asuransi jiwa untuk hidupmu? 

Tentunya ada banyak pertanyaan tentang asuransi, ada baiknya kita pahami dulu pengertian asuransi jiwa berikut ini. 

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap kerugian finansial yang disebabkan karena risiko atas situasi-situasi yang tak terduga, seperti penyakit kritis, meninggal dunia hingga kecelakaan. 

Dalam asuransi jiwa banyak resiko yang harus dihadapi, yaitu:

  • Risiko sakit kritis
  • Risiko kecelakaan
  • Risiko cacat sebagian, cacat total hingga permanen 
  • Resiko kematian

Sebagai gambaran, seorang Ayah (sebagai pencari nafkah satu-satunya) tiba-tiba meninggal dunia, dan meninggalkan anak serta istrinya. Apabila sang Ayah memiliki asuransi jiwa maka hidup anaknya tersebut secara finansial akan terjamin dengan adanya asuransi jiwa.

Sang anak pun tidak akan terlantar karena sang ayah memiliki asuransi jiwa. Itulah gambaran sederhana dari manfaat asuransi jiwa yang sangat penting untuk dimiliki. 

Terus, kenapa kamu masih enggan memiliki asuransi jiwa? 

Walaupun sebagian besar orang telah tahu apa arti asuransi jiwa sebenarnya, masih banyak orang yang enggan membelinya. Banyak yang merasa tidak perlu, hingga alasan yang paling umum adlaah mahalnya premi asuransi yang dibayarkan.

Padahal hal yang terpenting adalah menimbang banyak manfaat dari asuransi jiwa tersebut untuk masa depan atau untuk perlindungan dari situasi-situasi yang tidak terduga. 

Biar kamu makin paham, simak uraian alasan kenapa kamu harus memiliki asuransi jiwa supaya hidup menjadi lebih baik berikut ini:

Baca Juga: Asuransi Kesehatan: Perhatikan 12 Hal Ini Sebelum Membeli

1. Sedia Payung Sebelum Hujan, Punya Asuransi Sebelum Musibah Datang

loader

Hidup memang selalu punya rahasianya sendiri. Sama Seperti musibah sakit atau kecelakaan, kita tidak pernah tahu kapan dan di mana terjadi.

Jika hal tersebut terjadi, akan ada biaya-biaya yang kita keluarkan untuk pengobatan, di luar anggaran yang kita buat. Apalagi jika sakit yang di derita adalah penyakit berat atau sakit kritis, seperti penyakit kanker, diabetes, paru-paru.

Pastinya, biaya pengobatan untuk penyakit kritis sangat mahal di Indonesia. Di saat seperti itulah peran asuransi jiwa dibutuhkan, untuk mengcover segala biaya-biaya pengobatan yang harus dikeluarkan ketika hal itu terjadi.

Contoh kasus sederhana, apabila pemilik asuransi yang berperan sebagai pencari nafkah, tiba-tiba terkena musibah sakit berat yang menyebabkan dirinya tidak mampu lagi bekerja menghidupi keluarga.

Apa yang harus dilakukan? tiba-tiba kehilangan pendapatan dan harus memikiran biaya berobat yang tak murah?

Tanpa asuransi, semua beban finansial itu akan sangat berat. Di sinilah pentingnya kita punya asuransi jiwa, karena manfaatnya akan sangat terasa saat musibah datang dan terntunya akan terbantu. 

Baca Juga : Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik? Ini Kriterianya

2. Asuransi Jiwa Memberikan Manfaat Santunan Catat Hingga Kematian 

loader

Salah satu hal yang pasti didunia ini adalah kematian. Namun satu hal yang tidak pasti adalah waktu kematian itu sendiri.

Pernahkah kamu membayangkan jika sewaktu-waktu kamu sebagai pemberi nafkah keluarga meninggal dunia secara tiba-tiba? Siapakah yang akan membiayai dan melindungi keluargamu dari masalah keuangan setelah kamu pergi?

Di sinilah kamu akan merasakan manfaat besar dari asuransi jiwa. Sebab kamu tak perlu terlalu mengkhawatirkan jika terkena musibah. Terlebih, asuransi jiwa adalah produk yang tepat dalam mengatasi hal ini, yakni adanya manfaat santunan cacat sebagian, cacat total permanen hingga kematian. 

3. Memberi Ketenangan Batin untuk Pencari Nafkah

loader

Manfaat asurnasi jiwa salah satunya yaitu memberikan rasa tenang dan aman. Apalagi tak ada yang tahu kapan kita akan sakit, kecelakaan dan meninggal dunia.

Jelasnya, asuransi jiwa dapat memberikan ketenangan pikiran bagi yang memilikinya, khusunya bagi pencari nafkah atau tulang punggung keluarga. 

Bahkan asuransi jiwa ini juga bisa diibaratkan sebagai dana darurat apabila tiba-tiba pencari nafkah tidak bisa bekerja atau meninggal dunia.

Selama sudah punya asuransi jiwa, kamu bisa tenang karena jika hal buruk (musibah) yang terjadi tiba-tiba, semua kerugian finansial dapat diatasi, bahkan apabila sampai terjadi kematian, maka keluarga yang ditinggalkan tidak akan terlantar sebab akan mendapatkan jaminan finansial dari asuransi.

4. Manfaat Tambahan, Investasi

loader

Dalam asuransi jiwa, ada produk yang juga memiliki manfaat tambahan investasi yaitu unit link. Jadi, kamu bisa berinvestasi sekaligus mendapatkan asuransi

Produk ini bisa menjadi pilihan sebab selain bayar premi untuk asuransi, kamu juga mendapat benefit investasi, di mana nantinya uang pertanggungan yang diberikan kepada ahli waris akan bertambah dengan hasil investasi yang telah dilakukan. 

Dengan memiliki asuransi jiwa jenis unit link, kamu tidak hanya punya asuransi tetapi juga investasi untuk jangka panjang.

Namun pahami ya, asuransi jiwa unit link ini  bukanlah asuransi jiwa murni dan hasil investasi juga nantinya tergantung dari perkembangan investasi di pasar. 

Baca Juga: Tips Jitu Membeli Asuransi Unit Link agar Tak Merasa Ditipu

Milikilah Asuransi Jiwa Sejak Dini

Berbicara tentang Asuransi jiwa memang identik dengan orang tua, namun bukan berarti kamu yang masih sehat dan muda tidak membutuhkannya.

Atau mungkin kamu merasa belum memiliki Asuransi jiwa karena belum memiliki anak walau sudah menikah. Padahal, salah satu keuntungan memilik asuransi selagi muda adalah premi asuransi yang bayarkan akan semakin ringan.

Tak perlu lagi kamu berpikir bahwa premi asuransi terasa seperti membuang uang karena manfaatnya sendiri tidak langsung terasa. Asuransi diibaratnya, bayar sekarang tapi untung atau nikmatnya terasa nanti (ketika musibah datang).

Semua manfaat asuransi memang tidak langsung dirasakan sekarang atau saat ini oleh pemiliknya, namun hal ini akan sangat bermanfaat untuk hidupmu kelak ketika musibah datang.

Lalu, satu hal yang perlu kamu ingat, bahwa asuransi jiwa dibeli bukan untuk meninggal, melainkan memastikan orang yang ditinggal tetap sejahtera. So, kenapa harus menungu besok, jika kamu bisa membeli asuransi sekarang?

Baca Juga: 5 Jenis Produk Asuransi Yang Penting kamu Miliki